Penting! Ini Syarat Kuliah di Luar Negeri Terbaru yang Harus Dipenuhi

syarat-kuliah-di-luar-negeri

Melanjutkan study abroad tentunya memerlukan effort yang cukup besar bagi para pejuangnya. Salah satu hal yang harus dipenuhi dan dilengkapi adalah dokumen dan syarat kuliah di luar negeri. Maka dari itu, jika kamu berencana melanjutkan studi ke negeri orang, wajib hukumnya untuk mencicil dokumen demi dokumen yang dibutuhkan beberapa bulan sebelumnya.

Memangnya perlu syarat apa saja sih untuk bisa berangkat kuliah ke luar negeri? Tanpa panjang lebar lagi, langsung aja yuk cek syarat kuliah di luar negeri berikut dengan minimal syarat TOEFL untuk kuliah di luar negeri! 

Table of Contents

Syarat Kuliah di Luar Negeri

Setidaknya ada 7 syarat kuliah di Luar Negeri yang harus dilengkapi sebelum kamu mulai study abroad. Ketujuh syaratnya ada dalam penjelasan di bawah ini!

(1) Paspor

Paspor menjadi syarat kuliah di luar negeri pertama yang harus kamu lengkapi. Paspor sendiri merupakan surat keterangan yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk seorang warga negara yang mengadakan perjalanan ke luar negeri. Paspor berbentuk seperti buku saku yang di dalamnya termuat informasi tentang identitas pemiliknya. Kalian selalu membutuhkan paspor untuk pergi ke belahan bumi negara lain. 

(2) Visa

Berbeda dengan paspor, visa adalah izin atau persetujuan memasuki negara lain untuk tinggal sementara di negara tersebut. Dalam visa dibutuhkan cap dan paraf yang dibubuhkan oleh pejabat perwakilan negara yang bersangkutan pada paspor pemohon.

Misalnya, kamu ingin melanjutkan kuliah di salah satu kampus yang ada di Skotlandia, maka untuk izin tinggal di sana, kamu membutuhkan dokumen bernama visa. 

(3) Ijazah

Ijazah dan transkrip nilai menjadi syarat kuliah di luar negeri yang harus dilampirkan dalam dokumen pendaftaran. Jika kamu ingin melanjutkan kuliah S1, maka ijazah yang harus dilampirkan adalah ijazah SMA. Jika studi yang diincar adalah S2 di luar negeri, maka ijazah yang dilampirkan adalah ijazah S1, dst. 

Karena ijazah terakhirmu masih dalam format bahasa Indonesia, maka kamu perlu mengalih bahasakan ijazahmu ke dalam bahasa Inggris. 

(4) Surat Rekomendasi

Surat rekomendasi biasanya bisa kalian dapat dari fakultas atau universitas tempat kalian mengenyam pendidikan sebelumnya. Surat rekomendasi cukup penting kehadirannya, melalui surat ini kesempatanmu untuk diterima di kampus tujuan akan semakin lebar. Hal tersebut dikarenakan surat rekomendasi memuat info tentang kemampuan dan keterampilanmu selama kuliah di almamater lamamu.

(5) Applicant Form

Saat akan mendaftar kuliah di luar negeri, kamu tentu perlu mengisi formulir lamaran. Proses mengisi applicant form adalah langkah penting yang akan mengantarkanmu semakin dekat dengan tujuan kuliah di kampus luar negeri. Pastikan pada saat mengisi, kamu memasukkan data dan informasi yang benar sebelum submit. 

(6) Motivation Letter

Menyiapkan motivation letter menjadi syarat kuliah di luar negeri yang nggak boleh di-skip. Tulislah surat motivasi kamu mengambil program studi pilihanmu dengan semenarik dan sekreatif mungkin. Sebelum mengirimkan motivation letter, cek ulang grammar bahasa Inggris dalam motivation letter yang kamu tulis.

(7) Sertifikat Kemahiran Berbahasa Asing

Last but not least adalah sertifikat kemahiran berbahasa asing. Sebelum kamu mengambil tes kemahiran bahasa asing, pastikan kamu mengetahui bahasa pengantar dan bahasa wajib yang harus dikuasi di program studi yang akan kamu daftar. Misalnya, kamu akan mengambil program studi Arsitektur di Jerman, dengan bahasa pengantar bahasa Inggris, maka kamu perlu menyiapkan surat kemahiran berbahasa Inggris, baik TOEFL maupun IELTS. 

Skor dan Syarat TOEFL untuk Kuliah di Luar Negeri

Berapa sih minimal syarat TOEFL untuk kuliah di luar negeri? Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

(1) Skor TOEFL IBT

Seperti diketahui, TOEFL memiliki beberapa jenis, yaitu PBT dan IBT. Namun, biasanya untuk mendaftar kuliah di luar negeri, kamu membutuhkan jenis TOEFL IBT. Skor minimal TOEFL IBT yang dapat digunakan untuk mendaftar kuliah di luar negeri sekitar 80-100 poin. Skor tersebut sudah cukup untuk mengambil studi dan beasiswa di luar negeri.

(2) Standar Skor IELTS

Tidak hanya sertifikat TOEFL yang bisa digunakan sebagai salah satu syarat kuliah di luar negeri. Kalian juga bisa menggunakan sertifikat IELTS. Berbeda dengan nilai standar TOEFL IBT, untuk skor minimal IELTS yang harus kamu dapatkan untuk bisa mendaftar kuliah di luar negeri adalah 6.0.

Nah, itu dia beberapa syarat kuliah di luar negeri yang wajib untuk dipenuhi dan dilengkapi. Buat kamu yang sedang fokus belajar bahasa Inggris untuk persiapan kuliah di luar negeri, yuk cek kelas bahasa Inggris di Cakap dan daftar kelasnya sekarang juga! Jangan sampai bahasa menjadi kendala bagimu meraih mimpi kuliah di luar negeri.

Referensi:
-ican-education.com
-idp.com

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.