Daftar Lengkap Materi Bahasa Korea Tingkat Dasar & Lanjut

materi-bahasa-korea

Fenomena global the Hallyu Wave, dengan K-drama, K-pop, dan pengaruh budaya Korea, mendorong orang-orang di seluruh dunia untuk mempelajari dan mendalami bahasa Korea. Apakah Sobat Cakap salah satunya?

Jika kamu salah satu pemelajar pemula bahasa Korea, yuk cari tahu materi bahasa Korea! Mulai dari Hangul, tata bahasa dan honorifik, kosakata, sampai informasi tes TOPIK. Tidak lupa juga berbagai informasi buat kamu yang mau melanjut karier dan pendidikan di Korea. Simak selengkapnya!

Table of Contents

Hangul dan Hanja

Bahasa Korea memiliki sistem penulisan sendiri, lho! Dalam bahasa Korea, huruf yang digunakan adalah Hangul. Materi Hangul biasanya dipelajari di level dasar atau basic. 

Hangul sendiri terdiri dari beberapa jenis, yaitu vokal, konsonan, konsonan double, dan juga batchim! Nah supaya kamu makin paham, bisa kamu pelajari di sini: Hangul dan Cara Bacanya untuk Pemula dan Huruf Konsonan Bahasa Korea.

Nah, buat kamu yang benar-benar ingin mendalami bahasa Korea, kamu bisa mempelajari Hanja. Apa itu Hanja? Hanja itu adalah sistem penulisan aksara Tiongkok yang digunakan untuk menulis kata-kata Korea. Hanja lebih kompleks dibanding Hangul ya, Sobat Cakap! 

Kamu bisa mencari tahu lebih lengkap tentang Hanja di sini: Materi Hanja

Tata Bahasa

Bahasa Korea memiliki struktur bahasa yang berbeda dengan bahasa Indonesia, lho! Dalam bahasa Indonesia struktur kalimat yang digunakan adalah SPO (Subjek-Predikat-Objek) dimana objek tidak pernah mendahului predikat. Nah, dalam bahasa Korea, struktur yang digunakan adalah SOP! 

Supaya lebih jelas, kamu bisa pelajari di sini, ya: Pola Kalimat Bahasa Korea

Kamu juga akan mempelajari pronomina atau kata ganti! Dalam bahasa Korea ada 5 jenis kata ganti, yaitu kata ganti orang pertama, kata ganti orang kedua, kata ganti orang ketiga, kata ganti penunjuk tempat, dan kata ganti penunjuk benda. 

Kamu bisa pelajari selengkapnya di sini: Kata Ganti dalam Bahasa Korea

Sistem tata bahasa Korea sangat erat kaitannya dengan sistem honorifiknya. Seperti bahasa lain, bahasa Korea juga memiliki tingkat formalitasnya sendiri, lho! 

Kamu bisa cari tahu lebih lengkap tentang honorifik di sini: Materi Honorifik. Nah, kalau bentuk informal dalam bahasa Korea biasa dikenal dengan istilah Banmal! Pelajari banmal di sini: Materi Banmal

Perkenalan Diri

Perkenalan diri adalah salah satu materi dasar tapi sangat penting, lho Sobat Cakap! Apalagi jika kamu berniat untuk melanjutkan karier atau studi di Korea. Nah, seperti yang sudah kita bahas di atas, bahasa Korea punya tingkat formalitas, jadi ada beberapa cara untuk memperkenalkan diri kamu sesuai dengan situasi dan siapa yang kamu ajak bicara. 

 

Hangul

Bahasa Korea 

Bahasa Indonesia

Formal

제 이름은 …. 입니다

Je ireumeun…imnida

Nama saya adalah  _______

저는….입니다

Jeoneun…imnida

Saya adalah  _______

Semi Formal

제 이름은 … 이에요/예요

Je ireumeun ….ieyo/yeyo

Saya adalah  _______

저는 …. 이에요/예요

Jeoneun … ieyo/yeyo

Saya adalah  _______

저는 ….(이)라고합니다/(이)라고해요

Jeoneun … (i)-ragohamnida/ (i)-ragohaeyo

Orang memanggil saya _______

Pelajari materi tentang perkenalan diri dalam bahasa Korea di sini: Perkenalan Diri dalam Bahasa Korea 

Kosakata

Penting untuk para pemelajar bahasa Korea untuk memperluas pengetahuan kosakata. Nah, berikut ini berbagai kosakata yang biasa kita temukan sehari-hari:

Kosakata Populer

Tidak ada salahnya untuk mempelajari kosakata gaul bahasa Korea, lho! Justru dengan mempelajarinya, kamu akan terdengar lebih natural. Berikut ini beberapa materi kosakata populer:

Belajar Bahasa Korea di Aplikasi Cakap, Bebas Atur Jadwal Kelas

Ucapan

Bahasa Korea juga memiliki berbagai cara dalam memberikan berbagai ucapan untuk berbagai situasi. Nah, berikut ini beberapa materi ucapan-ucapan dalam bahasa Korea:

TOPIK

Jika kamu ingin tinggal, melanjut karier, atau melanjut studi di Korea, kamu perlu banget mengambil tes TOPIK. Apa itu TOPIK? TOPIK atau Test of Proficiency in Korean adalah ujian yang dilakukan untuk mengukur tingkat kemahiran seseorang dalam berbahasa Korea. Berikut ini ada informasi tentang TOPIK dan latihan soalnya, serta informasi tentang EPS TOPIK:

Kuliah dan Kerja ke Korea

Di bagian ini khusus untuk Sobat Cakap yang ingin melanjutkan karier dan studi di Korea. Berikut ini terdapat informasi pembuatan visa, rincian biaya hidup dan risiko kerja di Korea, rekomendasi universitas dan beasiswa:

Bahasa Korea untuk SD

Anak-anak SD juga bisa memulai belajar bahasa Korea, lho! Materi yang diajarkan adalah kosakata dan sapaan dasar, lagu-lagu anak Korea, percakapan, dan juga Hangul. Temukan selengkapnya di sini:

Translate Korea

Kamu masih bingung saat membaca Hangul? Jangan khawatir, ada banyak aplikasi terjemahan yang bisa membantu kamu. Kamu bisa memanfaatkannya untuk membantu efisiensi proses belajarmu! Temukan rekomendasinya di sini: Rekomendasi Aplikasi Translate Korea-Indonesia

Demikianlah materi-materi yang sudah dirangkum untuk membantu kamu memulai belajar bahasa Korea. Kamu bisa menjadikan materi-materi ini untuk jadi referensi belajarmu! 

Nah, buat kamu yang ingin serius mendalami bahasa Korea di kelas yang seru, belajar bahasa Korea bareng Cakap aja! Kamu bisa belajar bareng Ssaem profesional yang pastinya bikin kelas makin asyik! Yuk, segera daftarkan diri kamu! #SiapaCakapDiaDapat

Baca Juga:

Cakap
Cakap adalah platform peningkatan keterampilan yang dirancang untuk memberikan pendidikan berkualitas untuk membantumu menguasai keterampilan dan mencapai lebih banyak dalam hidup

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Korea Seperti Artis Favoritmu

Pelajari semuanya mulai dari:

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat