Contoh Perkenalan Bahasa Inggris saat Interview

interview kerja bahasa inggris

Dalam interview pekerjaan, setiap orang pasti diharuskan untuk memperkenalkan dirinya sebaik mungkin agar berkesan bagi pihak instansi yang hendak menerima pekerjanya. Umumnya, dalam interview kerja itu digunakan dalam dua bahasa yaitu Bahasa Indonesia dan juga Bahasa Inggris.

Namun, untuk pekerjaan dalam suatu instansi yang rate-nya cukup tinggi, biasanya perkenalan dalam interview kerja diharuskan untuk menggunakan Bahasa Inggris.

Interview kerja dengan Bahasa Inggris terkadang dapat membuatmu berkecil hati dan minder. Walaupun hanya diminta untuk memperkenalkan diri dalam Bahasa Inggris. Banyak yang merasa kalau kemampuan berbahasa Inggrisnya belum memadai sehingga para pelamar menjadi enggan untuk mencoba melamar.

Padahal sebenarnya untuk memperkenalkan diri kepada pihak instansi saat interview kerja itu sama mudahnya seperti kamu mengenalkan dirimu di depan kelas sewaktu masih duduk dibangku sekolah dahulu.

Untuk itu, agar menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat memperkenalkan diri  dengan Bahasa Inggris saat interview kerja, berikut akan kami jabarkan beberapa tips untuk mempersiapkan diri agar lancar dalam memperkenalkan diri dengan menggunakan Bahasa Inggris saat wawancara kerja.

Tips Sukses Interview Bahasa Inggris


Bahasa Inggris Bantu Kariermu Melejit, Sudah Saatnya Kamu untuk Mulai Belajar!

Setiap perkenalan pada hakekatnya memang membutuhkan alur yang sistematis sehingga pihak pewawancara merasa paham dengan apa yang kita ucapkan dan kita perkenalkan. Kunci utama dari perkenalan dalam Bahasa Inggris saat interview kerja ini tentu adalah ketenangan.

Ya, kita sudah sering sekali melihat ada banyaknya kegagalan yang terjadi hanya karena orang-orang kurang tenang dalam menyikapi dan menghadapi suatu hal yang ada di depan. Oleh karena itu, ketenangan pada dasarnya memang harus dilatih dan ditonjolkan dalam menghadapi masalah apapun.

Baca Juga: Kosakata Bahasa Inggris Wawancara Kerja

Contoh Perkenalan Diri Bahasa Inggris

Tips-tips di atas hanya teori jika tidak ada contoh untuk pelaksanaannya, maka, untuk melengkapi apa yang sudah menjadi tips diatas, berikut kami jabarkan beberapa contoh perkenalan dalam Bahasa Inggris saat interview kerja:

Contoh Perkenalan Bahasa Inggris Pertama

Good morning. My name is Febri Dwi Cahya Gumilar. You can call me Febri. I am now 22 years old. I completed my Bachelor of Civil Engineering from Indonesia Islam University. In university, I was the assistant lecturer in my department for 2 years and the chief of the Student Executive Board for a year.

Terjemahan Indonesia:
Nama saya Febri Dwi Cahya Gumilar. Anda bisa memanggil saya Febri. Saya berumur 22 tahun. Saya adalah Sarjana Teknik Sipil dari Universitas Islam Indonesia. Di Universitas, saya adalah asisten dosen di jurusan saya selama dua tahun dan menjadi ketua Badan Eksekutif Mahasiswa untuk satu tahun.

Contoh Perkenalan Bahasa Inggris Kedua

My name is Haris. I am 24 years old. I have done my bachelor’s degree in International relations from the University of Indonesia last year. I apply for the assistant manager position. I believe I am proper for this position because I have a good skill at operating Besides, I am fluent in English, Japanese, and French which I think can support me in my work.

Terjemahan Indonesia:
Nama saya Haris. Saya berumur 24 tahun. Sata telah menyelesaikan program sarjana Hubungan Internasional di Universitas Indonesia tahun lalu. Saya melamar untuk posisi asisten manajer. Saya percaya saya layak untuk posisi ini karena saya memiliki skill dalam mengoperasikan. Selain itu, saya fasih dalam bahasa Inggris, Jepang, Perancis, di mana dapat membantu pekerjaan saya.

Kini Kamu Bisa Fasih Bahasa Inggris dari Rumah, Penasaran?

Contoh Perkenalan Bahasa Inggris Ketiga

My name is Raka. I am 26 years old. I apply for the secretary position in this office. I have 2 years of experience as a secretary. I have fair language skills in English, German, and Korean. I resigned from my previous job because I have to follow my husband who got transferred to work in this city. I have good skills in operating Microsoft Word and Adobe Photoshop.

Terjemahan Indonesia:
Nama saya Raka. Saya berusia 26 tahun. Saya melamar sebagai posisi sekretaris di kantor ini. Saya memiliki pengalaman 2 tahun sebagai sekretaris. Saya fasih dalam bahasa Inggris, Jerman, dan Korea. Saya keluar dari perusahaan sebelumnya karena saya harus ikut suami saya untuk dinas ke luar kota. Saya pandai dalam mengoperasikan Microsoft Word dan Adobe Photoshop.

Contoh Perkenalan Bahasa Inggris Keempat

First, I would like to thank you for giving me an opportunity to introduce myself. My name is Joko Tingkir. I have graduated from the University of Ahmad Dahlan two years ago. I have won many trophies for my university, one of them was when I won the speech contest in Yogyakarta. I have a huge passion for linguistics and the educational world. That is the main reason why I apply for this job as an English tutor at this institute. If I am welcomed to be a part of this institute, I will do my best to teach and educate the students here. In my spare time, I like to publish some informational posts on my personal website. If you would like to visit my personal website, you can check it in my curriculum vitae. I am fluent in both active and passive English. That’s all about me. Thank you.

Terjemahan Indonesia:
Pertama-tama, saya ingin mengucapkan terima kasih telah diberikan kesempatan untuk memperkenalkan diri. Nama saya Joko Tingkir. Saya lulus dari Universitas Ahmad Dahlan dua tahun lalu. Saya menjuarai berbagai trofi di universitas saya, salah satu trofi saya dapatkan ketika menjuarai lomba pidato di Yogyakarta. Saya memiliki passion yang besar dalam linguistic dan dunia edukasi. Itu adalah alasan utama saya mengapa saya melamar pekerjaan ini sebagai tutor bahasa Inggris di institut ini. Jika saya diterima di institut ini, saya akan memberikan performa terbaik untuk mengajar dan mengedukasi murid-murid di sini. Di waktu senggang saya, saya senang membagikan konten yang bersifat informasi di website pribadi saya. Jika anda ingin mengunjungi website pribadi saya, anda dapat melihatnya di curriculum vitae saya. Saya lancar dalam bahasa Inggris baik aktif maupun pasif. Sekian perkenalan dari saya. Terima kasih.

Contoh Perkenalan Bahasa Inggris Kelima

My name is Rahmat Yani Hidayat. My nickname is Rahmat. I am 23 years old. I have a degree in Information Engineering. This is my ambition to work as a Process Engineer in a big company since I was in Senior High School.

Terjemahan Indonesia:
Nama saya Rahmat Yani Hidayat. Panggilan saya Rahmat. Saya berusia 23 tahun. Saya adalah sarjana Teknik Informatika. Ini adalah ambisi saya sejak di bangku SMA untuk bekerja sebagai Process Engineer di perusahaan besar.

Contoh Perkenalan Bahasa Inggris Keenam

My name is Susi Susanti. I am 24 years old. I am a fresh graduate. I read in a newspaper that your company needs a receptionist. I also have read the requirements and I think I can fulfill all of them. I love to meet new people so I choose this job. In order to support my work, I’ve done 3 months of public relations and computer skill courses. I believe this job is perfect for me than the other applicants.

Terjemahan Indonesia:
Nama saya Susi Susanti. Saya berusia 24 tahun. Saya adalah lulusan baru. Saya membaca di koran bahwa perusahaan anda membutuhkan resepsionis. Saya juga telah membaca syarat pendaftaran dan saya rasa saya dapat memenuhinya. Saya senang berkenalan dengan baru sehingga itu adalah alasan saya memilih pekerjaan ini. Untuk mendukung pekerjaan saya, saya telah menyelesaikan kursus public speaking dan keterampilan komputer selama 3 bulan. Saya rasa pekerjaan ini cocok untuk saya dibanding untuk kandidat lainnya.

Contoh Perkenalan Bahasa Inggris Ketujuh

Good morning Sir, I am glad to be here for this interview. Firstly, I would like to thank you for giving me the opportunity to introduce myself. My name is Febri. I am 25 years old. I am seeking an opportunity to work with Motul Motors in Sales. My professional experience and my awareness of your well-known reputation have led me to want to work for your company. I have a bachelor’s degree with a major in the Mechanical and Electrical field. Graduated from Springfield University in 2002. Over the past three years, I have worked with Michelin, Ltd as Sales who responsible for the marketing activities. During this period, I have learned so much about the values of teamwork and commitment, how to win, how to work hard, how to concentrate and focus on goals, and how to balance my time and priorities. Additional experience in other fields such as an internship in a factory and commercial negotiation can increase my value to your company. I enjoy thinking, learning, and working. I am able to bear work pressure. In my free time, I often participate in a lot of activities, such as table tennis, badminton, which can help me regulate my personal state. I am expecting to become your colleague someday. Thank you.

Terjemahan Indonesia:
Selamat pagi Pak, saya senang berada di sini untuk wawancara ini. Pertama, saya ingin mengucapkan terima kasih karena telah memberi saya kesempatan untuk memperkenalkan diri. Nama saya Febri. Saya berumur 25 tahun. Saya mencari kesempatan untuk bekerja dengan Motul Motors di bagian Penjualan. Pengalaman profesional saya dan kesadaran saya akan reputasi Anda yang terkenal telah membuat saya ingin bekerja untuk perusahaan Anda. Saya memiliki gelar sarjana dengan jurusan Mekanikal dan Elektrikal. Lulus dari Universitas Springfield pada tahun 2002. Selama tiga tahun terakhir, saya telah bekerja dengan Michelin, Ltd sebagai Sales yang bertanggung jawab atas aktivitas pemasaran. Selama periode ini, saya telah belajar banyak tentang nilai-nilai kerja tim dan komitmen, bagaimana menang, bagaimana bekerja keras, bagaimana berkonsentrasi dan fokus pada tujuan, dan bagaimana menyeimbangkan waktu dan prioritas saya. Pengalaman tambahan di bidang lain seperti magang di pabrik dan negosiasi komersial dapat meningkatkan nilai saya bagi perusahaan Anda. Saya menikmati berpikir, belajar, dan bekerja. Saya mampu menahan tekanan kerja. Di waktu senggang, saya sering mengikuti banyak kegiatan, seperti tenis meja, bulu tangkis, yang dapat membantu saya mengatur keadaan pribadi saya. Saya berharap untuk menjadi rekan Anda suatu hari nanti. Terima kasih.

Kira-kira itulah beberapa tips dan juga contoh perkenalan dalam bahasa Inggris saat interview kerja. Semua bisa dihafal dan dilakukan. Namun, yang harus diingat, untuk melakukannya dengan baik, semua butuh ketenangan. Jadi, tenanglah.

Semoga artikel tentang Perkenalan dalam Bahasa Inggris saat interview ini dapat berguna dan membantu kamu yang akan melakukan interview kerja ya. Mau belajar bahasa inggris online? Di Cakap aja. Kamu bisa ikut trial class gratis.

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks