6 Ucapan Selamat Pagi dan Malam dalam Bahasa Korea

selamat pagi dalam bahasa korea

Setelah kamu mempelajari halo dalam bahasa Korea dan berbagai kosakata bahasa Korea lainnya, sekarang saatnya kamu belajar ucapan selamat pagi dalam bahasa Korea. Eits, tapi kurang lengkap kalau kamu gak belajar Bahasa Korea selamat malam juga.

Maka dari itu, di bawah ini ada beberapa ucapan selamat pagi dan selamat malam dalam bahasa Korea yang bisa kamu pelajari. Dari bentuk formal sampai informal, kamu bisa cari tahu semuanya di bawah ini. Ayo cek sekarang juga, chingu!

Selamat Pagi dalam Bahasa Korea

source: giphy.com

좋은 아침입니다 (joheun achimimnida)

Dalam bahasa Indonesia, 좋은 아침입니다 (joheun achimimnida) artinya selamat pagi. Ucapan selamat pagi dalam bahasa Korea ini sifatnya formal sehingga dapat kamu pakai pada orang yang lebih tua atau dihormati.

좋은 아침입니다 (joheun achimimnida) merupakan gabungan dari kata 좋다 (johda) yang artinya bagus; baik, dan 아침 (achim) yang artinya pagi. Akhiran 입니다 (imnida) membuat ucapan ini bersifat formal. 

좋은 아침이에요 (joheun achimieyo)

좋은 아침이에요 (joheun achimieyo) merupakan bentuk lain dari 좋은 아침입니다 (joheun achimimnida). Akhiran 이에요 (ieyo) masih tergolong formal, namun umumnya hanya digunakan pada keluarga, kerabat, atau orang yang seumuran dalam kondisi santai.

좋은 아침 (joheun achim)

좋은 아침 (joheun achim) merupakan bentuk informal dari 좋은 아침입니다 (joheun achimimnida). Dengan sifatnya yang informal, selamat pagi dalam bahasa Korea ini tidak bisa sembarangan kamu pakai sehingga hanya dapat digunakan pada teman dekat atau orang yang lebih muda.

Belajar Bahasa Korea di K-Club, Gratis dan Praktis!

안녕히 주무셨습니까 (annyeonghi jumusyeosseumnika)

안녕히 주무셨습니까 (annyeonghi jumusyeosseumnika) merupakan selamat pagi dalam bahasa Korea yang arti harfiahnya adalah selamat bangun tidur. Oleh karena itu, salam ini biasanya diucapkan pada orang yang tinggal bersama.

Kamu juga bisa menggunakan 안녕히 주무셨어요 (annyeonghi jumusyeosseoyo) yang sifatnya lebih santai jika dibandingkan dengan 안녕히 주무셨습니까 (annyeonghi jumusyeosseumnika).

Bahasa Korea Selamat Malam

source: giphy.com

Tak lengkap rasanya jika mempelajari selamat pagi dalam bahasa Korea jika tidak mempelajari bahasa Korea selamat malam. Nah, ada beberapa ucapan bahasa Korea selamat malam yang bisa kamu gunakan, diantaranya:

좋은밤 보내세요 (joheunbam bonaeseyo)

Dalam bahasa Indonesia, 좋은밤 보내세요 (joheunbam bonaeseyo) artinya adalah selamat malam. Secara harfiah, ucapan bahasa Korea selamat malam ini memiliki ‘selamat melewati malam yang indah’.

좋은밤 보내세요 (joheunbam bonaeseyo) masih tergolong sopan, namun ucapan umumnya hanya digunakan pada keluarga, kerabat, atau orang yang seumuran dalam kondisi santai. Kamu juga bisa mengganti ucapan ini dengan 좋은밤 되세요 (joheunbam doeseyo).

안녕히 주무세요 (annyeonghi jumuseyo)

Bahasa Korea selamat malam yang berikutnya adalah 안녕히 주무세요 (annyeonghi jumuseyo). Umumnya kalimat ini diucapkan pada orang tua atau dihormati. Selain itu, kalimat ini juga dapat berarti selamat tidur karena 주무세요 (jumuseyo) adalah bentuk formal dari 자다 (jada) yang artinya tidur.

Itu dia ucapan selamat pagi dan selamat malam dalam bahasa Korea. Kamu bisa memperkaya kosakata bahasa Koreamu dengan belajar bahasa Korea online di Cakap. Di sana, kamu bisa belajar bahasa dan budaya Korea bersama tutor dan teman-teman baru.

Sekarang kursus Bahasa Korea online sudah bisa di Cakap lho! Di sana, kamu bisa belajar Bahasa Korea bareng tutor profesional secara Live. Dan menariknya, kamu juga bisa mendapatkan e-book bahasa Korea gratis! Dijamin belajar jadi lebih mudah dan ngobrol pakai bahasa Korea jadi makin pede!

Baca Juga:

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Korea Seperti Artis Favoritmu

Pelajari semuanya mulai dari:

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat