11 Daftar Universitas Terbaik di Korea, Ada Kampus Impianmu?

universitas-terbaik-di-korea

Siapa nih yang lagi gencar-gencarnya ngejar mimpi kuliah di luar negeri, khususnya Korea Selatan? Korea Selatan menjadi salah satu negara favorit bagi banyak anak muda Indonesia untuk melanjutkan kuliah di sana. Kalau kamu sendiri, universitas di Korea Selatan mana yang ingin kamu tuju? Sebelum memutuskan kampus mana yang kamu inginkan, yuk intip dulu 11 daftar universitas terbaik di Korea Selatan!

(1) Seoul National University (SNU)

Universita yang satu ini pasti udah nggak asing lagi bagi para pencinta K-Drama. SNU menjadi salah satu universitas bergengsi di Korea Selatan yang memiliki lulusan-lulusan berkualitas, lho. Bahkan, menurut US News Best Global Universities, SNU dinobatkan menjadi kampus nomor satu di Korea Selatan. Wah, keren banget, ya!

(2) Sungkyunkwan University (SKKU)

Selanjutnya ada Sungkyunkwan University nih, Sobat Cakap. Universitas Sungkyunkwan University memiliki dua kampus utama yang dibagi atas kampus ilmu sosial dan sastra, serta kampus ilmu alam. SKKU menjadi salah satu universitas terbaik dan terkenal di Korea, lho. Kamu pasti nggak asing dengan nama-nama, seperti, Song Joong Ki, Cha Eun Woo, Krystal Jung, bukan? Aktor dan aktris Korea tersebut merupakan lulusan Sungkyunkwan University, lho.

Belajar Bahasa Korea di Aplikasi Cakap, Bebas Atur Jadwal Kelas

(3) Korea Advanced Institute of Science and Technology

Buat kalian yang masih inget artikel beasiswa di Korea yang tayang beberapa bulan lalu, pasti sudah mengenal universitas ini. Korea Advanced Institute of Science and Technology atau juga dikenal dengan singkatan KAIST ini berdiri pada tahun 1971. Seperti namanya, universitas ini berfokus pada ilmu sains dan teknologi, seperti, Kimia, Biologi, Neurosains, Robotik, dan lain-lain. KAIST juga dikenal sebagai universitas yang banyak menghasilkan para ilmuwan hebat, lho.

(4) Korea University

Universitas selanjutnya yang nggak kalah keren adalah Korea University, salah satu kampus tertua di Korea. Kampus ini terletak di Kota Seoul dan Kota Sejong. Buat kamu para mahasiswa asing yang belum terlalu jago bahasa Korea, tenang! Kampus ini menyediakan sejumlah program kuliah dengan bahasa pengantar perkuliahan dalam bahasa Inggris. 

(5) Yonsei University

Tahu nggak, sih? Yonsei University merupakan satu dari jejeran “SKY University” tiga kampus paling bergengsi di Korea Selatan bersama Seoul National University dan Korea University. Yonsei University adalah universitas kristen swasta favorit yang memiliki fasilitas lengkap, khususnya untuk para mahasiswa internasional.

universitas-korea
Photo by Pexels

Raih Mimpi Kuliah di Korea dengan Kursus Bahasa Korea di Cakap

(6) Ulsan National Institute of Science and Technology (UNIST)

Selain KAIST, UNIST juga menjadi salah satu universitas di Korea yang didedikasikan untuk bidang ilmu sains dan teknologi. UNIS bisa dibilang sebagai universitas muda yang baru diresmikan pada tahun 2019 lalu. Kendati demikian, UNIST memiliki fasilitas pendidikan yang lengkap dan tidak kalah bagus dengan universitas Korea lainnya.

(7) Pohang University of Science and Technology (POSTECH)

Pohang University of Science and Technology menawarkan fasilitas penelitian mutakhir. Salah satu yang paling terkenal adalah fasilitas radiasi synchrotron di Korea. Tidak hanya itu, hal menarik lain dari kampus ini adalah, julukannya yang lekat dengan “kampus bilingual”, pasalnya mayoritas program dan perkuliahannya menggunakan bahasa pengantar Inggris dan Korea. Sesuai dengan namanya, universitas ini terletak di Kota Pohang.

(8) Hanyang University

Universitas terbaik di Korea selanjutnya adalah Hanyang University. Kampus yang terletak di Kota Seoul ini memiliki segudang prestasi, salah satunya menjadi kampus yang ditunjuk untuk memimpin proyek R&D Nasional utama.

Ranking dari universitas ini juga kian melejit dan mengalami peningkatan bertutur tutur selama 10 tahun ke belakang. Pada tahun 2021, Hanyang University berhasil menduduki peringkat 146 di QS World University Rankings.

Kalau kamu tertarik untuk kuliah di sini, kamu bisa mengambil beberapa program favoritnya, seperti arsitektur, bisnis, kimia, farmasi, dan masih banyak lainnya.   

(9) Kyung Hee University

Universitas yang akrab dengan singkatan KHU ini masuk ke dalam jajaran top 10 universitas terbaik di Korea. Kyung Hee University didirikan pada tahun 1949, dan kini menjadi salah satu kampus swasta yang dianggap paling bergengsi di Korea Selatan. 

Kyung Hee University memiliki 24 fakultas untuk program sarjana untuk S1. Tradisi akademik dalam universitas ini menggabungkan nilai-nilai universal dengan pendidikan, praktik, dan penelitian.

Kalau kamu berencana kuliah di Korea, KHU bisa menjadi salah satu kampus yang bisa kamu tuju.

(10) Gwangju Institute of Science and Technology

GIST atau Gwangju Institute of Science and Technology adalah rumah para pelopor sains dan teknologi terapan. Universitas ini didirikan pada tahun 1993 oleh Kementerian Sains dan Teknologi. GISt merupakan universitas pertama yang mengadopsi sistem inovasi dengan kurikulum sains dasar yang komprehensif.

Bidang ilmu studi unggulan yang ada di universitas ini adalah Teknik Elektro, Teknik Mesin, Ilmu Hayati, Ilmu Fisika, Ilmu Biomedis dan Rekayasa, Kecerdasan Buatan, dan masih banyak lagi.  

(11) Sejong University

Satu lagi nih universitas terbaik di Korea yang bisa masuk list universitas tujuanmu, yaitu Sejong University. Universitas swasta tertua ini terletak di Kota Seoul. Sejong University pertama kali didirikan pada tahun 1940, dengan nama Kyung Sung Humanities Institute Universitas. Nama Sejong University sendiri diambil dari nama raja keempat Dinasti Chosun.

Beberapa program studi paling favorit di universitas ini adalah jurusan perhotelan, media, pariwisata, dan manajemen.

Gimana? Sudah memutuskan ingin kuliah di mana? Sambil melengkapi semua persiapan kuliah di luar negeri, khususnya Korea Selatan, yuk perdalam bahasa Koreamu dengan mengikuti kursus bahasa Korea online di Cakap. Di sana ada kelas persiapan TOPIK juga, lho!

Referensi:
-posspika.kemdikbud.go.id
-topuniversities.com
-timeshighereducation.com
-uscollegeinternational.com

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Korea Seperti Artis Favoritmu

Pelajari semuanya mulai dari:

      #SiapaCakapDiaDapat