Kumpulan Ucapan Selamat Atas Keberhasilan dalam Bahasa Korea

ucapan-selamat-atas-keberhasilan-dalam-bahasa-korea

Ketika seseorang yang kita kenal sedang merayakan peristiwa penting atau berhasil mencapai kesuksesan, biasanya kita akan turut memberikan ucapan selamat dan hadiah atau yang dalam Bahasa Korea disebut 선물 seonmul. Ucapan selamat sendiri diberikan sebagai salah satu bentuk apresiasi atas pencapaian dan kerja keras mereka. Nah, kira-kira gimana ya cara yang tepat untuk memberikan ucapan selamat atas keberhasilan dalam bahasa Korea? Apa cukup hanya dengan memberikan ucapan selamat yang umum digunakan, seperti 축하합니다 (Chukahamnida) saja? Atau ada bentuk variasi lain? Yuk, langsung saja cari tahu di sini!

Table of Contents

Ucapan Selamat dalam Bahasa Korea yang Umum Digunakan

Orang Korea memiliki banyak cara untuk mengucapkan selamat dengan berbagai tingkatan kesopanan yang berbeda. Berikut ini ada 4 ucapan selamat dalam bahasa Korea yang paling familiar dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

(1) 축하해 (Chukahae)

Yang pertama adalah 축하해 (Chukahae). Ucapan selamat dalam bahasa Korea ini tergolong sebagai ucapan non-formal. Artinya, kamu hanya bisa menggunakan ucapan ini ketika akan menyelamati orang yang sangat dekat denganmu, seperti pacar, teman, dan orang dengan umur yang sebaya. Jadi, jangan coba-coba menggunakan ucapan ini untuk memberikan ucapan selamat pada orang yang lebih tua ya, karena kamu bisa dianggap kasar dan tidak sopan.

(2) 축하해요 (Chukahaeyo)

Nah, kalau bentuk ucapan selamat yang satu ini merupakan bentuk standar. Penambahan imbuhan 요 (yo) membuat kosakata tersebut lebih sopan daripada ucapan yang sebelumnya. 축하해요 (Chukahaeyo) tergolong ucapan yang sopan dan santai. Kamu bisa menggunakannya ketika akan memberikan ucapan selamat pada rekan kerja atau orang yang mungkin tidak terlalu dekat.

(3) 축하합니다 (Chukahamnida) 

Untuk memberikan ucapan selamat dalam situasi formal atau saat berbicara dengan orang tua, kamu dapat menggunakan 축하합니다 (Chukahamnida). Ucapan selamat yang satu ini cukup terkenal apalagi seperti yang kita tahu bahwa lagu ucapan selamat ulang tahun juga menggunakan unsur “축하합니다 (Chukahamnida)” di dalamnya. 

(4) 축하드립니다 (Chukadeurimnida)

Last but not least, ada 축하드립니다 (Chukadeurimnida). Ini adalah ucapan selamat dalam bahasa Korea yang lebih formal dari 축하합니다 (Chukahamnida). Umumnya, ucapan ini digunakan untuk memberi selamat kepada mereka yang memiliki strata sosial yang lebih tinggi darimu. Misalnya, atasan, guru, dan lain sebagainya.

Sudah Tahu Level Bahasa Koreamu? Ikuti Placement Test Cakap untuk Mengetahuinya!

Ucapan Selamat Atas Keberhasilan dalam Bahasa Korea

Kalau di atas sudah membahas ucapan selamat secara umum, mari beralih kepada ucapan selamat atas keberhasilan dalam bahasa Korea. Ucapan ini secara spesifik untuk mengungkapkan apresiasi atas kesuksesan dan achievement yang telah diraih seseorang.

(1) 성공을 축하합니다 (seong-gong-eul chuk-ha-ham-ni-da)

Dalam bahasa Inggris, 성공을 축하합니다! (seong-gong-eul chuk-ha-ham-ni-da) berarti “congratulations on your success”. Atau jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia artinya “selamat atas kesuksesanmu”. Frasa ini tergolong cukup formal, kamu bisa menggunakannya untuk menyelamati kesuksesan seseorang dalam berbagai situasi. 

