Rincian Tarif Les Rumahan, Lebih Terjangkau dari Les Online?

tarif-les-rumahan

Untuk memaksimalkan proses belajar anak, beberapa orang tua biasanya memberikan les tambahan dengan mendatangkan guru les privat ke rumah. Selain memilih guru les terbaik, biaya les juga menjadi salah satu hal penting yang harus dipertimbangkan. Kira-kira berapa sih tarif les rumahan? Lebih efektif mana dari segi biaya dan perkembangan belajar anak daripada kursus reguler atau kursus online?

Simak jawaban selengkapnya mengenai rincian tarif les rumahan dalam artikel berikut ini!

Table of Contents

Les Privat vs Kursus Reguler

Les privat adalah bentuk atau metode pembelajaran yang dilakukan secara pribadi atau perseorangan. Guru atau pengajar biasanya didatangkan langsung ke rumah untuk memberikan pelajaran tambahan bagi anak didiknya.

Sedangkan kursus reguler adalah bentuk atau metode pembelajaran yang diadakan secara teratur dengan jadwal dan kurikulum tertentu. Berbeda dengan les privat, kursus reguler memiliki jumlah peserta lebih banyak.

Keduanya dapat dilakukan secara online atau offline, tergantung situasi dan kebutuhan anak.

Les privat dan kursus reguler memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Misalnya, les privat memiliki kelebihan seperti progres belajar yang lebih cepat dan terpantau, sedangkan les reguler memiliki kelebihan dalam keterjangkauan biaya dan peningkatan keterampilan sosialisasi anak. Simak selengkapnya tentang les privat dan kursus reguler dalam artikel:

Pertimbangan dalam Menentukan Tarif Les Rumahan

Sebelum beranjak pada rincian tarif les rumahan dalam bentuk angka. Moms and dads perlu mengetahui beberapa pertimbangan penting perihal tarif les rumahan. Pertimbangan-pertimbangan berikut ini diharapkan dapat meminimalisir kerugian kedua belah pihak (parents dan guru les).

(1) Alamat atau Lokasi Rumah

First of all adalah alamat atau lokasi rumah. Untuk menentukan tarif les rumahan, parents harus memahami betul klasifikasi kota tempat tinggal kalian. Ada lima jenis kota, yaitu:

  • Kota kecil
  • Kota sedang
  • Kota besar
  • Kota metropolitan
  • Kota megapolitan

Umumnya tarif les rumahan di kota kecil lebih murah daripada kota-kota besar atau kota metropolitan. 

Sebagai contoh, tarif les rumahan di Kota Jakarta mencapai Rp150.000 s.d Rp400.000 per pertemuan (bergantung tingkatan sekolah anak). Sedangkan tarif les rumahan di salah satu kota sedang, seperti Tegal hanya mulai dari Rp50.000 an per pertemuan.

So, Moms & Dads harus benar-benar melakukan riset dasar seputar lokasi atau alamat rumah dan kisaran biaya les di daerah tempat tinggal kalian.   

(2) Kualifikasi Pengajar

Tarif les rumahan juga dipengaruhi oleh faktor kualifikasi guru atau pengajar. Semakin berpengalaman, maka tarif lesnya semakin mahal. Biasanya, guru les privat yang berkualifikasi tinggi akan mampu memahami kebutuhan anak dan mampu meningkatkan perkembangan belajar anak dengan lebih pesat  

Selain dilihat dari pengalaman mengajar, untuk mengetahui kualifikasi guru les, Moms & Dads bisa mencari tahu beberapa hal berikut:

  • Latar belakang pendidikan
  • Prestasi
  • Kompetensi
  • Kemampuan menyampaikan materi
  • Suasana belajar yang diciptakan oleh pengajar

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kualifikasi dan tips mencari guru les privat, Moms bisa cek dalam artikel:

(3) Banyaknya Mata Pelajaran yang Diajarkan

Sebelum mencari guru les privat, parents and kids pasti sudah menentukan materi pelajaran apa yang sekiranya butuh tambahan kelas (extra class) di rumah. 

Banyaknya mata pelajaran yang diajarkan menjadi salah satu faktor penting yang menentukan tarif les rumahan.

Lembaga kursus atau penyedia jasa kursus perorangan biasanya sudah menentukan biaya les di setiap paket pelajaran. Jadi, Moms bisa memilih biaya paket per materi pelajaran atau per tingkatan sekolah (mencakup semua mata pelajaran dan kurikulum). 

(4) Metode Pembayaran

Metode pembayaran juga bisa mempengaruhi tarif les rumahan. Moms and Dads bisa menentukan perhitungan sistem pembayaran les mulai dari hitungan per jam, per pertemuan, per minggu, atau per bulan. Biaya les per bulan, cenderung lebih terjangkau daripada biaya les per jam atau per pertemuan.

Namun, dalam menentukan sistem pembayaran, Moms & Dads juga harus memastikan kecocokan anak dengan guru les privatnya, ya! So, saran terbaik di awal masa les privat, Moms & Dads bisa melakukan sistem pembayaran per jam atau per pertemuan. Jika dirasa sudah cocok, baru kalian bisa beralih ke sistem pembayaran per minggu atau per bulan. 

(5) Tingkatan Pendidikan Siswa

Hal selanjutnya yang mempengaruhi tarif les rumahan adalah tingkatan pendidikan siswa. Ada empat tingkatan pendidikan yang biasanya membutuhkan bantuan guru les privat, yaitu:

  • TK
  • Sekolah Dasar
  • Sekolah Menengah Pertama
  • Sekolah Menengah Atas

Keempat tingkatan tersebut memiliki tarif les yang berbeda. Terlebih jumlah dan tingkat kesulitan mata pelajaran di setiap tingkatan pendidikan juga berbeda jumlahnya. Biaya kursus untuk anak SD cenderung lebih murah dibandingkan biaya kursus untuk anak SMP atau SMA. 

Tabel Rincian Tarif Les Rumahan

rincian-tarif-les-rumahan
Photo from iStock

Berikut ini perkiraan tabel rincian tarif les rumahan untuk wilayah Jabodetabek. Biaya dihitung setiap sesi pertemuan.

(1) Tarif Les Rumahan untuk Anak TK

Tingkat Pendidikan

Tarif Les Per Sesi

TK Reguler (Kurikulum Nasional)

Rp125.000 – Rp175.000

TK Internasional

Rp150.000 – Rp250.000

(2) Tarif Les Rumahan untuk Anak SD

Tingkat Pendidikan

Tarif Les Per Sesi

Kelas 1-2 SD (Kurikulum Nasional – Internasional)

Rp125.000 – Rp200.000

Kelas 3-5 SD (Kurikulum Nasional – Internasional)

Rp150.000 – Rp250.000

Kelas 6 SD (Kurikulum Nasional – Internasional)

Rp160.000 – Rp250.000

(3) Tarif Les Rumahan untuk Anak SMP

Tingkat Pendidikan

Tarif Les Per Sesi

Kelas 7 SMP (Kurikulum Nasional – Internasional)

Rp140.000 – Rp210.000

Kelas 8 SMP (Kurikulum Nasional – Internasional)

Rp150.000 – Rp220.000

Kelas 9 SMP (Kurikulum Nasional – Internasional)

Rp160.000 – Rp250.000

(4) Tarif Les Rumahan untuk Anak SMA

Tingkat Pendidikan

Tarif Les Per Sesi

Kelas 10 SMA (Kurikulum Nasional – Internasional)

Rp170.000 – Rp240.000

Kelas 11 SMA (Kurikulum Nasional – Internasional)

Rp180.000 – Rp240.000

Kelas 12 SMA (Kurikulum Nasional – Internasional)

Rp190.000 – Rp255.000

(5) Tarif Les Bahasa Asing

Mengingat bahwa peminat les bahasa asing sangat tinggi, maka sebagai tambahan, berikut terlampir perkiraan tarif les rumahan bahasa asing untuk anak yang paling diminati:

Bahasa Asing

Tarif Les Per Sesi

Bahasa Inggris

Rp100.000 – Rp150.000

Bahasa Mandarin

Rp100.000 – Rp150.000

Bahasa Korea

Rp175.000

 

Alternatif Les Online untuk si Kecil

les-online
Photo from iStock

Selain les rumahan atau les offline, Moms & Dads juga bisa mencoba alternatif les online untuk si Kecil, lho.

Les atau kursus online memiliki banyak keunggulan dari berbagai segi, seperti:

  • Keterjangkauan biaya
  • Fleksibilitas waktu
  • Kurikulum yang terstruktur
  • Dll

Seiring dengan kemajuan teknologi, ada banyak tempat les online yang menyediakan fasilitas terbaik dan ramah penggunaan. Salah satunya adalah Cakap! Cakap Kids Academy menyediakan berbagai  pilihan les bahasa asing yang bisa diikuti oleh si Kecil, mulai dari bahasa Inggris, Mandarin, hingga Korea. Dengan metode belajar yang interaktif, anak akan lebih cakap dalam belajar dan berkomunikasi lebih lancar dan aktif.

So, itu dia rincian lengkap mengenai tarif les rumahan. Sekarang Moms & Dads nggak perlu bingung lagi karena sudah ada gambaran seputar biaya les privat di rumah.

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.