Ajak Anak Belajar Bahasa Inggris Lewat 5 Game Ini!

Mendorong anak untuk belajar bisa begitu melelahkan dan menguras energi serta emosi bagi orang tua. Terlebih lagi, kebanyakan anak-anak mengasosiasikan kata ‘belajar’ dengan suatu kegiatan yang membosankan.

Namun, Anda bisa membuat kegiatan belajar lebih menyenangkan baik untuk anak Anda maupun Anda sendiri! Karena anak-anak umumnya suka permainan, Anda bisa mengakalinya lewat permainan yang sebenarnya juga mengajak anak untuk belajar secara tidak langsung.

Berikut 5 game seru yang bisa Anda gunakan untuk bermain sambil belajar dengan buah hati Anda!

I Spy

I Spy source: giphy.com

Permainan yang paling mudah dan seru untuk anak-anak belajar bahasa adalah ‘I Spy’. Anda tidak memerlukan alat apapun untuk bermain game ini, hanya imajinasi.

Cara bermainnya mudah. Pemain pertama yang disebut sebagai ‘spy’ harus memikirkan satu kata dan memberi tahu pemain lainnya huruf pertama kata tersebut dengan berkata “I spy with my little eye something beginning with ….” Kemudian pemain lainnya harus menebak kata apa yang dimaksud. Siapapun yang berhasil menebak bisa menjadi ‘spy’  selanjutnya.

Rhyme Game

Rhyme Game source: giphy.com

Permainan yang satu ini juga sangat mudah. Anda hanya perlu memilih satu kata kemudian minta anak-anak Anda untuk menuliskan atau menyebutkan kata yang berima dengan kata yang Anda sebut. Misalnya Anda menyebut kata “car”. Jawabannya bisa “far”, “bar”, “jar”, dan lainnya.

I am going on a picnic

I am going on a picnic source: giphy.com

Permainan ini selain melatih kemampuan bahasa Inggris juga mengembangkan memori anak Anda. Pemain pertama mulai dengan mengatakan “I am going on a picnic and I will bring some …” Kemudian, pemain kedua akan mengulang kalimat tersebut dan melanjutkannya dengan kata lain.

Misal pemain pertama mengatakan “I am going on a picnic and I will bring some apples.” Pemain kedua kemudian bisa melanjutkan dengan “I am going on a picnic and I will bring some apples and some sandwiches”. Terus lanjutkan kalimat itu hingga satu pemain tidak bisa mengingat kalimat sebelumnya. Permainan ini juga bagus untuk memperkaya kosakata anak.

Name game

Name game source: giphy.com

Permainan yang satu ini juga bagus untuk menambah kosakata anak. Untuk bermain game ini, Anda membutuhkan satu bola. Selain itu, permainan ini juga akan lebih seru jika dimainkan oleh banyak orang.

Cara bermainnya, ajak anak-anak untuk duduk melingkar. Lempar bola pada salah seorang anak dan minta ia untuk menyebutkan satu kata berdasarkan kategori yang sudah lebih dulu ditentukan, misalnya nama-nama hewan. Setelahnya, minta anak untuk melemparkan bola itu ke pemain lain.

Pemain lain harus bisa menyebutkan kosakata hewan lainnya tanpa menyebutkan kata yang sudah pernah disebut sebelumnya. Jika salah seorang pemainn tidak bisa menyebutkan kata baru, maka ia tereliminasi. Untuk anak-anak yang sudah lebih dewasa, Anda bisa meminta mereka untuk menyebutkan kalimat alih-alih kata agar permainan jadi lebih menantang.

Word search

Word search source: giphy.com

Permainan lain yang juga menantang adalah word search. Gambar pada kertas kotak 10×10 dan tulis sebanyak-banyaknya kata yang Anda bisa di dalam kotak. Isi kotak-kotak sisa yang masih kosong dengan huruf acak. Kata yang Anda tulis bisa secara ke samping, ke bawah, atau diagonal. Huruf juga bisa juga saling tumpang tindih untuk digunakan lebih dari sekali.

Tuliskan seluruh kata yang sudah Anda tulis pada kotak di bagian bawah kotak. Minta anak Anda untuk mencari kata-kata tersebut secepat mungkin. Permainan seru ini bisa dimainkan baik secara individu maupun dalam tim.

Jika anak Anda suka berkompetisi, Anda bisa membuat kotak yang sama dan mengajak anak-anak Anda untuk berlomba siapa yang lebih cepat. Permianan kata ini mendorong kegigihan, konsentrasi, dan membantu meningkatkan kemampuan literasi anak Anda, terutama belajar bahasa inggris untuk anak SD.

Jika Anda ingin anak Anda memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik sejak usia dini, Anda bisa mulai dengan Cakap Kids. Di Cakap Kids, materi didesain khusus untuk anak-anak dengan pengajar profesional yang juga mampu menangani anak-anak. Selain itu, jadwalnya juga bisa Anda pilih sendiri sehingga tidak akan mengganggu jadwal dan rutinitas sehari-hari anak Anda. Yuk!

Belajar Bahasa Inggris Anak

Baca Juga:

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google