7 Tips Ampuh Membuat CV Beasiswa agar Kamu Lolos

cv beasiswa

Setiap program beasiswa pastinya memiliki kriteria dan syaratnya masing-masing. Namun, satu yang pasti adalah melampirkan CV atau riwayat pribadi. CV merupakan dokumen di mana kamu menjelaskan siapa kamu dan apa saja pengalamanmu.

Nah, CV beasiswa dan CV pekerjaan itu dua hal yang berbeda lho. Kalau CV pekerjaan lebih mengutamakan pengalaman kerja, kalau CV beasiswa mengutamakan pengalaman riset, daftar publikasi, dsb. Biar lebih jelas, yuk simak tips membuat CV beasiswa di bawah ini!

Tips Membuat CV Beasiswa

source: giphy.com

Tulis dalam Bahasa Inggris

Menulis CV beasiswa dalam bahasa Inggris akan memberimu nilai lebih dari reviewer. Tapi, gunakan kosakata-kosakata yang memang kamu kuasai ya. Sebab, jika kamu pakai kosakata yang terlalu formal, ekspektasi reviewer semakin tinggi pada kemampuan bahasa Inggrismu.

Bukan maksudnya melarangmu untuk menggunakan kamus bahasa Inggris ketika proses menyusun CV beasiswa, tapi kamu juga harus mengetahui apa artinya dan tidak asal menerjemahkan. 

Baca Juga:Pengertian & Contoh Motivation Letter Beasiswa

Tulis Deskripsi Diri yang Singkat

Biasanya setelah biodata diri, kamu harus menulis deskripsi diri. Dalam bagian ini, kamu mengenalkan dirimu secara singkat mulai dari kemampuan, keunggulan, dan hobi. Jangan tulis apa yang sudah ada di biodata diri ya, guys!

Ketika menjelaskan kemampuan dan keunggulan, kamu juga perlu menyesuaikan dengan program beasiswa yang kamu ambil. Jika program beasiswa dari institusi yang mengedepankan riset, maka jelaskan kemampuanmu dalam menganalisa, dsb.

Jika beasiswa ini untuk program kepemimpinan, maka jelaskan kemampuanmu dalam berorganisasi, mendelegasikan tugas, dsb. Jadi intinya, kamu harus cari tahu apa nilai yang dijunjung dalam program beasiswa tersebut.

Genjot Skor TOEFL dengan Kursus Bahasa Inggris di Cakap

Tulis Riwayat Pendidikan Paling Terbaru

Meskipun TK, SD, SMP merupakan riwayat pendidikanmu, kamu tidak perlu menuliskannya di CV beasiswa. Cukup cantumkan SMA dan universitas saja. Jangan lupa cantumkan kapan tahun masuk dan lulus.

Tuliskan Pengalaman yang Sesuai

Sama seperti deskripsi, kamu harus menyesuaikan dengan program beasiswa yang kamu ambil ketika menulis pengalaman. Jika program beasiswa yang kamu pilih mengedepankan riset, maka jabarkan prestasi-prestasimu, daftar publikasi, dan/atau karya ilmiah yang kamu buat.

Jika program beasiswa yang kamu pilih mengedepankan kepemimpinan, maka jabarkan pengalaman kerjamu, pengalaman organisasi, dan/atau prestasi-prestasi yang kamu raih selama kuliah atau kerja. 

Gunakan Satu Font untuk Keseluruhan CV

Dalam membuat CV beasiswa, font atau jenis huruf perlu kamu perhatikan. Gunakan satu jenis font yang standard dan mudah dibaca untuk keseluruhan CV beasiswa milikmu. Bingung pakai font apa? Kamu bisa gunakan jenis font Arial, Helvetica, atau Times New Roman.

Gunakan Foto yang Formal

Jangan pakai foto selfie apalagi foto si doi. Pastikan kamu mencantumkan foto yang mengenakan pakaian formal di CV beasiswa milikmu. Tidak harus seperti pas foto, kamu bisa berpose santai namun tetap terlihat profesional.

Perhatikan Format CV yang Dipakai

Untuk format CV, kamu tidak perlu menggunakan format CV dengan desain yang unik atau menarik. Gunakan format CV dengan desain yang standar dan mudah dibaca. Tapi, kalau kamu melamar beasiswa sebagai seniman atau sejenisnya, gunakanlah kreativitasmu.

Itu dia tips membuat CV beasiswa. Agar kamu bisa tembus program beasiswa, masih banyak yang perlu kamu persiapkan. Salah satunya yaitu kemampuan berbahasa Inggris yang pasti dibutuhkan kalau kamu ingin berkuliah di luar negeri.

Tenang, jangan khawatir. Kamu bisa persiapkan dari sekarang dengan gabung kelas bahasa Inggris di Cakap. Dengan fitur video virtual, kamu bisa belajar bahasa Inggris bareng tutor secara langsung. Jadi, bisa sekalian latih kemampuan berbicara juga. Yuk, daftar sekarang!

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks