Macam-Macam Rekomendasi Permainan Anak yang Mendidik

permainan anak mendidik

Bermain adalah aktivitas yang menyenangkan dan paling di tunggu-tunggu oleh anak. Kita tahu bahwa anak-anak akan lebih bersemangat ketika mereka diajak bermain.

Sebagai orang tua, kita perlu menyikapi hal tersebut dengan bijak, bukan malah melarang dan memarahinya. Hal tersebut bisa kita sikapi dengan menjadikan aktivitas bermain sebagai media pembelajaran anak, tentunya dalam bentuk permainan yang mendidik. 

Anak usia dini perlu dididik dengan cara yang tepat. Sebagai media pembelajaran, aktivitas bermain sambil belajar merupakan pilihan yang patut dicoba untuk diterapkan kepada si kecil yang gemar bergerak.

Anak akan mudah menerima pembelajaran jika metode belajar yang Anda terapkan pada anak dikemas sedemikian rupa sehingga antusiasme anak dapat tercipta saat proses pembelajaran berlangsung. Mengapa tidak Anda coba terapkan main sambil belajar kepada anak?

Macam-Macam Permainan Anak yang Mendidik

Seperti yang kita ketahui bahwa antusiasme anak akan meningkat ketika mereka diajak bermain. Anda bisa mencarikan permainan yang mendidik untuk anak demi mengasah kemampuan dan kecerdasan anak sekaligus menyeimbangkan waktu bermain dan belajarnya sejak dini.

Lalu mungkin muncul di benak Anda, permainan mendidik seperti apa yang cocok untuk media pembelajaran si kecil? Selain beberapa permainan dibawah ini, ada juga permainan lain yang dapat Anda gunakan sebagai media pembelajaran bahasa untuk anak Anda khususnya bahasa Inggris. Yuk, para parents, baca beberapa permainan anak untuk belajar bahasa Inggris.

Berikut terdapat beberapa permainan yang dapat menjadi sarana untuk mendidik anak Anda.

Permainan Lego

 

Permainan Lego source: giphy.com

Lego adalah permainan yang cukup populer di kalangan anak-anak, baik untuk anak laki-laki atau perempuan. Permainan ini mengharuskan si anak menyusun bongkahan-bongkahan plastik warna-warni berukuran kecil menjadi sesuatu yang berbentuk. Rumah, mobil, kereta api, gedung, ataupun binatang bisa dibuat dari kepingan lego.

Permainan ini dapat meningkatkan kreativitas anak dalam menentukan bentuk apa yang ingin mereka buat. Permainan lego sangat cocok diberikan kepada anak usia dini. Melalui permainan ini kemampuan otak anak akan lebih terlatih. Ketika anak dihadapkan dengan sekumpulan kepingan lego yang acak dan diharuskan membentuk sebuah objek, kemampuan otak anak akan terangsang untuk berpikir.

Permainan Puzzle

 
 

Permainan Puzzle source: giphy.com

 

Puzzle merupakan permainan menyusun gambar. Permainan ini secara tidak langsung akan melatih daya ingat anak. Si kecil akan berpikir keras mengingat sebuah bentuk gambar ketika mencoba menyusun kepingan-kepingan puzzle yang acak. Tidak hanya daya ingat, kesabaran juga dibutuhkan anak dalam proses menggabungkan kepingan puzzle hingga menjadi sebuah gambar yang utuh.

Puzzle termasuk dalam permainan teka-teki sebab mengharuskan pemainnya menyelesaikan sebuah masalah, dalam hal ini potongan gambar yang tidak tersusun. Dengan kata lain hal tersebut dapat membantu anak dalam melatih kemampuan memecahkan masalah.

Permainan ABC 5 Dasar

 

Permainan ABC 5 Dasar source: giphy.com

ABC 5 Dasar merupakan permainan lawas yang hingga kini masih seru untuk dimainkan, baik oleh anak-anak maupun kalangan orang dewasa. Dalam praktiknya permainan ini tidak membutuhkan alat khusus melainkan jari-jemari sebagai media penentuan huruf yang nantinya terpilih untuk dijadikan patokan jawaban. 

Permainan ini setidaknya membutuhkan dua sampai lima orang. Anda sebagai orang tua bisa ikut serta untuk menemani sang buah hati memainkan permainan ini. Sebelum permainan dimulai Anda beserta anak Anda menyepakati terlebih dahulu tema yang akan dijadikan bahan tebakan, misalkan nama-nama buah.

Setelah itu permainan dimulai dengan mengucapkan “ABC lima dasar” secara bersama-sama sembari menyiapkan jumlah jari yang akan ditunjukan. Huruf sudah terpilih dan waktunya menyebutkan jawaban.

Biasanya yang tidak mampu menebak akan mendapatkan hukuman. Tak terpungkiri bahwa permainan ini sangat seru dan memicu adrenalin tersendiri. Apalagi jika anak-anak yang bermain, mereka pasti sangat antusias.

Banyak sekali manfaat yang bisa anak dapatkan dari permainan ini, khususnya untuk kecerdasan bahasa anak, antara lain:

Sebagai media untuk menghafal huruf yang menyenangkan

Karena dalam permainan ini anak diharuskan menyebut huruf sesuai jari yang diacungkan, tanpa disadari hal tersebut mensugesti anak untuk menghafal huruf di waktu yang bersamaan. Apalagi jika semakin sering permainan ini diulang, anak akan cepat hafal huruf secara urut.

Sebagai media untuk mengasah kecerdasan dan konsentrasi anak

Permainan ini memicu anak untuk berlomba menyebutkan kata dengan cepat dan tepat. Untuk itu anak memerlukan konsentrasi dan proses kecepatan berpikir yang baik. 

Sebagai media untuk memperluas pengetahuan kosa kata anak

Saat proses menebak berlangsung, anak akan mendapatkan pengetahuan dan kosa kata baru dari jawaban yang orang lain lontarkan. Peningkatan kecerdasan bahasa pada anak ditandai dengan semakin kayanya pembendaharaan kosa kata anak.

Itulah macam-macam permainan mendidik untuk anak Anda yang tentunya dapat membantu proses tumbuh kembang si kecil. Sering-seringlah memupuk kedekatan dengan anak melalui aktivitas bermain seperti ini demi mengawasi dan memperbaiki proses belajarnya sejak usia dini.

Jika Anda ingin lebih memperbaiki dan mematangkan proses belajar anak, Cakap merupakan media pilihan yang tepat, terutama untuk melatih bahasa inggris anak. Melalui kursus bahasa inggris anak yang telah disediakan Cakap, Anda bisa meningkatkan kemampuan bahasa inggris anak sejak dini.

Belajar Bahasa Inggris Anak

Baca Juga :

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google