Kuliah di Kanada: Syarat, Cara, Biaya Kuliah, dan Beasiswa

kuliah di kanada
Photo by Jonathan Cooper from Pexels

Apakah ada Sobat Cakap yang berencana untuk kuliah di Kanada? Negara yang satu ini juga termasuk destinasi studi terbaik yang menawarkan pendidikan berkualitas dan kesempatan riset yang terbuka lebar. 

Kanada merupakan negara yang terletak di bagian utara Amerika Serikat dan dikenal sebagai salah satu negara yang ramah terhadap pendatang. Hal ini pun merupakan salah satu faktor yang menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak pelajar Indonesia. 

Bagi Sobat Cakap yang ingin kuliah di Kanda, kali ini Cakap akan merangkumkan beberapa hal yang harus kamu pahami. Mulai dari kenapa harus kuliah di Kanada, syarat masuknya, biaya, hingga tips kuliah di Kanada yang wajib kamu simak sampai habis, ya! 

Table of Contents

Keuntungan Kuliah di Kanada

Hal pertama yang harus kamu perhatikan ketika ingin kuliah ke Kanada tentunya adalah keuntungan nya. Beberapa hal yang dapat kamu jadikan alasan untuk melanjutkan studi ke Negeri Mapel tersebut adalah sebagai berikut: 

1. Salah satu negara di dunia yang aman untuk ditinggali

Kanada dikenal sebagai negara yang kriminalitasnya rendah dan selalu menjadi salah satu negara yang aman untuk ditinggali. Hal ini tentunya harus sangat dipertimbangkan, terutama bagi kita masyarakat Asia yang akan menyeberang benua. 

2. Multikultural dan ramah bagi pendatang

Hal lainnya yang membuat Kanada layak dipertimbangkan adalah karena negara ini sangat ramah terhadap imigran. Hal ini tentunya juga membentuk karakter masyarakat yang multikultural dan terbuka. 

3. Pendidikan berkualitas dengan kesempatan riset yang luas

Tidak hanya aman dan nyaman ditinggali, tentunya Kanada juga menawarkan pendidikan yang berkualitas dengan berbagai pilihan universitas terbaik. Bidang ilmu yang bisa kamu pelajari di negara ini pun terbilang beragam sehingga kamu memiliki banyak pilihan. 

4. Kesempatan kerja bagi pelajar asing

Pelajar asing di Kanada bisa mendapatkan kesempatan bekerja secara part-time selama masa studi. Setelah itu, kamu juga bisa bekerja secara full-time di negara ini setelah kelulusan dengan Post-Graduation Work Permit hingga 3 tahun. 

5. Biaya studi tergolong kompetitif

Dengan kualitas pendidikan yang baik, serta negara dan aman dan nyaman untuk ditinggali, biaya studi di Kanada tergolong kompetitif. Dibandingkan dengan berbagai negara maju lainnya, biaya studi maupun biaya hidup di Kanada relatif terjangkau untuk pelajar internasional. 

syarat kuliah di Kanada
Photo by Vlada Karpovich

Syarat Kuliah di Kanada

Untuk dapat kuliah di Kanada, kamu harus melengkapi beberapa persyaratan yang biasanya akan tergantung dari universitas masing-masing. Meski demikian, ada berapa syarat umum yang harus kamu penuhi, yaitu: 

1. Ijazah SMA dengan kurikulum nasional atau internasional seperti International Baccalaureate (IB) atau A Level dengan nilai tergantung persyaratan universitas. 

2. Kemampuan bahasa Inggris yang dibuktikan dengan TOEFL atau IELTS sesuai ketentuan universitas. Umumnya, minimal skor untuk iBT TOEFL adalah 80 dan untuk IELTS adalah 6.5. 

3. Identitas diri yaitu akta kelahiran dan Paspor serta pas foto 

4. kesanggupan finansial untuk studi dan tinggal di Kanada. Biasanya akan diminta bukti rekening bank atas nama pribadi, laporan transaksi bank selama 4 bulan terakhir, bukti pembayaran kuliah serta akomodasi, dan lain-lain. 

Persyaratan lainnya biasanya terkait dengan universitas dan jurusan yang diambil. Oleh karena itu, kamu perlu mencari tahu di website masing-masing universitasnya, ya!

Cara Mendaftar Kuliah di Kanada

Bagi Sobat Cakap yang ingin berkuliah di Kanada, berikut adalah beberapa cara yang bisa dijadikan panduan. 

1. Tentukan pilihan jurusan dan universitas

Pilihan universitas dan jurusan akan sangat berkaitan dengan proses pendaftaran studi di Kanada. Selain itu, kamu juga harus mempertimbangkan minat, bakat, serta hal yang ingin kamu kerjakan setelah lulus kuliah. 

2. Cari tahu berbagai informasi terkait keduanya

Setelah menentukan beberapa opsi jurusan dan universitas, kamu bisa mulai melakukan riset terkait persyaratan masuk dan pendaftarannya. Jika kamu merasa kesulitan kamu juga bisa mendapatkan informasinya dari penyedia layanan pendidikan ke luar negeri. 

3. Pahami alur pendaftaran kuliah di Kanada

Perlu diketahui bahwa Kanada tidak memiliki sistem pendaftaran terpusat seperti di Indonesia, maupun negara-negara lainnya. Pendaftaran universitas akan diatur oleh daerah atau diatur secara langsung oleh universitas masing-masing. 

biaya kuliah di kanada
Photo by Mikhail Nilov

Biaya Kuliah, Biaya Hidup, dan Beasiswa

Hal selanjutnya yang tentunya sangat ingin kamu ketahui adalah terkait biaya, baik itu biaya kuliah, biaya hidup, maupun beasiswa di Kanada. 

Biaya Kuliah di Kanada

Biaya pendidikan di Kanada untuk pelajar internasional umumnya berkisar antara C$20,000 hingga C$30,000 untuk satu tahun ajaran atau sekitar Rp233.880.000-Rp350.820.000. Biaya ini tentunya akan bergantung dengan universitas dan juga program studi yang kamu ambil. 

Biaya Hidup di Kanada

Sementara itu, biaya hidup di Kanada sendiri berkisar antara C$15,000-18,000 per tahun atau sekitar Rp175.400.000-210.490.000. Biaya ini juga akan sangat tergantung dengan gaya hidup pribadi serta kota tempat kamu tinggal dan melanjutkan studi. 

Beasiswa kuliah di Kanada

Bagi pelajar Indonesia, beasiswa untuk kuliah di Kanada bisa kamu dapatkan dengan cara mendaftar program pemerintah seperti LPDP. Selain itu, banyak juga universitas di Kanada yang menyediakan beasiswa untuk pelajar internasional sampai dengan C$70,000 hingga lulus. 

Nah, demikianlah beberapa hal yang wajib kamu ketahui jika kamu berencana untuk melanjutkan kuliah di Kanada. Semoga bisa memberimu informasi yang kamu butuhkan untuk rencana studimu, ya! 

Selain itu, kamu juga bisa mendiskusikan rencanamu untuk kuliah di Kanada dengan Cakap Study Abroad. Selain mendiskusikan rencana studi, kamu juga bisa mempersiapkan kemampuan bahasa Inggris seperti IELTS dan TOEFL, lho. Yuk, konsultasi dengan Cakap! #SiapaCakapDiaDapat

Referensi: 

  • kuliahdiluarnegeri.co.id
  • www.universitystudy.ca
  • https://www.educanada.ca
  • idp.com
  • www.hotcourses.co.id

Baca juga: 

Hilda
Lulusan Sastra Jepang dengan 4 tahun pengalaman menulis kreatif, terutama di bidang edukasi. Senang mencari tahu dan menjelaskannya kembali lewat tulisan.