7 Rekomendasi Les Anak SD yang Bermanfaat untuk Masa Depan!

les-untuk-anak-sd

Ketika anak sudah menempuh pendidikan Sekolah Dasar atau SD, biasanya para orang tua mulai sibuk mencari les tambahan yang cocok untuk anak-anaknya. Les adalah aktivitas yang bisa membantu anak mempelajari sesuatu yang baru bahkan dapat mendorong perkembangan motorik anak. Berikut ini ada 7 rekomendasi les untuk anak SD yang bagus dan bermanfaat untuk masa depannya kelak. Namun sebelum itu, Moms & Dads perlu mengetahui terlebih dahulu apakah anak SD perlu les? Dan kapan waktu yang tepat untuk mengikuti kursus bagi anak SD. Yuk, simak!

Table of Contents

Apakah Anak SD Perlu Les?

Sibuknya kegiatan belajar di sekolah kadang membuat para orang tua bertanya-tanya apakah anak SD perlu les? Sedangkan di usianya kadang anak juga perlu bermain dengan teman sebayanya. 

Sebenarnya, hal itu bergantung pada banyak hal, seperti kebutuhan, minat, dan les yang nantinya akan diambil si Kecil. Penting juga untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengikuti kursus bagi anak. Anak yang baru menginjak usia antara 4-6 tahun, sebaiknya diarahkan untuk mengikuti kursus yang berhubungan dengan kegiatan fisik sederhana, seperti berenang, dll. Nah, saat anak sudah menginjak usia 7-8 tahun (sekitar kelas 2 SD), Moms & Dads bisa mengarahkan mereka pada berbagai macam les, termasuk yang bisa menunjang kebutuhan belajarnya di kelas maupun hal-hal yang mereka minati. 

Mendaftarkan si Kecil untuk mengikuti les, mendatangkan banyak manfaat, seperti menggali minat anak, mengarahkan dan mengembangkan potensi anak, serta banyak hal lainnya.

Meskipun ada banyak manfaat penting ketika mengikuti les, Moms & Dads jangan lupa bahwa anak juga perlu waktu untuk bermain. So, kalian harus pintar membagi waktu antara belajar di sekolah, mengikuti les, bermain, dan waktu istirahat ya, Moms.

Kenali Tingkat Keahlian Bahasa Inggris Si Kecil Sekarang

Jenis-Jenis Les untuk Anak SD

Untuk parents yang masih bingung memilih les yang cocok untuk anak, 7 jenis les untuk anak SD di bawah ini bisa menjadi referensi dan rekomendasi bagi kalian. 

(1) Les Bahasa Asing

Les bahasa asing akan sangat berguna bagi anak, terutama bagi orang tua yang berkeinginan menyekolahkan anaknya ke luar negeri. Studi juga menunjukkan bahwa anak-anak lebih cepat belajar dan menguasai bahasa baru lebih cepat daripada orang dewasa. So, di masa-masa Sekolah Dasar ini, les bahasa asing bisa menjadi pilihan terbaik bagi anak.

Apalagi, akhir-akhir ini ada banyak institusi yang menyediakan les bahasa asing, seperti les bahasa Mandarin dan les bahasa Inggris anak, baik offline maupun online. Untuk les offline mungkin akan memberikan interaktivitas yang lebih melalui tatap muka, namun jika Moms and Dads ingin lebih fleksibel dan jangkauan materi lebih luas, maka  ini adalah manfaat dari les online.

Lihat panduan : Materi Bahasa Inggris SD Kelas 1 sampai 6 Terbaru Lengkap

(2) Olahraga

Les untuk anak SD yang juga bagus untuk aktivitas dan kesehatan fisik adalah les olahraga. Beberapa les olahraga yang disarankan dan baik untuk anak adalah:

  • Les renang
  • Sepak bola
  • Badminton
  • Tenis

Les olahraga termasuk ke dalam les yang cukup menyenangkan dan tidak terlalu menyita waktu anak. Hal tersebut dikarenakan les olahraga biasanya hanya dijadwalkan beberapa kali dalam seminggu. Selain itu, dengan mengikuti les olahraga anak juga bisa memiliki banyak teman baru lho, Moms.

(3) Les Coding Anak

Les coding untuk anak? Nggak salah tuh? Emang bisa? Yap, Moms! Dewasa ini ada banyak tempat yang membuka les coding khusus untuk anak-anak. Ada banyak manfaat belajar coding untuk anak, di antaranya adalah:

  • Anak dapat mengenal dunia teknologi dengan lebih baik
  • Meningkatkan kreativitas dan mampu berinovasi
  • Belajar menemukan solusi dan memecahkan masalahnya sendiri
  • Menumbuhkan rasa semangat dan percaya diri

Pesatnya perkembangan teknologi di abad ke-21, membuat kursus coding menjadi cara sempurna untuk memastikan anak bisa bertahan di pasar kerja dan teknologi dengan baik ke depannya.

Baca juga : Rekomendasi Bahasa Pemrograman untuk Anak Terbaik

(4) Kelas Musik dan Olah Vokal

Jika anak Moms & Dads menunjukkan minatnya di bidang musik, kalian bisa mendukung minat dan bakat mereka dengan mendaftarkannya di kelas musik. Di sana anak bisa belajar memainkan alat musik yang diinginkan atau bahkan belajar olah vokal. Beberapa les musik yang disarankan adalah:

  • Les piano
  • Biola
  • Gitar dan bas
  • Drum 

Selain bisa membaca partitur tertulis, mendaftarkan anak di kelas musik bisa mengembangkan motorik anak dan bisa mendorong anak untuk mengekspresikan diri.

Gabung Komunitas Parents di Cakap dan Raih Banyak Keuntungan

(5) Mengikuti Seni Bela Diri

Selanjutnya ada seni bela diri. Beberapa orang tua beranggapan bahwa sangat penting membekali ilmu bela diri bagi anak-anaknya. Dengan belajar bela diri, anak bisa memiliki keterampilan baru, meningkatkan kepercayaan diri mereka, belajar fokus, melatih keberanian, dan belajar arti kedisiplinan. Berikut beberapa rekomendasi les seni bela diri yang bisa dipilih;

  • Taekwondo
  • Karate
  • Pencak silat
  • Judo
  • Aikido 

(6) Cooking Lesson

Pelajaran memasak? Why not! Kelas koki cilik merupakan kelas les yang sangat seru dan menyenangkan bagi anak. Di sana anak dapat belajar meningkatkan kreativitas, mengetahui tentang nutrisi-nutrisi pada makanan, dan anak juga bisa belajar hidup sehat melalui makanan yang ia makan dan masak sendiri.

(7) Seni Lukis dan Seni Tari

Rekomendasi les untuk anak SD yang terakhir adalah mengikuti kelas seni lukis dan seni tari. Jika anak suka menggambar, mewarnai, dan gemar membuat prakarya, Moms bisa mengarahkan mereka untuk mengikuti les seni lukis. Kelas seni lukis akan sangat bermanfaat dan membantu anak mengembangkan daya imajinasi dan ketekunannya.

Sedangkan, jika anak gemar menari dan menyukai tari-tari tradisional maupun dance internasional, Moms bisa mengarahkan mereka untuk mengikuti les di sanggar tari. 

Itu dia Moms, daftar rekomendasi les untuk anak yang bisa kalian pilih. Ingat, sebelum memutuskan untuk mendaftarkan anak ke tempat les, sebaiknya tanyakan dulu kemauan dan minat si Kecil ya, Moms!

Referensi:
-engslihexplorer.com.sg
-id.theasianparent.com

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.