9 Permainan Bahasa Inggris yang Menarik untuk Anak

permainan bahasa inggris untuk anak
Ajak Anak Belajar Bahasa Inggris Lewat 5 Game Ini!

Mendorong anak untuk belajar bisa begitu melelahkan dan menguras energi serta emosi bagi orang tua. Terlebih lagi, kebanyakan anak-anak mengasosiasikan kata ‘belajar’ dengan suatu kegiatan yang membosankan. Namun, Moms and Dads bisa membuat kegiatan belajar lebih menyenangkan baik untuk anak maupun parents sendiri, misalnya melalui games atau permainan bahasa Inggris! 

Anak-anak selalu suka permainan, sehingga Moms and Dads bisa mengakali alternative belajar melalui permainan yang sebenarnya juga mengajak anak untuk belajar secara tidak langsung. Berikut ini ada 9 game seru yang bisa Moms and Dads gunakan untuk bermain sambil belajar dengan buah hati kalian!

(1) I Spy

Permainan bahasa Inggris yang paling mudah dan seru untuk anak-anak belajar bahasa adalah ‘I Spy’. Kalian tidak memerlukan alat apa pun untuk bermain game ini, hanya imajinasi. Untuk memainkan games ini, memerlukan setidaknya 2-3 orang.

Cara Bermain:

Cara memainkan permainan bahasa Inggris yang satu ini cukup mudah. Pemain pertama yang disebut sebagai ‘spy’ harus memikirkan satu kata dan memberi tahu pemain lainnya huruf pertama kata tersebut dengan berkata “I spy with my little eye something beginning with ….” Kemudian pemain lainnya harus menebak kata apa yang dimaksud. Siapa pun yang berhasil menebak bisa menjadi ‘spy’  selanjutnya.

(2) Rhyme Game

Games bahasa Inggris yang satu ini juga sangat mudah dimainkan dan sangat efektif untuk menambah hafalan kosakata anak. Sesuai dengan namanya, Rhyme Game ini mengarahkan para pemainnya untuk menyebutkan kata per-kata yang memiliki kesamaan dalam rima. Agar lebih seru, Moms & Dads bisa mengajak anggota keluarga lainnya untuk memainkan permainan bahasa Inggris ini bersama. 

Cara Bermain:

Untuk memainkan permainan ini, Moms & Dads hanya perlu memilih satu kata kemudian minta anak-anak kalian untuk menuliskan atau menyebutkan kata yang berima dengan kata yang kalian sebut. Misalnya;

Kata pertama yang disebut oleh pemain 1 adalah “car”, maka jawaban dari pemain selanjutnya bisa berupa kata;

  • Far
  • Bar
  • Jar
  • War, dan lainnya

Atau jika kata pertama yang disebut oleh pemain 1 adalah “aim”, maka jawaban dari pemain selanjutnya bisa berupa kata;

  • Aimbe
  • Aime
  • Ame, dan lainnya

(3) I Am Going on a Picnic

Pernah dengar permainan bahasa Inggris ini sebelumnya? Permainan ini selain melatih kemampuan bahasa Inggris juga mengembangkan memori anak Anda. Pemain pertama mulai dengan mengatakan “I am going on a picnic and I will bring some …” Kemudian, pemain kedua akan mengulang kalimat tersebut dan melanjutkannya dengan kata lain.

Cara Bermain:

Misalnya, pemain pertama mengatakan “I am going on a picnic and I will bring some apples.” Pemain kedua kemudian bisa melanjutkan dengan “I am going on a picnic and I will bring some apples and some sandwiches”. Terus lanjutkan kalimat itu hingga satu pemain tidak bisa mengingat kalimat sebelumnya. Permainan ini juga bagus untuk memperkaya kosakata anak.

(4) Name game

Permainan yang satu ini juga bagus untuk menambah kosakata anak. Untuk bermain game bahasa Inggris  ini, Moms & Dads membutuhkan satu bola. Selain itu, permainan ini juga akan lebih seru jika dimainkan oleh banyak orang.

Cara Bermain:

Ajak anak-anak untuk duduk melingkar. Lempar bola pada salah seorang anak dan minta ia untuk menyebutkan satu kata berdasarkan kategori yang sudah lebih dulu ditentukan, misalnya nama-nama hewan. Setelahnya, minta anak untuk melemparkan bola itu ke pemain lain.

Pemain lain harus bisa menyebutkan kosakata hewan lainnya tanpa menyebutkan kata yang sudah pernah disebut sebelumnya. Jika salah seorang pemain tidak bisa menyebutkan kata baru, maka ia tereliminasi. Untuk anak-anak yang sudah lebih dewasa, kalian bisa meminta mereka untuk menyebutkan kalimat alih-alih kata agar permainan jadi lebih menantang.

(5) Guess the Secret Word

Permainan bahasa Inggris yang keenam adalah guess the secret word. Ini adalah permainan menebak dan mendeskripsikan sebuah kata yang memiliki makna. Untuk dapat memainkan permainan ini, setidaknya harus ada 2 orang yang bergabung dalam satu permainan. 

Gues the secret word bisa dimainkan melalui 2 cara, yaitu cara manual atau cara yang lebih modern. Jika kamu ingin menggunakan cara manual, cukup siapkan kertas dan bolpoin untuk menulis kata yang akan ditebak. Sedangkan jika ingin memainkan permainan dengan cara lebih modern, kamu bisa menggunakan gadget dan menuliskan kata yang akan ditebak melalui gadgetmu.

Cara Bermain:

Pilihlah satu kata yang akan ditebak dan akan dideskripsikan. Misalnya kata yang akan ditebak adalah “camera”, maka pemain 1 (orang yang akan mendeskripsikan kata tersebut) akan memberi beberapa deskripsi yang mengarah pada kata “camera”, seperti “photos”, “picture”, atau “memories”. Selanjutnya pemain 2 akan berusaha menebak kata yang diinginkan, yaitu “camera”.

Persiapkan Masa Depan Si Kecil dengan Kursus Inggris di Cakap!

(6) Scattergories

Anak-anak bisa berpikir lebih kritis dan anti-mainstream lewat games ini lho, Moms! Scattergories adalah permainan di mana dua orang atau lebih akan menuliskan sebuah kata dari kategori yang ditentukan. Pemain yang menuliskan kosakata yang berbeda dari pemain lainnya akan mendapatkan nilai.

Cara Bermain:

Pilih kategori yang diinginkan, misalnya kategori yang ditentukan pada putaran pertama adalah “blue”. Maka para pemain bisa menuliskan kata, seperti “sky” atau “sea”. Namun kata sky dan sea terlalu mainstream dan mungkin pemain lain juga akan memikirkan kata yang sama. Maka dari itu kalian perlu berlomba-lomba mencari kata yang berkaitan dengan biru namun kata tersebut anti-mainstream. 

(7) Word Match Games

Game belajar bahasa Inggris lain yang bisa dimainkan di rumah bersama anak adalah word match game. Ini adalah permainan mencocokkan kata demi kata berdasarkan sinonim atau bahkan antonimnya. Games ini memerlukan beberapa pemain yang mana satu di antaranya akan berfungsi sebagai instruktur atau yang menentukan sebuah kata.

Cara Bermain:

Tunjuk satu pemain yang akan menjadi instruktur. Selanjutnya, instruktur mencari dan menyebutkan kosakata bahasa Inggris yang mudah yang bisa dicari persamaan dan lawan katanya. Misalnya, instruktur menyebutkan kata “good”. Selanjutnya, pemain lain bisa menjawab kata-kata yang memiliki sinonim atau antonim dari kata tersebut, seperti;

  • Fine
  • Excellent
  • Great, dan lainnya  


(8) My Story

My story adalah rekomendasi permainan bahasa Inggris paling interaktif yang dapat melatih kemampuan menulis dan bercerita dalam bahasa Inggris. Tidak hanya itu, si Kecil juga bisa belajar bagaimana membangun cerita dan membuat ide baru yang menarik serta kreatif. Games ini bisa dimainkan oleh beberapa kelompok dalam satu tim. Pemenangnya bisa ditentukan dari hasil kolaborasi terbaik serta cerita termenarik dan lucu.

Cara Bermain:

Bagi rekan satu tim menjadi beberapa kelompok kecil. Selanjutnya, setiap kelompok mendapatkan satu set kata dengan kategori yang berbeda, misalnya “Miami”, “winter”, “future”, dan “holidays”. Setelah mendapatkan satu set kata, setiap anggota tim harus menulis cerita pendek minimal dua kalimat. Lalu anggota kelompok menggabungkan dan melanjutkan cerita.

(9) Word Search

Permainan lain yang juga menantang adalah word search. Permainan ini dapat membantu anak menghafal kosakata bahasa Inggris dan belajar untuk berpikir secara cepat serta tepat. Untuk memainkan permainan ini, kalian membutuhkan beberapa peralatan, seperti kertas dan bolpoin.

Cara Bermain:

Gambar pada kertas kotak 10×10 dan tulis sebanyak-banyaknya kata yang kalian bisa di dalam kotak. Isi kotak-kotak sisa yang masih kosong dengan huruf acak. Kata yang ditulis bisa secara ke samping, ke bawah, atau diagonal. Huruf juga bisa juga saling tumpang tindih untuk digunakan lebih dari sekali.

Tuliskan seluruh kata yang sudah ditulis pada kotak di bagian bawah kotak. Minta anak kalian untuk mencari kata-kata tersebut secepat mungkin. Permainan seru ini bisa dimainkan baik secara individu maupun dalam tim.

Jika anak Moms and Dads suka berkompetisi, kalian bisa membuat kotak yang sama dan mengajak anak-anak untuk berlomba siapa yang lebih cepat. Permainan kata ini mendorong kegigihan, konsentrasi, dan membantu meningkatkan kemampuan literasi anak, terutama belajar bahasa inggris untuk anak SD.

Nah untuk Moms and Dads yang ingin si Kecil memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik sejak usia dini, kalian bisa mulai dengan Cakap Kids. Di Cakap Kids, materi didesain khusus untuk anak-anak dengan pengajar profesional yang juga mampu menangani anak-anak. Selain itu, jadwalnya juga bisa kalian pilih sendiri sehingga tidak akan mengganggu jadwal dan rutinitas sehari-hari anak. Yuk, daftar sekarang karena #SiapaCakapDiaDapat!

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.