6 Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah, Kamu Pasti Bisa!

beasiswa kuliah di luar negeri

Program beasiswa merupakan bantuan pendidikan yang diberikan kepada pelajar. Sekarang lagi banyak lho program beasiswa yang buka, baik program beasiswa luar negeri maupun dalam negeri. Kamu tertarik buat daftar?

Banyak orang yang tertarik untuk dapetin beasiswa, tapi masih banyak juga yang gak tahu bagaimana sih cara mendapatkan beasiswa kuliah. Kamu salah satunya? Kalau gitu, yuk simak cara mendapatkan beasiswa kuliah di bawah ini!

Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah

Berikut beberapa cara mendapatkan beasiswa kuliah yang perlu kamu ikuti:

1. Cari Informasi Beasiswa

Cara mendapatkan beasiswa kuliah yang pertama adalah mencari informasi terkait lembaga yang sedang membuka pendaftaran. Dengan bantuan internet, kamu gak perlu bingung buat cari informasinya di mana. Tinggal giat-giat googling aja deh!

Selain itu, kamu juga bisa cari informasi dari lingkungan sekitar, baik dari guru, dosen, atau rekan kerja. Jangan bilang kamu belum tahu siapa saja penyelenggara beasiswa? Ada beberapa guys diantaranya:

  • Pemerintah
    Berbagai departemen dan lembaga pemerintah menyediakan program beasiswa yang dibuka untuk umum. Beberapa contoh beasiswa pemerintah seperti LPDP, Beasiswa BAPPENAS, Beasiswa LIPI.
  • Pihak Swasta
    Beasiswa dari pihak swasta ini biasanya disediakan oleh perusahaan-perusahaan besar, seperti Djarum, Tanoto, Astra, dan lain-lain. 
  • Donor Internasional
    Biasanya penyelenggara beasiswa ini adalah negara maju yang bekerjasama dengan negara berkembang dalam bidang pendidikan. Contohnya seperti beasiswa ke Jepang dari Joint Japan World Bank Scholarship Program (JJ/WBGSP).

Baca Juga: Ini 3 Program Beasiswa Jepang yang Bisa Kamu Pilih!

Psst, Ini Cara Mahir Berbahasa Inggris dari Rumah!

2. Pahami Jenis Beasiswa

Setelah kamu mendapatkan informasi beasiswa yang sedang dibuka, sekarang kamu harus memahami jenis beasiswa yang disediakan. Belum tahu apa aja jenis-jenis beasiswa? Berikut jenis-jenis beasiswa:

  • Beasiswa Penghargaan
  • Beasiswa Penelitian
  • Beasiswa Non-akademik
  • Beasiswa Ikatan Dinas

3. Perhatikan Persyaratannya

Cara mendapatkan beasiswa kuliah berikutnya adalah memperhatikan persyaratannya. Kalau kamu mau kuliah ke luar negeri, melampirkan skor TOEFL merupakan syarat paling umum. Kamu bisa ikut simulasi TOEFL online di Cakap untuk meningkatkan skor TOEFL-mu.

Pastikan kamu telah melengkapi seluruh persyaratannya, sebab hal ini jadi kesalahan yang sering dilakukan calon penerima beasiswa. Selain itu, pilihlah program beasiswa yang standarnya bisa kamu capai. Jika sudah melebihi, sebaiknya jangan dicoba.

4. Buatlah CV Beasiswa yang Tepat

Membuat CV beasiswa tidak boleh sembarangan, guys. Kamu harus sesuaikan dengan program beasiswa yang kamu ambil. Contohnya, jika kamu mengambil jenis beasiswa penelitian, tulislah daftar publikasi atau prestasimu di CV. 

Baca Juga:7 Tips Ampuh Membuat CV Beasiswa agar Kamu Lolos

5. Mintalah Surat Rekomendasi

Hal yang tidak kalah penting adalah meminta surat rekomendasi, baik dari dosen maupun atasan kamu. Pastikan jika kamu mencari rekomendasi ini, carilah seseorang yang memiliki kompetensi lebih di bidangnya. 

Memiliki surat rekomendasi dari seseorang yang sudah expert di bidangnya akan membuat lamaran beasiswamu lebih dipertimbangkan. Maka dari itu, segera cari relasimu yang bisa kamu minta.

Ayo Simulasi TOEFL di Aplikasi Cakap, Gratis!

6. Latihan Interview Beasiswa

Cara mendapatkan beasiswa kuliah yang terakhir adalah melatih kemampuan berbicara saat interview beasiswa. Apalagi jika kamu memilih kuliah ke luar negeri, biasanya interview akan menggunakan bahasa Inggris.

Kamu bisa mencari pertanyaan-pertanyaan umum interview beasiswa bahasa Inggris di internet. Dengan begitu, kamu memiliki gambaran dan telah siap jika diberikan pertanyaan tersebut. 

 Baik kuliah di dalam negeri maupun di luar negeri, kamu harus menguasai kemampuan bahasa Inggris. Sebab, kebanyakan informasi di internet tersedia dalam bahasa Inggris. Maka dari itu, memiliki kemampuan bahasa Inggris pasti membantu kamu, seperti saat mengerjakan tugas.

Gak perlu bingung mau belajar bahasa Inggris di mana, sekarang kamu bisa kursus bahasa Inggris online di Cakap. Bersama tutor profesional berpengalaman, kamu bakal makin pede ngomong bahasa Inggris. Yuk, daftar kursus bahasa Inggris di Cakap!

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks