5 Tips Mendisiplinkan Anak Saat Belajar di Rumah

belajar mendisiplinkan anak

Jumlah kasus COVID-19 atau coronavirus hingga saat ini masih terus bertambah. Kasus yang tercatat di Indonesia per 20 Maret telah mencapai 309 pasien. Dengan angka yang bertambah banyak per harinya, beberapa daerah di Indonesia menerapkan sistem lockdown selama dua pekan guna mencegah dan memperlambat persebaran coronavirus.

Alhasil, istilah work from home menjadi lumrah bagi seluruh individu. Baik anak-anak hingga orang dewasa bersamaan mendapat imbauan resmi untuk belajar dan bekerja dari rumah dengan sistem daring. Bahkan, sejumlah tempat rekreasi ditutup dan transportasi umum dibatasi.

Adanya batasan tersebut membuat anak-anak pun terpaksa melakukan seluruh aktivitasnya dari rumah. Namun, tak sedikit juga orang tua yang mengeluh kesulitan menyuruh anak mereka belajar karena bosan.

Lalu, bagaimana cara menyeimbangkan waktu belajar dan bermain anak ketika di rumah? Cakap punya tips untuk mengajarkan anak disiplin meski di rumah lho. Mari simak.

Buat jadwal rutin

Reality-club-alexandra source: giphy.com

Jika kerepotan mengatur aktivitas anak sehari-hari, maka menyusun jadwal akan sangat membantu. Dalam sehari, buatlah urutan kegiatan dari pagi hingga jam tidur. Selipkan pula waktu tidur siang. Sebab, tidur siang itu bermanfaat dalam proses belajar. Dengan begitu, anak akan terlatih untuk selalu tepat waktu. 

Ciptakan suasana nyaman

source: giphy.com

Setelah membuat jadwal, ajak anak untuk membereskan area belajar dan bermain. Ciptakan suasana yang kondusif. Misalnya dengan menjaga rumah agar tetap bersih, memberi dukungan terhadap hobi anak, ataupun menjalin komunikasi yang efektif. Dijamin, anak pun merasa nyaman dan semangat untuk belajar!

Games!

source: giphy.com

Sembari belajar, luangkan waktu untuk bermain supaya anak tidak mudah bosan. Ajak anak untuk melakukan hobinya atau bermain permainan anak lewat gadget. Selain itu, permainan seperti scrabble board, spelling-bee, dapat dilakukan untuk menerapkan fun learning.

Evaluasi

source: giphy.com

Selain belajar dan bermain, lakukan evaluasi setiap hari guna memahami perkembangan anak. Cara ini juga dapat memberi motivasi pada anak agar lebih berkembang. Ketika diskusi dengan anak, gunakan kata-kata yang komunikatif dan ramah. Dengan itu, anak akan lebih terbuka untuk berbagi tentang kesulitan atau kelebihannya selama proses belajar.

E-learning

source: giphy.com

Gunakan platform online untuk membantu anak belajar di rumah. Jangan lupa pula untuk terus mendampingi kegiatan belajarnya ya. Beri pula pujian atau reward jika anak rajin supaya anak tetap antusias. Jika mengalami kesulitan dalam mengikuti pelajaran, konsultasikan dengan guru.

Tapi kan lagi libur? Jangan khawatir! Cakap dapat membantu Anda untuk mengajari anak belajar secara fleksibel dan menyenangkan. Bersama Cakap Kids, sistem belajar dua arah dijamin membuat anak makin cakap. Yuk, ajak anak Anda belajar bahasa Inggris di Cakap Kids! Cuma IDR 24.950 / Sesi lho. Yuk, klik banner dibawah ini.

Belajar Bahasa Inggris Anak

Baca juga:

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google