Daftar Sekolahan Korea Selatan Terbaik & Banyak Diminati!

sekolahan-di-korea-selatan

Selain memiliki universitas khusus wanita yang terkenal, di Korea Selatan ada beberapa sekolahan favorit dan terbaik yang menyediakan pendidikan dari jenjang Primary School hingga High School. Salah satunya adalah Korea Foreign School, sekolah internasional yang diminati banyak orang dari berbagai negara. 

Kira-kira mana saja ya sekolahan Korea Selatan yang memiliki keunggulan dan digadang-gadang menjadi sekolah internasional terbaik? Untuk menjawab rasa penasaranmu, langsung saja yuk cari tahu 7 sekolahan Korea Selatan terbaik dan terfavorit berikut ini!

Table of Contents

Daftar Sekolahan Korea Selatan

Berikut ini akan dipaprakan tujuh sekolahan Korea Selatan internsaional, lengkap dengan kualifikasi dan informasi lainnya:

(1) Yongsan International School of Seoul

Yongsan International School of Seoul atau akrab disingkat dengan YISS menerima murid dari rentang usia 5-18 tahun dengan biaya mencapai 28 juta Won per tahun. Di sekolah ini, lengkap menyediakan pendidikan hingga tamat SMA. sekolahan Korea Selatan ini menawarkan kurikulum ala Amerika pada muridnya. Tentunya, bahasa pengantar yang digunakan dalam sekolah ini adalah bahasa Inggris.

Siswa yang bersekolah di YISS berasal dari berbagai macam negara, sehingga bersekolah di sini pastinya akan memberikan pengalaman multikultural pada para siswanya. YISS juga berkomitmen untuk mempersiapkan lulusan yang unggul dan mampu bersaing di perguruan negeri seluruh dunia.

(2) Korea Foreign School

Nah kalau sekolah yang satu ini termasuk dalam jajaran sekolah non-profit atau swasta nirlaba yang terletak di Seoul. KFS pertama kali didirikan pada tahun 2007 dan hingga kini telah menerima siswa dari 20 lebih negara yang berbeda. Sekolah internasional ini menerima murid dari rentan usia 6-18 tahun.

Di sini, para siswa belajar menggunakan kurikulum IB atau International Baccalaureate. Selain berpartisipasi penuh dalam bidang akademik, di KFS siswa juga diajak berpartisipasi dalam kunjungan lapangan.

(3) Seoul International School

Sekolah yang berdiri sejak tahun 1973 ini menerima pendaftaran bagi siswa usia 3-18 tahun. Seoul International School berfokus pada kurikulum Amerika dengan bahasa pengantar bahasa Inggris.

SIS mengajak siswa untuk berkomitmen penuh untuk membangun nilai intelektual dan kreativitas, sehingga mata pelajaran seni, humaniora, dan sains menjadi mata pelajaran utama dan penting di sekolah ini.

Photo from Pexels


(4) Chadwick International School

Sekolah internasional yang terletak di kota Songdo ini berdiri tahun 1935 dengan kurikulum IB sebagai rujukannya. Didirikan pada tahun 1935 oleh Margaret Chadwick, The Chadwick School telah merayakan lebih dari 80 tahun pencapaian pendidikan.

Karena termasuk sekolahan Korea Selatan elit, sekolah ini mematok biaya mencapai 26 juta Won per tahun.

(5) Cheongna Dalton School (CDS)

Cheongna Dalton School adalah sekolah internasional yang sudah terakreditasi oleh Korean Government and Western Association of Schools and Colleges (WASC). Sekolah ini menerima murid usia-18 tahun dengan biaya per tahunnya mencapai 37 juta Won.

Meskipun baru berdiri tahun 2011, sekolah international ini menjadi salah satu yang terbaik dan banyak diminati di Korea. CDS berkomitmen untuk menanamkan nilai kreativitas, motivasi diri, dan kepemimpinan pada para siswanya.

(6) Dulwich College School (DCS)

Sekolahan Korea Selatan yang satu ini menjadi sekolah tertua di antara sekolah-sekolah yang sudah dijelaskan sebelumnya. Berdiri tahun 1619, DCS mengaplikasikan kurikulum British, kurikulum Cambridge IGCSE & A-levels, dan IB.

Dulwich College School menerima lebih dari 700 siswa ekspatriat dari 40 lebih negara, mulai dari  usia 3-18 tahun.

(7) Korea International School Pangyo Campus

Yang terakhir ada Korea International School Pangyo. Sekolah ini menerapkan kurikulum Amerika dengan bahasa pengantar bahasa Inggris. Untuk dapat bersekolah di sini, para orang tua harus menyiapkan biaya sekitar 36 juta Won per tahun. Namun, hal itu sebanding dengan pelajaran, para pengajar, dan fasilitas yang ditawarkan. Bahkan jumlah murid dalam satu kelas hanya sekitar 16-20 murid saja, lho.

Belajar Bahasa Korea di Aplikasi Cakap, Bebas Atur Jadwal Kelas

Jadwal Sekolah Menengah di Korea Selatan

Pernah nggak sih ngerasa penasaran sama jadwal sekolah di Korea Selatan? Apa mungkin sama dengan jadwal sekolah di Indonesia? Ternyata nggak terlalu jauh berbeda lho, Sobat Cakap! Untuk kelas sekolah menengah, umumnya dimulai pukul 8 pagi dan berakhir pukul 4 sampai 5 sore. Setiap mata pelajaran dibagi rata waktunya, yaitu selama 50 menit.

Meskipun sekolah selesai pukul 4-5 sore, namun sudah umum dan lumrah bagi para pelajar Korea untuk melanjutkan jam belajarnya melalui sesi bimbel (bimbingan belajar) hingga malam hari sekitar pukul 22.00. Maka tak jarang, jika banyak yang mengatakan bahwa rata-rata jumlah jam belajar pelajar Korea selama 16 jam per hari.

Dalam satu tahun, ada dua semester yang harus dilalui para pelajar Korea. Semester pertama mulai dari Maret hingga Juli. Lalu disambung dengan semester kedua dari September hingga Februari.

Tujuh daftar sekolahan Korea Selatan di atas memiliki kualifikasi, kurikulum, dan standar yang tinggi, sehingga sekolah internasional tersebut menjadi yang terfavorit dan terbaik. Kira-kira kalau kamu dapat kesempatan untuk memiliki satu di antara 7 sekolah di atas, kamu tertarik masuk ke sekolahan yang mana?

Yuk, wujudkan mimpimu mengenyam pendidikan di Korea Selatan dengan bekal bahasa yang matang bersama kelas bahasa Korea Cakap! Dengan kurikulum yang telah dirancang oleh para teachers professional, dijamin belajar Korea jadi lebih mudah dan menyenangkan.

Referensi:
-namsankoreancourse.com
-studyinkorea.go.kr
-90daykorean.com

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Korea Seperti Artis Favoritmu

Pelajari semuanya mulai dari:

      #SiapaCakapDiaDapat