Contoh Motivation Letter Bahasa Inggris serta Struktur & Cara Buat

motivation letter

Apakah kamu sedang mencari contoh motivation letter untuk keperluan studi, kerja, ataupun mendaftar beasiswa? Jangan salah, motivation letter adalah hal yang berbeda dari cover letter, lho! Sudah tahu?

Bagi beberapa orang mungkin merasa bahwa struktur motivation letter terlalu abstrak sehingga bingung harus mulai dari mana untuk membuatnya. Nah kalau kamu salah satunya, tak perlu khawatir, pahami panduan selengkapnya di sini!

Table of Contents

Apa itu Motivation Letter?

Motivation letter adalah jenis surat yang bercerita tentang dirimu. Maksudnya, kamu berhak menulis tentang prestasi, organisasi yang diikuti, serta potensimu terhadap bidang tertentu.

Nantinya, institusi pendidikan yang dituju akan mempertimbangan layak atau tidaknya kamu untuk diterima sebagai kandidat beasiswa atau program lainnya.

Sama halnya dengan presentasi bahasa inggris, kamu juga harus pede, terutama dalam menulis motivation letter. Sebisa mungkin kamu mempromosikan dirimu dengan cara yang unik.

Walau berusaha untuk jadi semenarik mungkin, jangan lupain soal grammar dan typo ya. Kesalahan kecil yang sering terjadi itu patut diperhatikan. Misalnya penggunaan preposisi in, on, at.

Tujuan dan Fungsi Motivation Letter

Sesuai definisinya, motivation letter adalah sebuah esai yang bertujuan untuk meyakinkan suatu lembaga bahwa kamu layak untuk terlibat dalam program mereka.

Secara umum, tujuan dan fungsi motivation letter adalah untuk menunjukkan latar belakang pendidikan, pengalaman, motivasi, cita-cita, serta kelebihan yang kamu miliki.

Dengan motivation letter, recruiter bisa mengenal pelamar lebih dalam sehingga dapat mengetahui kandidat mana yang paling cocok untuk sebuah posisi.

Perbedaan Cover Letter dan Motivation Letter

Secara garis besar, perbedaan cover letter dan motivation letter adalah sebagai berikut.

Motivation Letter

Cover Letter

Berisi tentang minat serta alasan kandidat dalam mendaftarkan diri atau melamar posisi tersebut

Berisi tentang keahlian dan pengalaman kerja kandidat sesuai dengan posisi yang dilamar

Cocok bagi pelamar yang belum memiliki pengalaman atau fresh graduate

Cocok bagi pelamar yang sudah memiliki pengalaman kerja sebelumnya

Umumnya menjadi syarat untuk mendaftar organisasi, program beasiswa, internship, atau volunteer

Umumnya menjadi syarat untuk mendaftar kerja

Struktur Motivation Letter

Apa aja sih yang perlu ditulis dalam motivation letter? Berikut struktur penyusunan motivation letter yang perlu kamu perhatikan.

Pembuka

Setelah judul, kamu mesti memperkenalkan diri disertai dengan tujuanmu menulis motivation letter. Kamu bisa bercerita sedikit tentang kegiatan yang pernah dilakukan, terutama berkaitan dengan program atau beasiswa kuliah di luar negeri yang diajukan. Selain itu, alasan ketertarikanmu menulis motivation letter juga bisa diselipkan.

Isi

Isi dapat terbagi menjadi dua paragraf. Yang pertama ini saatnya kamu menceritakan prestasi dan pengalaman seputar potensimu. Lalu, tulis juga kelebihanmu seperti skill berkomunikasi ataupun berbahasa asing. Yuk, express yourself here!

Paragraf kedua dari isi surat berisi pengetahuanmu soal sekolah atau universitas yang dituju. Tunjukkan bahwa kamu telah browsing program yang diinginkan supaya pihak seleksi tahu seberapa yakinnya kamu untuk mengembangkan potensimu lewat program mereka.

Penutup

Saatnya kamu singgung soal tahap wawancara. Yakinkan pihak penyelenggara program untuk mengundangmu wawancara sebagai bagian dari proses seleksi. Jangan lupa untuk menulis nama dan kontakmu!

Ini Cara Lancar Berbahasa Inggris dari Rumah!

Cara Membuat Motivation Letter

Sampai di sini, mungkin kamu sudah penasaran bagaimana cara membuat motivation letter yang baik dan benar. Langsung saja, simak beberapa langkahnya berikut ini.

1. Fokus pada Hal Penting

Saking abstraknya, mungkin kamu jadi terdorong untuk menuliskan banyak hal dalam motivation letter. Nah sebelum esaimu jadi terlalu panjang, pastikan untuk menyiapkan poin-poin penting yang memang ingin kamu sampaikan terlebih dahulu sebelum menulisnya.

Di samping itu, kamu juga bisa menekankan pada satu isu yang memang sedang berkembang di program atau posisi tersebut.

2. Ketahui Organisasi atau Perusahaan yang Dilamar

Perlu diingat, motivation letter sebaiknya tidak seluruhnya membahas tentang dirimu saja. Sebaliknya, coba sebutkan beberapa kriteria organisasi atau perusahaan tersebut dan coba sambungkan dengan dirimu.

Maka dari itu, coba kenali dengan baik bagaimana visi misi dan karakteristik mereka. Dengan ini, kamu juga akan mendapat penilaian plus dari recruiter, lho!

3. Sertakan Bukti Pendukung

Mengingat contoh motivation letter akan banyak menunjukkan berbagai hal positif dari dalam dirimu, pastikan juga untuk menyertakan bukti pendukung yang dapat memvalidasi pernyataanmu.

Misalnya, daripada mengatakan “Saya telah lulus dari program studi ABC”, lebih baik jika kamu menulis “Saya berhasil menyelesaikan studi saya dengan IPK tinggi dengan tepat waktu serta aktif dalam berbagai kegiatan organisasi dan kepanitiaan”.

4. Baca Kembali

Selanjutnya, jika kamu telah selesai menulis motivation letter, jangan lupa untuk membacanya kembali dari awal, ya. Hal ini penting untuk menghindari kesalahan penulisan yang mungkin terjadi.

Selain itu, kamu juga bisa tahu bagian mana saja yang kira-kira perlu diperbaiki kembali atau ditambahkan.

Contoh Motivation Letter

Contoh Motivation Letter Bahasa Inggris – 1 

Dear Sir/Madam,

I am Sisca, a graduated student from Atlas University at Jakarta, with a Bachelor’s degree in English Education. The purpose of this motivation letter is to apply for the Beth University 2022 Education Training program. Since I graduated, I have been teaching English to high school students in one of the tuition centers In Jakarta.

Atlas university has prepared me for a professional working life. It has also helped me develop both my English and teaching skills through training and internship. My first internship was at ‘English is Fun!’ tuition center located in Jakarta. I am confident to mention that I have improved my skills including understanding how students could learn English based on their interests. That way, I was dedicated as one of the best interns due to my unique teaching method. Besides, I am used to taking extra tasks in private teaching and communicating with people.

For me, the 2022 Education Training program is an interesting journey that will also be helping my skills to be enhanced. Since I am an English enthusiast myself, I am certain that this program will bring a positive impact on my achievements and experiences. Hence, I am willing to undertake any challenges offered by the program later on. 

 Thank you for reviewing my motivation letter. I will assert my personal information for you to arrange an interview session. Please kindly contact me if you find me a suitable candidate for the program. I look forward to hearing further notice.

Best regards,
Sisca

Jakarta, sisca123@yahoo.com

Contoh Motivation Letter Bahasa Inggris – 2 

Dear Sir/Madam,

By this motivation letter, I am applying for the Petra University 2022 scholarship program. My name is Adi, I have graduated from State University at Bandung with a Bachelor’s degree in International Relations. I have also been in an internship program at British Embassy Jakarta for three months.

State University has prepared myself for a professional working life, including how I could develop my speaking and language skills during the internship. I am not only speaking English, but also Mandarin language as well. I am used to doing public speaking and presentations in front of important people who attended international seminars at the British Embassy.

As I have been reading about Petra University 2022 scholarship program, I am certain that it will help me improve my skills, especially in speaking and maintaining good relations with people. Besides the exciting experience, I am confident that I can undertake any challenges offered by this program further on.

Thank you for reviewing my motivation letter. If you find me a suitable candidate for the program, I will kindly await an interview invitation. Here is my personal information that will help you contact me anytime.

Best regards,
Adi

Bandung, Adi321@gmail.com

Genjot Skor TOEFL-mu dengan Kursus Bahasa Inggris di Cakap

Contoh Motivation Letter Bahasa Inggris – 3

Contoh Motivation Letter dalam Bahasa Inggris

Itu dia contoh motivation letter ketika ingin mendaftarkan diri sebagai kandidat beasiswa atau program di universitas. Intinya, perhatikan banget nih soal bagian-bagiannya seperti pembuka, isi, dan penutup. Lalu, tinggal susun deh kalimatnya!

Perbanyak kosakata bahasa Inggris yuk supaya mahir membentuk kalimat, terutama buat motivation letter. Biar lebih praktis, kamu bisa daftar kelas Bahasa Inggris di Cakap. Di sana, kamu akan diajar sama tutor profesional secara LIVE sehingga materi lebih mudah diserap dan kamu lebih percaya diri ngomong pakai bahasa Inggris. 

Kamu juga bisa mengikuti program persiapan kuliah di luar negeri yang ada di Cakap. Tersedia berbagai pilihan negara dan konsultasi bersama ahli sebelum memilih kampus yang kamu inginkan.

Baca Juga:

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat