Beasiswa LPDP: Jenis, Syarat, Biaya Tertanggung, & Jadwal Terbaru

beasiswa-lpdp

Di Indonesia, beasiswa LPDP menjadi salah satu beasiswa populer dan paling terkenal. Beasiswa ini diincar oleh ribuan mahasiswa setiap tahunnya. Tidak hanya tersedia beasiswa untuk kuliah di kampus dalam negeri, beasiswa LPDP juga memungkinkanmu untuk meraih impian kuliah di luar negeri.

Cari tahu selengkapnya apa itu beasiswa LPDP, syarat, jenis-jenisnya, hingga jadwal pendaftarannya! Jangan sampai kelewatan karena pendaftaran gelomban kedua akan segera dibuka!

Table of Contents

Apa Itu Beasiswa LPDP?

Penting bagi para calon peserta beasiswa LPDP untuk mengetahui apa itu beasiswa LPDP secara menyeluruh dan jelas. 

LPDP sendiri merupakan singkatan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan. Beasiswa LPDP adalah beasiswa yang dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia melalui pemanfaatan DPPN untuk membiayai studi lanjutan pascasarjana program Magister dan Doktoral di universitas-universitas terbaik di luar negeri, maupun dalam negeri.

Sasaran utama beasiswa ini adalah Warga Negara Indonesia yang berminat melanjutkan program studinya dan bersedia untuk memberikan kontribusi pascastudi untuk kemajuan Indonesia.

Perlu kamu ketahui juga bahwa pemerintah Indonesia juga menyediakan beasiswa untuk warga negara asing yang ingin kuliah di Indonesia lho namanya Darmasiswa Scholarship.

Jenis-Jenis Beasiswa LPDP

Beasiswa LPDP dibagi menjadi 3 kategori, yaitu;

(1) Beasiswa Afirmasi

Kategori beasiswa LPDP yang pertama adalah Beasiswa Afirmasi. Beasiswa ini khusus diperuntukkan untuk mereka yang berasal dari daerah afirmasi. Beasiswa ini terdiri dari Beasiswa Berkebutuhan Khusus, Beasiswa Daerah Afirmasi, Beasiswa Prasejahtera, dan Beasiswa Santri. 

(2) Beasiswa Targeted

Beasiswa Targeted diperuntukkan untuk para WNI yang berprofesi sebagai PNS, TNI, dan POLRI yang ingin melanjutkan program studinya.

(3) Beasiswa Regular

Yang terakhir adalah Beasiswa Regular, beasiswa ini adalah beasiswa umum yang biasanya dimanfaatkan mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan program magister dan doktoral di dalam atau pun luar negeri. Beasiswa ini terdiri dari Beasiswa Regular, Beasiswa Co-founding, dan Beasiswa Perguruan Tinggi Utama Dunia (PTUD).

Syarat Apply Beasiswa LPDP

Apa saja sih syarat yang diperlukan jika kamu ingin melamar beasiswa LPDP. Yuk, catat baik-baik! Jangan sampai ada yang ke-skip ya!

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Sudah menamatkan pendidikan di program D4, S1, atau S2 dari perguruan tinggi yang sudah terakreditasi
  • Tidak sedang terdaftar atau menerima beasiswa lain
  • Sedang tidak menempuh studi S2 maupun S3
  • Memilih universitas dan program studi yang sesuai dengan ketentuan 
  • Menyertakan Ijazah dan konversi IPK
  • Mengisi profil pendaftaran dengan lengkap
  • Menulis rencana pasca studi, rencana kontribusi, serta berkomitmen untuk kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan studinya (khusus untuk mereka yang mendaftar beasiswa LPDP luar negeri).
  • Jika kamu ingin mendaftar beasiswa S3, wajib menulis proposal penelitian

LoA Unconditional

Bagi kamu yang mungkin belum tahu, Unconditional Letter of Acceptance atau LoA unconditional adalah sebuah surat yang dikeluarkan oleh perguruan tinggi yang berisi pernyataan bahwa kamu sudah diterima di perguruan tinggi tersebut sebagai calon mahasiswa tanpa syarat lain. Jadi, kamu tidak perlu persyaratan apa pun lagi, kamu hanya perlu membayar tuition fee dan mengikuti masa orientasi saja. 

Informasi yang biasanya tercantum dalam LoA adalah;

  • Program studi yang diambil
  • Masa studi
  • Waktu mulai perkuliahan
  • Informasi mengenai pendaftaran ulang dan pembayaran


Komponen Biaya yang Diberikan oleh Beasiswa LPDP

Jika kamu mendapatkan beasiswa LPDP, kamu akan mendapatkan komponen-komponen sebagai berikut;

(1) Biaya Pendidikan

Biaya pendidikan adalah biaya yang sudah pasti ditanggung oleh beasiswa ini. Adapun hal-hal yang mencakup biaya pendidikan adalah sebagai berikut; biaya pendaftaran, tuition fee (SPP), tunjangan buku, biaya penelitian, biaya seminar, dan biaya publikasi jurnal.

(2) Biaya Pendukung

Untuk biaya pendukung, kamu akan mendapatkan komponen-komponen, seperti biaya transportasi, biaya aplikasi visa, biaya hidup bulanan, biaya kedatangan, asuransi kesehatan, dan biaya keadaan darurat (hanya jika diperlukan).

(3) Tunjangan Keluarga

Latest ada tunjangan keluarga. Komponen ini hanya diberikan bagi mereka yang mengambil beasiswa LPDP program doktor atau S3. Tunjangan keluarga diberikan pada keluarga pendamping yang menemani penerima beasiswa LPDP selama masa studi berlangsung.

Jadwal Pendaftaran Beasiswa LPDP 

Beasiswa LPDP membuka 2 gelombang pendaftaran dalam setiap tahunnya. Di tahun 2023 ini, gelombang pertama atau phase 1 dibuka serentak pada bulan Januari 2023. Pendaftaran gelombang satu sudah resmi ditutup pada 25 Februari Lalu.

Sedangkan pendaftaran gelombang dua atau phase 2 baru akan dibuka pada 9 Juni 2023 mendatang. Pendaftaran beasiswa LPDP gelombang kedua ini akan ditutup pada 9 Juli 2023. So, kamu punya waktu kurang lebih satu bulan untuk mempersiapkan persyaratan beasiswa mulai dari sekarang.

Tips Jitu agar Diterima Beasiswa LPDP

Sebelum mulai mengikuti rangkaian pendaftaran beasiswa LPDP, yuk simak tips dan cara mendapatkan beasiswa berikut agar peluang kalian diterima beasiswa LPDP lebih besar;

(1) Rajin Mencari Informasi Seputar Beasiswa LPDP

Kalau kamu nggak rajin mencari informasi, dari mana kamu akan tahu seluk beluk beasiswa LPDP? Maka dari itu, tips ini wajib banget jadi hal pertama yang harus kamu perhatikan. Kamu bisa mencari informasi dari berbagai sumber, baik melalui website resmi LPDP Kemenkeu maupun informasi dari teman atau orang yang sudah pernah mengikuti dan menerima beasiswa LPDP.

(2) Penuhi Semua Persyaratan

Tips kedua adalah memenuhi satu persatu syarat yang harus kamu miliki ketika akan mendaftar beasiswa LPDP. Mengenai syarat-syarat beasiswa LPDP, sudah ada list jelasnya di atas. So, kamu bisa recheck lagi dan pastikan nggak ada yang terlewat, ya!

(3) Buat Rencana Studi Terbaik

Beasiswa LPDP ditujukan untuk mereka yang memiliki pemikiran visioner dan tujuan yang jelas. Maka dari itu kamu perlu membuat rencana studi terbaik versimu, cantumkan rencana studi, seperti jurusan, modul, serta riset yang akan kamu ambil nantinya.

Di samping menyiapkan rencana studi, kamu juga perlu membuat sebuah essay yang berisi tentang dirimu. Di essay ini, kamu harus menonjolkan nilai atau USP yang kamu miliki. Artinya, kamu bisa menunjukkan kekuatan atau kelebihan diri, meskipun demikian buatlah essay yang jujur.

Selengkapnya, pelajari apa saja yang perlu kamu lakukan untuk persiapan kuliah di luar negeri di Cakap Study Abroad, Program Kuliah di Luar Negeri

(4) Buat Akun Pendaftaran

Jika kamu mempraktikan tips keempat, tandanya kamu sudah selangkah lebih dekat menuju pendaftaran beasiswa LPDP yang sesungguhnya. Kamu bisa membuat akun pendaftaran pada website LPDP. Isilah satu persatu kolom yang tersedia pada website pendaftaran dengan benar dan teliti. Kamu akan diarahkan untuk mengisi beberapa hal, seperti nama sekolah, pengalaman kerja, prestasi, penelitian, atau penghargaan yang pernah dimiliki.

Nah, demikianlah beberapa informasi penting seputar beasiswa LPDP. Ketika kamu sudah memahami apa itu beasiswa LPDP, syarat-syarat yang diperlukan, hingga jadwal pendaftaran, maka langkah selanjutnya adalah mempersiapkan hal-hal yang dibutuhkan secara lebih matang mulai dari sekarang!

Referensi:
-lpdp.kemenkeu.go.id
-idp.com

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.