Contoh Body Email Lamaran Kerja dalam Bahasa Inggris

contoh body email lamaran kerja

Lamaran kerja kini sudah serba digital, dimulai dari iklan lowongan kerja hingga mengirimkan surat lamaran kerja kepada perekrut. Namun banyak orang mengalami suatu kendala ketika hendak mengirimkan lamaran kerja kepada perekrut.

Kendala tersebut adalah body email lamaran kerja, terutama jika menggunakan bahasa Inggris. Oleh karena itu simak tips dan contoh body email lamaran kerja biar kamu engga bingung lagi isi apa!

Tips Menulis Body Email Lamaran Kerja

source: giphy.com

Selain memperhatikan subject email, isi dari body email juga perlu diperhatikan. Body email yang singkat dan jelas dapat menarik perhatian perekrut. Berikut tips menulis body email lamaran kerja:

Bagian Pembuka

Bagian pembuka adalah bagian dimana kamu menuliskan kepada siapa email lamaran kerja dikirimkan. Biasanya dalam iklan lowongan kerja tidak dituliskan details dari nama penerima email, maka dari itu kamu bisa menuliskan secara general seperti untuk HRD serta menyertakan nama perusahaan. Namun, kamu bisa menyertakan nama dan posisi jika kamu mengetahuinya. 

Paragraf Pertama

Pada paragraf pertama, hal pertama yang perlu ditulis yaitu ucapan terimakasih karena telah menyempatkan waktu untuk membaca email lamaran kerjamu. 

Kemudian hal berikutnya adalah menuliskan nama dan maksud dari email yang kamu kirim. Namun banyak yang lupa untuk memperkenalkan nama, maka dari itu pastikan kamu menulis namamu serta sematkan pula latar belakang pendidikanmu.

Setelah itu kamu bisa mulai jabarkan maksud dari emailmu. Kamu dapat menulis posisi yang kamu lamar sesuai dengan lowongan perusahaan. Jelaskan pula dimana kamu melihat lowongan tersebut.

Paragraf Kedua

Paragraf kedua dapat dibilang sebagai isi dari keseluruhan email. Pada paragraf ini, kamu wajib menjelaskan alasanmu melamar posisi tersebut. Apa yang membuatmu tertarik dan apa yang dapat kamu tawarkan kepada perusahaan tersebut.

Yakinkan perekrut dengan pengalaman yang kamu miliki seperti pengalaman kerja, pengalaman organisasi, dan prestasi. Promosikan dirimu dengan baik dan tidak bertele-tele agar perekrut tertarik denganmu.

Agar lebih mudah ketika menjelaskan pengalaman kerja, kamu dapat memilah dari CV yang telah kamu buat. Namun jangan disalin melainkan dibuat lebih ringkas atau sederhana.

Paragraf Ketiga

Setelah mempromosikan dirimu, jangan lupa untuk menutupnya dengan ucapan terimakasih. Kamu juga bisa menjelaskan bahwa hal yang lebih detail tentangmu telah tertera dalam CV.

Bagian Penutup

Ketika materi pelajaran bahasa Indonesia, kita pernah diajari untuk menuliskan “Hormat Kami” di bagian penutup surat atau pengumuman. Nah, hal ini kamu terapkan pula dalam body email lamaran kerja. Jangan lupa untuk menyertakan namamu di bawah salam penutup yang telah kamu buat.

Baca Juga: Cara Perkenalan dalam Interview Bahasa Inggris

Contoh Body Email Lamaran Kerja

source: giphy.com

Sebagian perekrut ada yang lebih tertarik dengan kandidat yang mengirimkan email lamaran kerja menggunakan bahasa Inggris. Namun ada juga yang tidak. Oleh karena itu berikut ini contoh body email lamaran kerja bahasa Inggris dan bahasa Indonesia:

Contoh Body Email Lamaran Kerja untuk Experienced Employees

Bahasa Indonesia
Kepada HRD PT Cerdas Digital Nusantara (Cakap),

Terimakasih telah menyempatkan waktunya. Perkenalkan nama saya Indah Kartika Dewi, Sarjana Manajemen Komunikasi Universitas Padjajaran. Saya melihat lowongan di https://cakap.com/career/ dan tertarik untuk melamar posisi Marketing Communication di perusahaan anda.

Saya memiliki beberapa pengalaman sebagai Marketing Communication di berbagai industri seperti tekstil, makanan, dan otomotif. Dalam pengelaman sebelumnya di PT Audra Motor Indonesia, saya bertanggung jawab untuk menjalin kerjasama dengan berbagai sektor serta menjalankan event promosi di berbagai pameran otomotif di Indonesia. Dengan pengalaman tersebut saya yakin dapat memberikan kontribusi terbaik untuk Cakap.

Ada penjelasan lebih tentang diri saya di CV yang telah saya lampirkan dalam email ini. Terimakasih.

Hormat saya,
Indah Kartika Dewi

English
Dear Human Resource Manager of PT Cerdas Digital Nusantara (Cakap),

Thank you for setting aside your time to read this email. My name is Indah Kartika Dewi, Bachelor’s Degree in Communication Management from Universitas Padjajaran. I saw the vacancy at https://cakap.com/career/ and I am interested to apply for a Marketing Communication position at your company.

I have several experiences as Marketing Communication in various industries such as textiles, food, and automotive. My previous experience was at PT Audra Motor Indonesia,  I am responsible for collaborating with various sectors as well as running promotional events at various automotive exhibitions in Indonesia. With this experience, I am sure that I can give my best contribution to Cakap.

There is more depth of me on my CV that I have attached to this email. Thank you. Have a great day.

Best Regards,
Indah Kartika Dewi

Contoh Body Email Lamaran Kerja untuk Fresh Graduate

Bahasa Indonesia
Kepada HRD PT Cerdas Digital Nusantara (Cakap),

Terimakasih telah menyempatkan waktunya. Perkenalkan nama saya Dimas Setyo Wicaksono, Sarjana Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia. Saya melihat lowongan di https://cakap.com/career/ dan tertarik untuk melamar posisi Copywriter di perusahaan anda.

Semasa kuliah saya aktif berpartisipasi dalam kegiatan kemahasiswaan seperti lomba, kepanitiaan, dan organisasi. Selain itu, saya juga mengikuti program magang di PT Marius Digital Indonesia sebagai Copywriter Intern. Saya bertanggung jawab untuk membuat artikel dan copy di sosial media miliki PT Marius Digital Indonesia.

Meskipun saya belum memiliki pengalaman yang lebih, saya telah menambah pengetahuan saya dengan mengikuti online training course. Oleh karena itu saya yakin dapat memberikan kontribusi terbaik untuk Cakap.

Ada penjelasan lebih lengkap mengenai diri saya di CV dan Portfolio yang telah saya lampirkan dalam email ini. Terimakasih.

Hormat saya,
Dimas Setyo Wicaksono

English
Dear Human Resources Manager of PT Cerdas Digital Nusantara (Cakap),

Thank you for setting aside your time to read this email. My name is Dimas Setyo Wicaksono, a Fresh Graduate of Communication Science from Universitas Indonesia. I saw the vacancy at https://cakap.com/career/ and I am interested to apply for a Copywriter position at your company

During college, I actively participated in student activities such as competitions, committees, and organizations. Apart from that, I also took part in an internship program at PT Marius Digital Indonesia as an Intern Copywriter. I am responsible for making articles and copies on social media owned by PT Marius Digital Indonesia.

Even though I don’t have more experience yet, I have increased my knowledge by taking online training courses. Therefore, I believe I can give the best contribution to Cakap.

There is more depth of me on my CV and Portfolio that I have attached to this email. Thank you. Have a great day.

Best Regards,
Dimas Setyo Wicaksono

Selain memperhatikan isi dari body email, kamu juga harus memperhatikan jam atau waktu kamu mengirimkan email tersebut. Pilih waktu yang tepat yaitu mulai pukul 9 pagi hingga pukul 3 sore.

Alamat email yang kamu gunakan juga harus professional dan formal. Jangan gunakan alamat email yang menggunakan nama annonymous karena sebagian perekrut menganggap hal tersebut tidak sopan.

Persiapkan pula dirimu untuk inteview sehingga tidak kelabakan ketika mendapat panggilan wawancara. Pelajari pertanyaan interview bahasa Inggris agar tidak gugup ketika proses wawancara.

Fasih bahasa Inggris merupakan poin penting dalam proses rekrutmen saat ini. Banyak perusahaan yang mencari kandidat dengan kemampuan tersebut. Kamu bisa mengasahnya di Cakap English Club dimana kamu bisa ngobrol dengan bahasa Inggris setiap harinya lewat topik seru.

Baca Juga: Tips Lancar Interview Online Biar Gak Gelagapan!

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google