5 Dasar Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula Terbukti Efektif

5 dasar belajar bahasa inggris untuk pemula

Segala sesuatu harus dimulai dari dasar, termasuk dalam belajar bahasa Inggris. Jika kamu mengetahui dan memahami dasar bahasa Inggris untuk pemula maka akan lebih mudah untuk mempelajari bentuk kalimat yang lebih kompleks. 

Mulai dari mempelajari grammar bahasa Inggris hingga cara melakukan percakapan bahasa Inggris. Bila kamu sudah memahami dasar-dasar tersebut, akan lebih mudah untuk memahami materi selanjutnya.

Belajar bahasa Inggris memang cukup rumit bila pemahaman dasarnya kurang baik, namun bila kamu sudah paham betul, belajar bahasa Inggris akan terasa jauh lebih mudah. Berikut dasar-dasar bahasa Inggris yang harus kamu pahami untuk membantu kamu yang sedang belajar bahasa Inggris otodidak , di tempat les, atau aplikasi belajar bahasa inggris.

Table of Contents

1. Pelajari Bentuk Kata (Tenses)

Tenses atau bentuk kata merupakan elemen paling penting dan mendasar untuk mempelajari bahasa Inggris. Tenses adalah bentuk kata kerja dalam bahasa Inggris yang berguna untuk menunjukkan kondisi waktu terjadinya suatu peristiwa. Waktu yang ditunjukkan bisa masa lalu, masa kini atau sekarang, dan masa depan.

Karena memahami tenses merupakan hal yang paling mendasar dalam kegiatan belajar bahasa Inggris, maka tidak aneh bila tenses berada di halaman atau bab pertama dalam buku belajar bahasa Inggris. 

Jika kamu berhasil menguasai dan memahami semua tenses yang ada, maka bisa dikatakan bahwa kamu sudah menguasai bahasa Inggris sebanyak 60%. Adapun terdapat 16 tenses yang wajib kamu pelajari.

Lalu, tenses itu apa aja sih? Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tenses merupakan gabungan atas dua komponen dasar yang tidak bisa dipisahkan, yaitu waktu dan peristiwa. 

Waktu

  • Present / Sekarang.
  • Past / Masa lalu.
  • Future / Masa yang akan datang.
  • Past Future / Rencana dimasa lalu.

Peristiwa

  • Simple / Aktifitas sederhana.
  • Continuous / Aktivitas yang sedang berlangsung.
  • Perfect / Aktivitas yang telah usai.
  • Perfect Continuous / Aktifitas yang sedang berlangsung dengan durasi waktu.
 

Contoh

Event/Time Present Past Future Past Future
Simple I eat I ate I will eat I would eat
Continuous I am eating I was eating I will be eating I would be eating
Perfect I have eaten I had eaten I will have eaten I would have eaten
Perfect Continuous I have been eating I had been eating I will have been eating I would have been eating

Pelajari selengkapnya tentang materi tenses di halaman berikut: Rumus 16 Tenses dan Contohnya

2. Mendengarkan (Listening) 

Setelah kamu memahami tentang tenses, dasar belajar bahasa Inggris untuk pemula selanjutnya adalah mendengarkan atau listeningListening merupakan salah satu skill atau kemampuan bahasa Inggris yang penerapannya adalah dengan mendengarkan kosakata di dalam kalimat berbahasa Inggris.

Dengan mendengarkan, secara tidak langsung nantinya kamu akan terbiasa dengan istilah-istilah bahasa Inggris dan juga bisa memahami apa yang dikatakan orang lain jika berbicara dalam bahasa Inggris.

Tips Meningkatkan Kemampuan Listening

Menguasai materi Bahasa Inggris yang satu ini tidaklah sulit. Untuk meningkatkan kemampuan listening, berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan ketika belajar Bahasa Inggris:

1. Belajar Sedikit demi Sedikit

Tips pertama ialah belajar sedikit demi sedikit. Meskipun kamu ingin cepat menguasainya, tetapi kamu tetap tidak boleh terburu-buru ketika belajar Bahasa Inggris. Sebab, kamu tidak akan mengingat apa yang kamu pelajari jika terburu-buru.

Kamu bisa sisihkan 10-15 menit untuk melatih kemampuan listening setiap harinya. Tentukan juga level kamu, jika kamu masih pemula, jangan pilih materi yang berat. Pilih materi yang berisi tentang percakapan sehari-hari.

2. Perbanyak Konten Hiburan dalam Bahasa Inggris

Dengan adanya internet, kini sudah saat mudah untuk mengkonsumsi konten-konten hiburan dalam bahasa Inggris, seperti lagu, video, podcast, film, dan lain sebagainya. Kamu bisa menggunakannya sebagai media pembelajaranmu dalam mengasah kemampuan listening.

Mendengarkan konten-konten hiburan juga bisa menambah perbendaharaan kata yang pastinya berguna ketika belajar Bahasa Inggris. Dengarkan dan terjemahkan lirik lagu yang kamu dengarkan, cari arti dari kosakata yang kamu dengar dalam podcast atau film. Dengan begitu, kemampuan kamu akan meningkat.

3. Cari Arti Kosakata Bahasa Inggris

Pelajari arti kosakata Bahasa Inggris sebagai konsep baru. Selayaknya anak kecil yang baru belajar bahasa, ia pasti mempelajari konsep kata tersebut. Jadi, ketika kamu tidak mengetahui arti sebuah kosakata, cari maksud dari kosakata tersebut dalam kamus Bahasa Inggris. Dengan begitu, kamu memahami konsep dan konteks kata tersebut dalam bahasa Inggris.

Pelajari tentang listening lebih dalam di Cara meningkatkan Skill Listening

3. Membaca (Reading)

penggunaan will dan going to

Jika listening sudah dikuasai, maka dasar-dasar belajar bahasa Inggris yang penting dikuasai selanjutnya adalah membaca atau reading.

Dengan membaca beberapa teks atau kalimat berbahasa Inggris, misalnya procedure text atau descriptive text, akan membuat kamu lebih peka terhadap struktur kata yang terbentuk dalam bahasa Inggris. 

Dari situlah kamu akan belajar banyak kosakata bahasa Inggris. Terlebih, kamu pun akan mendapatkan kosakata-kosakata baru hanya dengan membaca teks-teks berbahasa Inggris.

Perlahan, kamu akan mendapatkan referensi di dalam menulis ataupun mengoreksi kalimat-kalimat dalam bahasa Inggris. Hal itu tentu sangat bermanfaat untuk mengembangkan skill kamu dalam berbahasa Inggris bukan?

Tips Meningkatkan Kemampuan Reading

Untuk meningkatkan kemampuan reading, berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan ketika belajar Bahasa Inggris:

1. Mulai dengan Buku Cerita Anak

Tak ada salahnya untuk mulai belajar Bahasa Inggris dengan membaca buku cerita anak. Bagi seorang pemula, buku cerita anak dapat menjadi bekal terbaik. Sebab, buku cerita anak mengandung kosakata-kosakata sederhana.

Jika kamu sudah terbiasa, kamu bisa lanjut membaca artikel atau novel dalam Bahasa Inggris. Lalu, setelah itu, kamu bisa mulai membaca jurnal ilmiah, koran, atau buku bacaan dengan topik yang tidak ringan.

2. Bertanya Pada Diri Sendiri

Jangan membaca lalu tinggalkan begitu saja, kamu tidak akan benar-benar memahami apa yang kamu baca jika begitu. Setelah membaca, tanyakan isi dari bacaan tersebut pada dirimu sendiri serta jawab pertanyaanmu itu. Jika perlu, tuliskan pertanyaan serta jawaban dalam bahasa Inggris, dengan begitu kamu bisa sekaligus mengasah kemampuan writing.

3. Gunakan Subtitle Bahasa Inggris

Kamu bisa memaksimalkan kemampuan reading dengan menonton film Bahasa Inggris. Tonton film dengan mengaktifkan subtitle Bahasa Inggris. Jika ada kosakata yang tidak kamu pahami, pause filmnya, lalu cari arti dari kosakata tersebut. 

Psst, Ini Rahasia Mahir Bahasa Inggris untuk Pemula

4. Menulis (Writing)

Witing adalah menulis dan tentu menjadi salah satu dasar dalam belajar bahasa Inggris untuk pemula. Pasalnya, dengan menulis dalam bahasa Imnggris, kamu jadi bisa melihat sejauh mana sih kemahiranmu dalam berbahasa Inggris. 
 
Menulis dalam bahasa Inggris akan membuatmu mengerti tentang kemampuanmu dalam berbahasa Inggris, entah itu dari tata bahasa ataupun kosakata. 
 
Seperti halnya menulis kalimat aktif (active voice) atau kalimat pasif (passive voice) yang mana merupakan hal mendasar dalam mempelajari sebuah bahasa, dengan adanya kegiatan writing kamu bisa melatih cara penulisan kalimat bahasa Inggris yang benar.

Tips Meningkatkan Kemampuan Writing

Untuk meningkatkan kemampuan writing, berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan ketika belajar Bahasa Inggris:

1. Membaca Buku, Obviously!

Pastinya untuk meningkatkan kemampuan writing, kamu harus rajin membaca buku. Ada beberapa hal yang bisa kamu pelajari dengan membaca buku, salah satunya grammar Bahasa Inggris. Grammar pastinya akan berguna disaat kamu menulis nantinya.

2. Mencari Arti Kosakata

Ketika membaca buku dan kamu menemukan kata-kata yang kurang familiar, kamu wajib mencari arti kata tersebut. Hal ini pasti akan memperkaya perbendaharaan katamu yang pastinya berguna ketika memilih diksi yang tepat saat menulis.

3. Sederhanakan Kalimat Bahasa Inggris

Berlatih merupakan tips meningkatkan kemampuan writing saat belajar Bahasa Inggris. Kamu bisa berlatih dengan menyederhanakan kalimat dalam bahasa Inggris. Tidak perlu dari buku, kamu bisa menyederhanakan kalimat-kalimat dari artikel Bahasa Inggris.

4. Rutin Menulis

Tak hanya rutin membaca, kamu juga wajib rutin menulis. Dengan begitu, kemampuan writing kamu akan meningkat, seperti grammar, diksi, dan lain-lainnya. Gak perlu dengan topik yang berat, kamu bisa menulis aktivitas harianmu dalam sebuah notes.

5. Koreksi Grammar dengan Bantuan Tools 

Menguasai grammar tidak akan bisa satu malam. Kamu harus belajar dan berlatih berhari-hari untuk menguasainya.

Nah, untuk menyempurnakan grammar ketika menulis, kamu bisa menggunakan tools grammar checker. Ada banyak tools yang bisa kamu dapatkan secara gratis di internet. Seperti:

Agar hasil grammar makin sempurna kamu juga harus memahami tentang grammar. Tools hanyalah membantu mempercepat kerja kita, namun tak luput dari kesalahan.

Kamu perlu ikutan kursus bahasa inggris di Cakap kurikulum grammar focus. Pelajari lebih lengkap kurikulumnya pada link tersebut. Kelebihan kursus bahasa inggris di Cakap

  • Fleksibel dalam pemilihan teacher & jadwal tes

  • Durasi 25 menit untuk kelas dan asesmen

  • Asesmen privat dengan teacher yang meliputi kemampuan reading, listening, keakuratan, & speaking

  • Hasil asesmen komprehensif yang mencakup kelebihan & kelemahan

  • Dukungan & bimbingan dari Student Advisor terkait pembelajaranmu

Klik disini untuk Pelajari tentang kurikulum Grammar Focus

Beberapa artikel dibawah ini akan membantu kamu memperdalam materi tentang writing.

Cari Tau Level Bahasa Inggris Kamu Sekarang, yuk!

5. Berbicara (Speaking)

tips dan teknik public speaking

Setelah empat dasar-dasar belajar bahasa Inggris untuk pemula di atas sudah dikuasai dengan baik, selanjutnya adalah yang terakhir yaitu speaking atau berbicara.

Tips Meningkatkan Kemampuan Speaking

Untuk meningkatkan kemampuan speaking, berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan ketika belajar Bahasa Inggris:

1. Berbicara dengan Diri Sendiri

Kamu bisa menemukan tips ini di berbagai tips-tips belajar Bahasa Inggris. Sebab, berbicara dengan diri sendiri dapat melatih kemampuan speaking-mu. Buat sebuah skenario sederhana dan mulai berbicara dengan dirimu.

Alterantif lain dalam meningkatkan kemampuan speaking ialah dengan membaca beberapa halaman dari suatu buku. Cara ini memang memperlambat proses membaca, namun dapat meningkatkan kemampuan speaking. Rekam suara kamu ketika membaca untuk mengetahui kesalahan-kesalahanmu dalam melafalkan tiap kata.

2. Cari Teman Belajar

Memiliki teman belajar merupakan hal penting dalam belajar Bahasa Inggris, terutama ketika melatih kemampuan speaking. Apabila kamu memilikinya, ajak ia untuk berdiskusi atau ngobrol santai menggunakan Bahasa Inggris. Jika kamu tidak memilikinya, saat ini sudah banyak aplikasi belajar Bahasa Inggris di mana kamu bisa menemukan teman belajar.

2.1 Gabung dengan English Club

Gabung dengan Cakap Club untuk mencari teman belajar dengan semangat yang sama. Beberapa keunggulan bergabung di Cakap Club

  • Beragam Topik Belajar
  • Jadwal Fleksibel
  • Gratis beberapa hari untuk Pengguna Baru
  • Berinteraksi langsung dengan Tutor Professional
  • Kamu Belajar gak sendirian dan akan ada banyak orang dengan semangat seperti kamu. 

Klik disini : Gabung Cakap Club Sekarang

3. Tonton Percakapan Bahasa Inggris

Salah satu hal yang menghambatmu dalam berbicara dengan Bahasa Inggris adalah kamu berpikir dalam bahasa Indonesia. Jadi, kamu menerjemahkan dulu baru mengucapkannya. Hal ini lah yang perlu kamu ubah.

Cara mengubahnya ialah dengan menonton film atau video Youtube dalam Bahasa Inggris yang mengandung banyak percakapan. Ulangi setiap percakapan yang ada di film atau video tersebut. Cari tahu arti kosakata yang terdapat dalam percakapan tersebut.

4. Mulai dari Memperkenalkan Diri

Salah satu hal yang paling mudah untuk belajar speaking bahasa inggris adalah dengan tema memperkenalkan diri.

Karena memperkenalkan diri sangat sering kita gunakan di kegiatan sehari-hari. Di sekolah, tempat kerja, kegiatan sosial, atau kegiatan-kegiatan lainnya.

Kamu bisa baca artikel berikut untuk belajar bahasa inggris tentang perkenalan diri.

Beberapa Artikel Berikut bisa jadi bahan belajar kamu untuk memfasihkan skill speaking kamu

Setelah tenses, mendengar, membaca, dan menulis, hal paling akhir dari dasar-dasar berbahasa Inggris adalah berbicara. Dengan berbicara dalam bahasa Inggris, kamu akan terbiasa dengan kata-kata asing yang mungkin terasa sulit diucapkan oleh orang awam. Meski perlahan, jika sering dilatih, hal itu akan membuat skill speaking kamu terdengar fasih seperti bule.

Daftar Lengkap Materi Pembelajaran Bahasa Inggris

Cakap telah mengumpulkan berbagai materi bahasa inggris untuk kamu ke dalam satu halaman.

Halaman tersebut dapat kamu akses melalui link berikut

>>Daftar Lengkap Materi Bahasa Inggris Dasar & Lanjutan

Tips Tambahan Belajar Bahasa Inggris

Selain lima poin utama di atas beberapa artikel berikut juga akan membantu kamu membangun strategi dan cara belajar terbaik untuk mahir berbahasa inggris.

Skill dasar yang ada di atas dapat kamu kuasai dengan mengikuti kelas bahasa Inggris di Cakap. Dengan kurikulum yang berstandar internasional, maka bahasa Inggrismu bisa sefasih bule. Jadi, tunggu apalagi?

Baca Juga: 

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat