5 Tips Mendisiplinkan Anak Saat Belajar di Rumah

belajar mendisiplinkan anak

Hampir selama dua tahun ini work from home menjadi hal yang lumrah bagi kita semua. Pandemi membuat berbagai macam aktivitas di tempat publik dibatasi, termasuk bekerja dan bersekolah. Seluruh lapisan masyarakat pun mulai terbiasa untuk melakukan segalanya dari rumah dengan sistem daring. 

Sama halnya dengan orang dewasa, anak-anak usia sekolah pun mau tidak mau harus memusatkan kegiatan belajar di rumah. Hal ini sering kali membuat mereka jenuh, apalagi karena rumah bukanlah tempat di mana mereka biasanya belajar seperti di sekolah. Tidak sedikit yang jadi malas belajar dan hanya ingin bermain. 

Lalu, bagaimana cara menyeimbangkan waktu belajar dan bermain anak ketika di rumah? Cakap punya tips untuk mengajarkan anak disiplin meski di rumah, lho. Simak penjelasan berikut ini ya Moms dan Dads!

Buat jadwal rutin

Reality-club-alexandra source: giphy.com

Jika kerepotan mengatur aktivitas si Kecil sehari-hari, maka menyusun jadwal akan sangat membantu. Dalam sehari, buatlah urutan kegiatan dari pagi hingga jam tidur. Selipkan pula waktu tidur siang. Sebab, tidur siang itu bermanfaat dalam proses belajar. Dengan begitu, si Kecil pun akan terlatih untuk selalu tepat waktu. 

Ciptakan suasana nyaman

source: giphy.com

Setelah membuat jadwal, ajak si Kecil untuk membereskan area belajar dan bermain. Ciptakan suasana yang kondusif. Misalnya dengan menjaga rumah agar tetap bersih, memberi dukungan terhadap hobi mereka, ataupun menjalin komunikasi yang efektif. Dijamin, si Kecil pun merasa nyaman dan semangat untuk belajar!

Games!

source: giphy.com

Sembari belajar, luangkan waktu untuk bermain supaya si Kecil tidak mudah bosan. Ajak mereka untuk melakukan hobinya atau bermain permainan anak lewat gadget. Selain itu, permainan seperti scrabble board, spelling-bee, dapat dilakukan untuk menerapkan fun learning.

Evaluasi

source: giphy.com

Selain belajar dan bermain, lakukan evaluasi setiap hari guna memahami perkembangan si Kecil. Cara ini juga dapat memberi memotivasi mereka agar lebih berkembang. Ketika berdiskusi, gunakan kata-kata yang komunikatif dan ramah. Dengan demikian si Kecil akan lebih terbuka untuk berbagi tentang kesulitan atau kelebihannya selama proses belajar.

E-learning

source: giphy.com

Gunakan platform online untuk membantu si Kecil belajar di rumah. Jangan lupa pula untuk terus mendampingi kegiatan belajarnya ya. Beri pula pujian atau reward untuk menjaga antusias dalam belajar. Selanjutnya, jika Moms dan Dads mulai merasa kesulitan dalam mengajari si Kecil, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan guru.

Selain guru di sekolah, Cakap juga dapat membantu Moms dan Dads untuk mengajari si Kecil secara fleksibel dan menyenangkan. Bersama Cakap Kids, sistem belajar dua arah dijamin membuat anak makin cakap. Yuk, ajak anak Anda belajar bahasa Inggris di Cakap Kids! Cuma IDR 30.000/sesi, lho. Yuk, klik banner di bawah ini.

Belajar Bahasa Inggris Anak

Baca juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks