Mau Ikut Pertukaran Pelajar ke Korea? Ini Syaratnya yang Wajib Kamu Tahu!

pertukaran pelajar ke korea

Belajar ke luar negeri merupakan impian setiap pelajar di Indonesia. Mendapatkan pengalaman dan sudut pandang yang baru merupakan keuntungan dari belajar ke luar negeri. Jika kamu ingin merasakan atmosfer belajar yang berbeda maka belajar ke luar negeri adalah pilihan yang tepat. 

 

Bagi kamu yang masih menjadi siswa atau sudah mahasiswa dan ingin belajar ke luar negeri, Korea Selatan merupakan destinasi yang luar biasa menarik lho. Pertukaran pelajar ke Korea merupakan akses berbagai program yang disediakan oleh adanya kerjasama antara pemerintah Indonesia dan Korea. Jadi, jika kamu juga menyukai budaya Korea, pertukaran pelajar ke Korea adalah kesempatan yang tidak boleh terlewatkan. 


Pada artikel ini, kamu akan mendapatkan informasi penting mengenai syarat pertukaran pelajar ke Korea. Jadi, baca terus artikel menarik ini sampai selesai agar kamu mendapatkan kesempatan yang lebih tinggi untuk mengikuti pertukaran pelajar ke Korea ya!

Belajar Bahasa Korea jadi lebih mudah dengan Cakap

Tujuan Pertukaran Pelajar di Korea Selatan 

Pertukaran pelajar ke Korea bertujuan untuk memberikan pengalaman yang sangat bernilai bagi siswa dan mahasiswa Indonesia mengenai budaya dan pendidikan di Korea. Bagi pelajar Indonesia, pertukaran pelajar ke Korea adalah kesempatan untuk memperkenalkan budaya Indonesia ke pelajar Korea. 

Pertukaran pelajar ke Korea juga akan mempererat hubungan antara pemuda-pemudi dari Indonesia dan Korea. Semangat kerjasama Internasional juga akan terbangun dari program pertukaran pelajar ini. Hubungan bilateral Indonesia dan Korea akan terjaga dengan baik melalui pertukaran pelajar ke Korea Selatan.

Manfaat Kesempatan Belajar di Korea Selatan 

Berbagai manfaat positif akan kamu rasakan ketika mengikuti pertukaran pelajar ke Korea Selatan. Kamu akan mendapatkan perspektif yang jauh lebih luas mengenai aspek pendidikan dan sosial secara internasional. Program pertukaran pelajar ini juga akan melatih keterampilan kamu dalam memimpin, bersosialisasi, dan berkomunikasi. 

Pengalaman internasional akan memupuk kepribadian pemuda yang tangguh sehingga dapat berkontribusi pada masyarakat dan negara nantinya. Kamu juga akan mendapatkan standar yang tinggi dari pendidikan Korea Selatan. Proses belajar-mengajar di Korea akan memberikan pengalaman baru. Kamu dapat membandingkannya dengan pendidikan di Indonesia. Pelajari keunggulan pendidikan di Korea Selatan untuk nantinya dapat diimplementasikan di Indonesia. 

Selain untuk memperkaya wawasan tentang budaya dan pendidikan Korea Selatan, kemampuan berbahasa asing kamu juga akan meningkat. Selain menjadi syarat pertukaran pelajar ke Korea, kemampuan berbahasa asing dapat menstimulus otak kamu untuk berpikir lebih sistematis dan kreatif. 

Pertukaran pelajar ke Korea tentunya tidak akan mengganggu konsentrasi kamu di sekolah atau kampus, malah program ini bahkan akan menjadi batu loncatan kamu untuk dapat melanjutkan pendidikan ke luar negeri. 

Dari berbagai manfaat yang luar biasa tersebut, apakah kamu sudah semakin tertarik untuk mengikuti program pertukaran pelajar ke Korea? Jika kamu tertarik simak syarat pertukaran pelajar ke Korea berikut ini:

Syarat Pertukaran Pelajar ke Korea Selatan 

Bagi kamu yang tertarik untuk mengikuti program pertukaran pelajar ke Korea Selatan, persyaratan-persyaratannya harus dipersiapkan dengan baik. Dilansir dari situs resmi pemerintah Korea Selatan, berikut adalah syarat untuk mendaftar beasiswa pertukaran mahasiswa berprestasi:

No

Persyaratan

1

Mahasiswa dari universitas yang bekerjasama dengan universitas di Korea Selatan dan telah memiliki MoU Program Beasiswa Pertukaran Berprestasi

2

Tidak sedang berkuliah di Korea Selatan

3

Memiliki IPK minimal 80% di universitas asal (minimal IPK 3.20 dari 4.00)

4

Sudah menyelesaikan minimal 2 semester di universitas asal

5

Tidak pernah menerima beasiswa dari pemerintah Korea Selatan

6

Mendaftar di program mahasiswa pertukaran reguler (tidak termasuk program pelatihan jangka pendek seperti program sekolah bahasa)

7

Tidak memegang kewarganegaraan Korea Selatan (termasuk pemegang kewarganegaraan ganda)

8

Wajib mengikuti mata kuliah yang berhubungan dengan Korea (bahasa atau kebudayaan) minimal 2 SKS selama program pertukaran di Korea Selatan

Itulah syarat pertukaran pelajar ke Korea yang harus kamu penuhi dengan baik. 

Rincian Beasiswa Yang Akan Didapatkan

Dari program ini kamu akan mendapatkan beasiswa 10 bulan (2 semester) atau 4 bulan (1 semester). Jumlah penerima dari beasiswa pertukaran pelajar ke Korea Selatan ini adalah sebanyak 200 orang mahasiswa internasional. Berikut adalah rincian beasiswa yang akan kamu dapatkan ketika mengikuti program pertukaran pelajar ke Korea Selatan:

Jenis Tunjangan

Besaran

Biaya hidup

500.000 KRW atau sekitar Rp 5.428.040 per bulan

Tunjangan perpindahan tempat tinggal

200.000 KRW atau sekitar Rp 2.171.216 (satu kali)

Tiket pesawat pp Korea Selatan dan negara asal

Setara harga tiket pesawat dari negara asal

Asuransi kesehatan

20.000 KRW atau sekitar Rp 217.121 (dibayarkan oleh universitas)

Proses seleksi beasiswa pertukaran pelajar ke Korea Selatan ini mencakup:

No

Proses Seleksi

1

National Institute for International Education (NIIED) memilih universitas yang akan melaksanakan Program Mahasiswa Pertukaran Berprestasi

2

Universitas memberikan rekomendasi calon mahasiswa penerima beasiswa

3

National Institute for International Education (NIIED) menyeleksi calon mahasiswa dan pengumuman mahasiswa yang lolos seleksi

14 Hari Belajar Bahasa Korea Gratis di Cakap, Khusus untuk Pengguna Baru

5 Tips Agar Lolos Program Pertukaran Pelajar Ke Korea Selatan

Baik itu pemerintah maupun sekolah unggulan biasanya mengadakan program pertukaran pelajar untuk memaksimalkan potensi siswanya dalam perkembangan diri. Terdapat beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar bisa lolos program pertukaran pelajar ke korea selatan, diantaranya:

1. Kemampuan Bahasa Korea 

Kemampuan berbahasa Korea merupakan aspek yang paling penting untuk kamu kuasai agar dapat lolos program pertukaran pelajar ke Korea Selatan. Bahasa Korea dapat kamu pelajari di Universitas, tempat kursus, ataupun belajar secara mandiri. Banyak tempat kursus menyediakan program belajar bahasa Korea dengan berbagai jenis durasi pembelajaran. 

Jika kamu ingin mendapatkan pembelajaran Bahasa Korea yang menyenangkan dan menarik, kamu dapat belajar bahasa korea di Cakap. Di Cakap, kamu tidak belajar bersama bot melainkan kamu akan mendapatkan respons LIVE dari Ssaem profesional Cakap. #MakinCakap merupakan tagline dari Cakap yang akan memperbesar peluang kamu untuk belajar di Negeri Ginseng.

Berbagai keunggulan ditawarkan oleh Cakap meliputi jadwal yang fleksibel. Kamu dapat mengatur jadwal kelas sesuai dengan kebutuhanmu. Kelas yang interaktif dapat kamu rasakan melalui LIVE respons dan terdapat beberapa metode pembelajar yang dapat kamu pilih. Kamu juga dapat memilih pengajar lokal ataupun pengajar dari Korea langsung,

Di Cakap, kamu dapat memantau perkembangan belajar Bahasa Korea mu melalui dashboard yang telah disediakan. Kamu juga akan mendapatkan sertifikat kredibel setiap penyelesaian level. Ayo tingkatkan kompetensimu untuk #MakinCakap berbahasa Korea. Mulai dari mengikuti Placement Test senilai Rp 10.000.

2. Kenali dengan baik program yang diikuti 

Mengenali program pertukaran pelajar ke Korea yang akan kamu ikuti juga sangat penting. kamu dapat mencari website resmi program pertukaran pelajar tersebut untuk mempelajari persyaratan dan program apa saja yang ditawarkan. Kamu juga harus tahu besaran beasiswa dari program tersebut agar dapat disesuaikan dengan kebutuhanmu.

Kamu dapat mengakses website resmi pemerintah Korea Selatan di sini atau website resmi Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap mengenai syarat pertukaran pelajar ke Korea,

3. Meningkatkan prestasi 

Beasiswa pertukaran pelajar ke Korea sangatlah kompetitif. Kamu akan bersaing dengan pemuda-pemudi berprestasi lainnya. Usahakan untuk selalu mendapatkan IPK yang tinggi pada setiap semesternya. Perbanyak mengikuti lomba ilmiah di tingkat nasional dan internasional akan memperbesar kesempatanmu untuk bisa lolos program pertukaran ke Korea Selatan.

Kamu juga dapat mengikuti lomba olahraga atau konferensi internasional untuk dijadikan portofolio prestasi. Usahakan untuk selalu aktif ketika bersekolah atau berkuliah. Selalu mencari pengalaman yang baru melalui berbagai kegiatan yang positif. 

4. Mengikuti isu sosial dan berwawasan luas 

Siswa dan mahasiswa yang selalu mengikuti isu sosial dan berwawasan luas merupakan target dari program pertukaran pelajar ke Korea. Selalu meng-update diri dengan informasi sosial terkini akan menumbuhkan rasa simpatis dan kesadaran kamu akan masalah yang sedang terjadi di masyarakat. 

Perluasan wawasan kamu dengan sering membaca atau menonton berita khususnya yang terkait isu sosial dan pendidikan di Indonesia dan Korea Selatan. Hal ini akan sangat berguna ketika kamu mengikuti sesi wawancara beasiswa pertukaran pelajar ke Korea Selatan. 

5. Berlatih mengerjakan soal 

Mencari tahu soal-soal yang pernah muncul dalam tahapan seleksi beasiswa pertukaran pelajar ke Korea akan sangat membantumu. Kamu juga dapat bertanya ke kakak tingkat yang pernah mengikuti program ini. Dengan sering berlatih mengerjakan soal, kamu akan terbiasa dan tidak kaget ketika harus mengerjakan soal sesungguhnya ketika proses seleksi berlangsung.

Itulah syarat pertukaran pelajar ke korea beserta tips dan saran untuk bisa lolos seleksi. Persiapkan seluruh persyaratannya dan jangan lupa untuk melatih kemampuan berbahasa Korea supaya kamu lolos pertukaran pelajar ke Korea ya!

Belajar Bahasa Korea untuk Persiapan Pertukaran Pelajar di Cakap

Bagaimana? Apakah kamu sudah siap untuk mengikuti program pertukaran pelajar ke korea? Jika iya, tentu kamu perlu mempersiapkan diri jauh-jauh hari terkait dengan dokumen-dokumen yang perlu disiapkan. Perlu diingatkan sekali lagi pentingnya untuk menguasai bahasa Korea sambil mempersiapkan persyaratan lainnya.

Yuk ikuti kelas bahasa Korea di Cakap, klik linknya untuk lihat info selengkapnya ya!

Baca Juga:

Hilda
Lulusan Sastra Jepang dengan 4 tahun pengalaman menulis kreatif, terutama di bidang edukasi. Senang mencari tahu dan menjelaskannya kembali lewat tulisan.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Korea Seperti Artis Favoritmu

Pelajari semuanya mulai dari:

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat