25 Kosakata Bahasa Inggris yang Sering Kamu Temui dalam Dunia Kerja

bahasa inggris di dunia kerja

Kamu baru lulus kuliah dan bersiap memasuki dunia kerja. Pastinya di dalam dunia kerja kamu menemukan istilah bahasa inggris yang seringkali muncul. Lalu bagaimana agar kamu tidak kikuk ketika menemui kosakata bahasa inggris dunia kerja ini, berikut daftar kosakata yang sering muncul ketika kamu bekerja; 

Allowance

Allowance adalah tunjangan diluar gaji utama sebagai bentuk imbalan atau apresiasi perusahaan atas performa kerja di kantor. Dalam beberapa perusahaan ada berbagai macam allowance yang biasa disebutkan pada awal kontrak kamu. Macam-macam allowance tersebut adalah holiday allowance adalah tunjangan yang didapat saat kamu merayakan hari raya, overtime allowance adalah tunjangan ketika kamu melakukan atau diminta untuk lembur. Kemudian Meal Allowance yaitu tunjangan untuk biaya kamu makan selama bekerja di kantor dan masih  banyak lagi macam-macam tunjangan ini.

Bookkeeping

Bookkeeping adalah istilah lain dari kegiatan pembukuan. Pada kegiatan tersebut mencatat segala transaksi yang ada pada keluar masuk uang kas perusahaan. Book keeping erat kaitannya dalam hal akuntansi perusahaan.

Clause

Clause adalah klausul perjanjian dengan ketentuan yang disepakati bersama. Clause biasa ada dalam perjanjian kerjasama antar perusahaan atau perjanjian kerja. Karena sifatnya yang harus disepakati bersama, clause harus dibaca baik-baik ya agar tidak salah informasi yang merugikan kamu.

Collateral

Collateral seringkali dianggap sebagai jaminan oleh banyak orang. Namun jika kamu nanti berkecimpung dalam dunia marketing, collateral mempunyai arti kumpulan media yang digunakan untuk mempromosikan produk perusahaan kamu. Jadi jangan sampai salah arti ya.

Copyright

Copyright adalah hak cipta suatu karya. Dalam perusahaan, copyright biasanya bersifat melindungi produknya yang diciptakan agar melindungi dari plagiarisme dan peniruan produk lainnya.

Change Off

Change off adalah tindakan ketika pegawai meminta mengubah hari bekerjanya ke hari lain dengan keperluan mendesak. Umumnya para pegawai menggantinya ke hari libur bekerja seperti akhir pekan.

Down payment

Down payment atau istilah umumnya DP adalah Pembayaran sebagian dari total harga yang dilakukan di awal transaksi. Pembayaran seperti ini umum dilakukan karena perusahaan lebih mudah mengalokasikan anggaran ke bidang lainnya.

Deduction

Deduction adalah potongan yang dibebankan oleh pegawai. Ada banyak deduction yang umumnya ada di Indonesia seperti deduction untuk BPJS, Jaminan Pensiun, Jaminan Hari Tua. 

Framework

Framework adalah kerangka kerja yang umumnya digunakan membuat rencana kerja yang akan dilakukan, mulai dari persiapan sampai eksekusi akhirnya. Jika kamu bekerja sebagai programmer atau developer aplikasi kamu perlu framework untuk menyusun fungsi kode dan plugin yang disesuaikan dengan konsep yang dibuat.

Gross

Gross adalah hitungan kotor yang belum dipotong beban lainnya. Misalnya ketika pegawai mendapat gaji bulanan namun jika perjanjiannya disebut gross maka gaji tersebut dipotong pajak dari nominal awalnya.

Headhunter

Headhunter adalah posisi jabatan yang bertugas mencarikan kandidat bagi perusahaan untuk mengisi posisi yang lowong di perusahaan tersebut. Headhunter dalam perusahaan umumnya berada dalam posisi talent atau human resource.

Incentive

Incentive adalah penghasilan atau upah  tambahan yang diberikan kepada karyawan yang telah melakukan sebuah prestasi bagi kemajuan perusahaan. Tujuan adanya insentif agar pegawai lebih semangat dalam memajukan perusahaannya secara positif.

Intern

Intern atau magang adalah istilah percobaan yang dilakukan oleh beberapa orang calon pegawai untuk memahami pekerjaan yang diinginkan. Umumnya internship dilakukan oleh mahasiswa semester akhir untuk melihat potensi apa yang bisa dikembangkan dari dirinya.

Late Charge

Late Charge adalah denda yang dibayarkan jika kamu telat masuk kantor. Denda yang dikenakan berbeda-beda tergantung perusahaan. Tujuan diberlakukan late charge agar kamu lebih disiplin dan kamu bisa bekerja dengan optimal. Kalau benar-benar tidak mendesak jangan sampai kamu terkena late charge ya.

Leave

Leave secara harfiah dalam bahasa indonesia adalah meninggalkan. Namun dalam istilah perusahaan, leave dikaitkan dengan cuti. Ada banyak istilah cuti yang dilakukan oleh perusahaan di Indonesia. Mulai dari annual leave (Cuti Tahunan), sick leave (Cuti Sakit), pregnancy leave (cuti hamil), important leave (cuti penting), unpaid leave (cuti tidak dibayar) dan masih ada beberapa lagi tergantung kebutuhan perusahaanya.

Letterhead

Letterhead diartikan ke dalam Bahasa Indonesia adalah kop surat. Fungsi kop surat sebagai identitas suatu perusahaan/instansi agar penerima surat mengetahui asal surat tersebut. Keterangan identitas ini harus berada diatas agar dibaca terlebih dahulu, inilah mengapa dinamakan letterhead.

Liability

Liability adalah nama lain dari hutang atau liabilitas. Hutang ini bisa berbentuk uang atau kewajiban yang harus dilakukan di masa mendatang. Contohnya uang yang dipinjam oleh pihak lain harus dibayarkan atau kewajiban jasa yang harus dilakukan namun sudah dibayarkan upahnya.

Net

Hitungan bersih pendapatan setelah dipotong beban ialah net atau gaji bersih. Beban yang dihitung biasanya beban pajak dan beban lainya yang dibebankan pegawai namun sudah ditanggung oleh perusahaan, maka gaji yang diterima adalah gaji bersih.

Occupation

Occupation adalah nama lain dari pekerjaan. Bidang pekerjaan yang dijalani orang sehari-hari bisa dikatakan sebagai occupation.

Quotation

Quotation bukan kutipan kalimat. Dalam dunia pekerjaan quotation adalah rincian harga dalam transaksi keuangan. Jadi jika kamu diminta quotation jangan serahkan kutipan kalimat ya. Jangan salah lagi yaa.

Quarter

Quarter adalah triwulan atau tiga bulan. Dalam dunia kerja, umumnya perusahaan mencanangkan target dengan membaginya empat quarter yang masing-masing terdiri tiga bulan. Quarter digunakan untuk mengukur capaian kerja personal maupun tim secara keseluruhan.

Reimburse

Reimburse adalah usaha mengganti biaya-biaya yang dikeluarkan oleh pegawai secara sengaja maupun tidak sengaja untuk kepentingan perusahaan. Umumnya reimburse dikeluarkan dalam hal-hal mendesak yang tidak tercatat dalam anggaran awal suatu kegiatan.

Superintendent

Superintendent serupa dengan supervisor yaitu sebagai pengawas dan koordinator suatu kegiatan. Namun superintendent umumnya lebih sering digunakan dalam dunia konstruksi gedung dan sipil. Dalam bidang konstruksi, superintendent lebih spesifik membuat perencanaan yang terukur sehingga target bisa dicapai.

Turn around Time

Turn around time atau TAT adalah waktu yang dibutuhkan dalam suatu proyek atau kegiatan. Waktu yang dibutuhkan adalah waktu total, sehingga bisa saja lebih pendek atau lebih lama dari deadline awal yang ditentukan.

Lucrative

Lucrative sama dengan menguntungkan. Dalam dunia kerja, lucrative adalah suatu pekerjaan yang paling banyak pegawai bisa mendapat keuntungan secara positif. Keuntungan yang dimaksud adalah banyak bonus dan komisi yang bisa didapat dalam bidang pekerjaan mereka.

Masih ada banyak lagi kosakata dalam dunia kerja yang mungkin akan kamu  temui. Namun jangan panik kamu akan bisa lebih siap jika kamu mengasah kemampuan bahasa inggris. Dunia kerja memang seringkali menggunakan bahasa inggris agar lebih profesional dan bisa menjangkau dalam skala internasional. Oleh karena itu, para calon pekerja harus bisa membuat diri mereka lebih siap. Terlebih pemerintah sudah menyiapkan fasilitas kartu prakerja agar para calon pekerja dibekali kemampuan sesuai bidang yang mereka minati. Dengan kartu prakerja kamu bisa belajar bahasa untuk meningkatkan kemampuan bahasa asing kamu khususnya bahasa Inggriss.

Cakap Kartu Prakerja

Baca Juga :

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google