Pengertian dan Contoh Motivation Letter untuk Beasiswa

motivation letter

Motivation letter adalah jenis surat yang bercerita tentang dirimu. Maksudnya, kamu berhak menulis tentang prestasi, organisasi yang diikuti, serta potensimu terhadap bidang tertentu. Nantinya, institusi pendidikan yang dituju akan mempertimbangan layak atau tidaknya kamu untuk diterima sebagai kandidat beasiswa atau program lainnya.

Sama halnya dengan presentasi bahasa inggris, kamu juga harus pede, terutama dalam menulis motivation letter. Sebisa mungkin kamu mempromosikan dirimu dengan cara yang unik. Tapi, walau berusaha untuk jadi semenarik mungkin, jangan lupain soal grammar dan typo ya. Kesalahan kecil yang sering terjadi itu patut diperhatikan. Misalnya penggunaan preposisi in, on, at.

Nah, apa aja sih isi dari motivation letter? Berikut panduannya.

Pembuka

Setelah judul, kamu mesti memperkenalkan diri disertai dengan tujuanmu menulis motivation letter. Kamu bisa bercerita sedikit tentang kegiatan yang pernah dilakukan, terutama berkaitan dengan program atau beasiswa yang diajukan. Selain itu, alasan ketertarikanmu menulis motivation letter juga bisa diselipkan.

Isi

Isi dapat terbagi menjadi dua paragraf. Yang pertama ini saatnya kamu menceritakan prestasi dan pengalaman seputar potensimu. Lalu, tulis juga kelebihanmu seperti skill berkomunikasi ataupun berbahasa asing. Yuk, express yourself here!

Paragraf kedua dari isi surat berisi pengetahuanmu soal sekolah atau universitas yang dituju. Tunjukkan bahwa kamu telah browsing program yang diinginkan supaya pihak seleksi tahu seberapa yakinnya kamu untuk mengembangkan potensimu lewat program mereka.

Penutup

Saatnya kamu singgung soal tahap wawancara. Yakinkan pihak penyelenggara program untuk mengundangmu wawancara sebagai bagian dari proses seleksi. Jangan lupa untuk menulis nama dan kontakmu!

Udah tahu kan apa yang mesti ditulis dalam motivation letter? Sekarang, coba perhatikan contoh di bawah ini ya biar makin paham.

Berikut ini ada dua jenis contoh motivation letter yang bisa kamu aplikasikan ketika nanti akan mengajukan beasiswa atau program yang berkaitan dengan karir kamu:

Contoh Teks Motivation Letter 1

Dear Sir/Madam,

I am Sisca, a graduated student from Atlas University at Jakarta, with a Bachelor’s degree in English Education. The purpose of this motivation letter is to apply for the Beth University 2020 Education Training program. Since I graduated, I have been teaching English to high school students in one of the tuition centers In Jakarta.

Atlas university has prepared me for a professional working life. It has also helped me develop both my English and teaching skills through training and internship. My first internship was at ‘English is Fun!’ tuition center located in Jakarta. I am confident to mention that I have improved my skills including understanding how students could learn English based on their interests. That way, I was dedicated as one of the best interns due to my unique teaching method. Besides, I am used to taking extra tasks in private teaching and communicating with people.

 

For me, the 2020 Education Training program is an interesting journey that will also be helping my skills to be enhanced. Since I am an English enthusiast myself, I am certain that this program will bring a positive impact on my achievements and experiences. Hence, I am willing to undertake any challenges offered by the program later on.

Thank you for reviewing my motivation letter. I will assert my personal information for you to arrange an interview session. Please kindly contact me if you find me a suitable candidate for the program. I look forward to hearing further notice.

 

Best regards,

 

Sisca

Jakarta, [email protected]

Contoh Teks Motivation Letter 2

Dear Sir/Madam,

By this motivation letter, I am applying for the Petra University 2020 scholarship program. My name is Adi, I have graduated from State University at Bandung with a Bachelor’s degree in International Relations. I have also been in an internship program at British Embassy Jakarta for three months.

State University has prepared myself for a professional working life, including how I could develop my speaking and language skills during the internship. I am not only speaking English, but also Mandarin language as well. I am used to doing public speaking and presentations in front of important people who attended international seminars at the British Embassy.

As I have been reading about Petra University 2020 scholarship program, I am certain that it will help me improve my skills, especially in speaking and maintaining good relations with people. Besides the exciting experience, I am confident that I can undertake any challenges offered by this program further on.

Thank you for reviewing my motivation letter. If you find me a suitable candidate for the program, I will kindly await an interview invitation. Here is my personal information that will help you contact me anytime.

 

Best regards,

Adi

Bandung, [email protected]

Itu dia contoh motivation letter ketika ingin mendaftarkan diri sebagai kandidat beasiswa atau program di universitas. Intinya, perhatikan banget nih soal bagian-bagiannya seperti pembuka, isi, dan penutup. Lalu, tinggal susun deh kalimatnya!

Perbanyak kosakata bahasa Inggris yuk supaya mahir membentuk kalimat, terutama buat motivation letter. Belajar yang praktis aja lewat aplikasi belajar bahasa. Kamu bisa gabung dengan Cakap untuk meningkatkan skill bahasa Inggrismu lho. Selain diskusi langsung, waktu belajarnya juga bisa kamu tentuin sendiri. Gimana, seru kan?

Baca Juga:

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google