(2) 성공한 거 축하해 (seong-gonghan geo chughahae)

Meskipun memiliki arti yang sama dengan 성공을 축하합니다! (seong-gong-eul chuk-ha-ham-ni-da), tidak lantas membuat mereka tidak memiliki perbedaan penggunaan. 성공한 거 축하해 (seong-gonghan geo chughahae) tergolong ucapan selamat yang kurang formal.

(3) 성취를 축하합니다 (seongchwireul chughahamnida)

Jika dua frasa di atas digunakan untuk mengucapkan selamat atas kesuksesanmu, maka lain halnya dengan 성취를 축하합니다 (seongchwireul chughahamnida). Frasa ini memiliki arti “selamat atas pencapaianmu”. Jika ada rekan atau teman yang berhasil mendapatkan achievement, kamu bisa menggunakan ucapan selamat ini.

(4) 시험 합격 축하해 (siheom habgyeog chughahae)

Satu lagi nih ucapan selamat atas keberhasilan dalam bahasa Korea, yaitu 시험 합격 축하해 (siheom habgyeog chughahae). Ucapan ini memiliki arti “congratulation for passing your exam” atau “selamat telah lulus ujian”. Ucapan ini cocok digunakan untuk memberikan selamat pada orang yang sudah berhasil lulus ujian, baik ujian sekolah maupun ujian penerimaan mahasiswa. 

Pelajari juga:  Berbagai Cara Mengucapkan ‘Good Job’ dalam Bahasa Korea

Contoh Kalimat Ucapan Selamat Atas Keberhasilan dalam Bahasa Korea!

Agar kamu lebih memahami materi, yuk perhatikan contoh kalimat berikut!

  • 이번 달에 매니저로 승진했다고 들었어요? 성취를 축하합니다
    (ibeon dar-e maenijeo-ro seungjinhaet-dago deur-eoss-eoyo? seongchwireul chughahamnida)
    Saya dengar kamu dipromosikan menjadi manager bulan ini? Selamat atas pencapaianmu!

  • 열심히 공부한 끝에 너도 드디어 졸업! 졸업을 축하합니다!
    (yeolsimhi gongbuhan kkeut-e neodo deudieo jor-eob! jor-eob-eul chughahamnida!)

    Setelah belajar sekuat tenaga, akhirnya kamu lulus juga! Selamat atas kelulusanmu ya!

  • 축하합니다. 성공적으로 학사 학위를 취득하셨습니다.
    (chughahamnida. seong-gongjeog-euro hagsa hag-wireul chwideughasyeossseumnida).

    Selamat, kamu sudah berhasil mendapatkan gelar sarjana.

  •  성공을 축하합니다! 사업이 번창하시길 바랍니다!
    (seong-gong-eul chuk-ha-ham-ni-da! sa-eob-i beonchanghasigil baramnida!)

    Selamat atas kesuksesanmu, semoga bisnismu makin berkembang ya!

  • 당신의 영화의 성공을 축하합니다. 다음 영화도 성공하기를 바랍니다.
    (dangsin-ui yeonghwa-e seong-gong-eul chughahamnida. da-eum yeonghwado seong-gonghagireul baramnida).

    Selamat atas kesuksesan film kamu, semoga film-film selanjutnya juga bisa sukses.

So, itulah beberapa ucapan selamat atas kesuksesan dalam bahasa Korea yang bisa kamu gunakan. Kalau kamu mau tahu ucapan selamat lainnya, seperti ucapan selamat datang dan selamat tinggal dalam bahasa Korea, serta materi-materi yang lebih lengkap lagi dalam bahasa Korea, segera daftarkan dirimu untuk mengikuti kursus bahasa Korea online Cakap!

Referensi:
-ling-app.com
-domandhyo.com
(Konten telah ditinjau ulang oleh, Andi Qaraarin, Korean Teacher)

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Korea Seperti Artis Favoritmu

Pelajari semuanya mulai dari:

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat