5 Tips Mengajarkan Anak Berpuasa Sejak Dini!

tips ajar anak puasa

Di bulan suci ini, saatnya memperkaya diri dengan pahala dan berkah! Salah satu bentuk ibadah di Bulan Ramadhan yaitu dengan berpuasa. Puasa dilakukan selama kurang lebih 12 jam. Mulai dari terbit hingga waktu terbenamnya matahari.

Tapi, puasa itu apa sih? Dengan berpuasa, maka seseorang harus menahan haus dan lapar. Tidak boleh makan dan minum sebelum waktunya berbuka puasa yang ditandai dengan adzan Maghrib. Selain untuk beribadah pada Allah SWT, manfaat puasa pun berlimpah.

Puasa di Bulan Ramadhan wajib dilaksanakan bagi anak yang sudah beranjak dewasa atau baligh. Namun, anak yang masih berumur sekitar 5 sampai 8 tahun juga sudah bisa berpuasa lho. Meski belum wajib, alangkah baiknya jika Anda mengajari anak Anda untuk belajar berpuasa sejak dini.

Nah parents, berikut ini Cakap bakalan kasih 5 cara supaya anak terlatih untuk berpuasa. Jika sudah rajin dari kecil, pasti keterusan deh!

Your kid, your priority!

Biasanya, orang tua sering membandingkan antara anaknya dengan anak yang lain. Hal itu dianggap dapat memotivasi anak untuk menjadi lebih baik. Padahal, gak gitu lho caranya. Untuk membangun semangat anak dalam berpuasa, Anda perlu membangun karakternya dari diri Anda sendiri. Beri arahan dan semangat yang seimbang tanpa harus mengagungkan anak yang lain ketimbang anak Anda. Nanti malah anak Anda yang gak percaya diri.

Puasa itu gimana sih?

Sebelum memulai, anak perlu tahu tentang puasa. Mereka harus paham betul soal pengertian puasa, cara melakukannya, serta manfaatnya. Misalnya, Anda bisa bilang tentang cara berpuasa yang benar, ibadah shalat tarawih, sahur, bahkan berbuka puasa. Lalu, beritahu juga tentang manfaat yang diperoleh, seperti menyehatkan tubuh, mendapat pahala, dan disayang Allah SWT! Lama kelamaan, anak pasti akan mengerti dan dapat melaksanakan puasanya.

Beri contoh

Ini saatnya Anda untuk membiarkan anak belajar dari perilaku orang tuanya. Dengan memberi contoh yang benar dalam berpuasa, anak akan penasaran untuk mencobanya juga! Jangan lupa untuk menyisipkan anjuran berpuasa pada anak ketika Anda berpuasa. Gunakan kalimat yang mendorong anak supaya rajin. Misalnya, “Nih, Mama puasa. Kamu juga harus puasa. Inget, kalau puasa bisa masuk surga!”

Step by step

Ketika anak mulai terbiasa melihat orang tuanya berpuasa, mereka pasti ingin ikut-ikutan! Sebagai permulaan, jangan biarkan anak berpuasa hingga Maghrib ya. Cukup anjurkan mereka untuk puasa setengah hari, yaitu hingga adzan Dzuhur.

Jika anak sudah tidak kuat berpuasa, maka jangan dipaksakan. Yang penting, udah menjalankan. Ajarkan mereka untuk ibadah puasa secara bertahap. Setelah bisa puasa setengah hari, baru deh belajar puasa 12 jam!

Ngabuburit yang bermanfaat!

Ini dia waktu yang paling ditunggu-tunggu. Ngabuburit adalah istilah lain untuk ‘menunggu waktu buka puasa.’ Biasanya, di jam 4 sampai menuju Maghrib, anak-anak gak sabar mau minum es campur atau makan nih. Untuk melatih kesabaran anak, Anda perlu menjadi kreatif, khususnya di waktu ngabuburit.

Carilah aktivitas yang bermanfaat, misalnya nonton film atau main permainan anak. Bisa juga dengan meminta anak bantu menyiapkan hidangan berbuka puasa. Kan, jadi sekalian belajar masak! Dengan melakukan hal yang menyenangkan pula, gak akan sadar deh, tiba-tiba udah waktunya buka puasa!

Biar selama puasa dan menunggu buka makin seru dan bermanfaat, yuk belajar bahasa Inggris di Cakap! Ditambah lagi, kalau ikut program Cakap for Kids.

Belajar Bahasa Inggris Online untuk Anak dengan Material Cambridge hanya di Cakap

Dengan metode dua arah, materi berbasis kurikulum Cambridge, serta bimbingan dari pengajar profesional, anak akan dapat pengalaman belajar yang fun dan fleksibel.

Baca Juga:

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google