Tes Kepribadian Minat & Bakat

Jawab dengan Jujur, untuk mendapatkan hasil tes terbaik

Hanya Butuh Waktu 5 Menit untuk menyelesaikan tes

Dapatkan hasilnya secara instan setelah tes.

Info Seputar Tes Kepribadian Online

Tes Kepribadian Gratis ini bertujuan untuk menemukan kepribadian yang paling dominan dalam diri kamu.  Terdiri dari 42 butir pertanyaan yang telah dirancang khusus dengan menggunakan metode tes psikologi RIASEC. Tes Kepribadian ini Gratis.

Tes Kepribadian ini untuk kamu para pekerja, mahasiswa, siswa, atau masyarakat usia produktif yang sedang mencari keahlian atau skill apa yang paling dominan di dalam diri.

 

Hasil tes kepribadian ini nantinya dapat kamu gunakan untuk menentukan skill apa yang perlu di kembangkan atau menentukan jurusan kuliah apa yang kan kita ambil

RIASEC adalah singkatan dari  Realistic (realistis), Investigative (investigatif), Artistic (artistik), Social (sosial), Enterprising (berani berusaha) dan Conventional (konvensional).

 

Jenis Kepribadian RIASEC

 

1. Realistic
Menyukai pekerjaan yang rumit dan membutuhkan ketelitian. Kurang menyukai pekerjaan yang melibatkan dokumen atau kerja sama tim.

 

2. Investigative
Menyukai pekerjaan berkaitan dengan ide dan pemikiran. Tidak menyukai aktivitas fisik atau jabatan yang harus mengatur orang lain.

 

3. Artistic
Menyukai pekerjaan yang berhubungan dengan akting, musik, seni dan desain. Menyukai kreativitas dan pekerjaan yang dapat dilakukan tanpa mengikuti aturan.


4. Social
Suka menolong orang dan menyukai berinteraksi dengan banyak orang. Suka mengajar, memberi nasihat dan membantu serta melayani orang lain.


5. Enterprising
Menyukai pekerjaan yang berkaitan dengan proyek bisnis. Ahli dalam negosiasi dan memimpin orang, membuat keputusan serta mengambil risiko.

 

6. Conventional
Menyukai pekerjaan sesuai prosedur dan rutinitas. Bekerja sesuai dengan standar yang ada dan patuh pada peraturan.

Tes Psikologi RIASEC ini di kembangkan oleh Psikolog Asal Amerika Serikat yaitu John Holland. Teori yang di kembangkan pada 1959 juga sering di kenal sebagai Holland Test yang berasar dari nama belakang pengembangnya.

TES RIASEC dan MBTI di buat oleh pengembang yang berbeda, serta memiliki kategori kepribadian yang berbeda juga.

 

Tes MBTI adalah tes kepribadian yang dikembangkanoleh Katharine Cook Briggs dan anaknya, Isabel Briggs Myers pada 1942.

 

Tes MBTI membagi kepribadian seseorang berdasarkan kategori, yaitu Introversion (I) vs Extraversion (E), Intuitive (N) vs Sensory (S), Thinking (T) vs Feeling (F), dan Judging (J) vs Perceiving (P).

 

Dari kombinasi 8 kategori tersebut, menghasilkan 16 tipe kepribadian.

Ajak Sahabatmu Ikutan, Yuk Share!

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp