Sudah Tahu? Ternyata Ada Universitas Khusus Wanita di Korea!

universitas-khusus-wanita-di-korea

Selama ini, kita mungkin hanya akrab dengan universitas-universitas terkenal di Korea, seperti Seoul National University. Padahal, ada fakta dan hal menarik dalam dunia perkuliahannya, yaitu ada universitas khusus wanita di Korea. Salah satu yang paling terkenal adalah Ewha Womans University yang sering dijuluki “Sumber pemimpin wanita dunia”.

Seperti apa ya kira-kira sistemnya? Dan universitas apa saja yang termasuk dalam daftarnya? Yuk, simak fakta pendidikan dan 5 universitas khusus wanita di Korea berikut ini!

Table of Contents

Fakta Pendidikan di Korea

Sebagai salah satu negara dengan sistem pendidikan yang cukup baik, Korea Selatan menyimpan beberapa fakta seputar pendidikan yang belum banyak diketahui.

Lamanya Jenjang Pendidikan & Waktu Belajar

Sistem lamanya jenjang pendidikan di Korea hampir sama dengan di Indonesia, yaitu 6-3-3-4. SD 6 tahun, SMP dan SMA masing masing 3 tahun, lalu untuk S1 4 tahun. Namun, untuk lamanya waktu belajar, para pelajar di Korea menghabiskan waktu kurang lebih 16 jam perhari. Wah, lama juga ya. Hal tersebut dikarenakan sebagian besar pelajar Korea mengikuti les/bimbingan belajar setelah jam sekolahnya usai.

Guru adalah Profesi yang Sangat Dihormati

Dalam pepatah bahasa Jawa, konon kata guru merupakan kepanjangan dari orang yang “digugu dan ditiru”, yang berarti “orang yang menjadi panutan”. Menjadi guru di Korea adalah sebuah kebanggan, karena profesi ini sangatlah dihormati dan disegani.

Fasilitas Pendidikan yang Lengkap

Nggak perlu ditanya dan diragukan lagi, Korea merupakan salah satu negara yang memiliki fasilitas pendidikan terlengkap. Tidak hanya itu, akses internet di sekolah atau di kampus-kampus juga sangat cepat, kecepatannya hinga 10 Gbps dengan teknologi 5G.

Memiliki Universitas Khusus Wanita Terbaik

Korea juga dikenal dengan negara yang memiliki universitas khusus wanita terbaik. Tidak hanya satu, kamu bisa menemukan beberapa universitas khusus wanita di sana yang dilengkapi dengan asrama. Korea menjadi salah satu negara yang fokus mengembangkan pendidikan bagi para kamu wanitanya. 

universitas-khusus-wanita-di-korea
Photo from Freepik

Sudah Tahu Level Bahasa Koreamu? Ikuti Placement Test Cakap untuk Mengetahuinya!

Universitas Khusus Wanita di Korea

Masuk pada topik pembahasan utama kali ini, yaitu universitas khusus wanita di Korea. Dari sekian banyak negara di Asia, Korea adalah negara yang memiliki universitas khusus untuk wanita dengan jumlah terbanyak. Hal ini tentunya bisa menjadi panutan bagi negara-negara tetangga lainnya untuk perlahan-lahan mendobrak budaya yang didominasi oleh budaya patriarki. Berikut ini beberapa daftar universitas khusus wanita di Korea

Ewha Womans University

Jika berbicara tentang universitas khusus wanita, nama Ewha Womans University pasti menjadi jajaran yang muncul di barisan pertama.

Ewha termasuk di dalam 500 universitas terbaik di dunia. Ewha melahirkan pemimpin perempuan terbesar kedua di Korea. Kampus yang berlokasi di Seoul ini dibangun pada tahun 1886 oleh Mary F. Scranton dan memiliki kurang lebih 11 fakultas. Selain menyediakan program sarjana, di Ewha juga ada program pascasarjana, lho.

Seoul Women’s University

Universitas ini dikenal dengan slogan University that Teachers Well’. Seoul Women’s University merupakan universitas swasta yang menyediakan 31 program jurusan untuk para mahasiswanya dan aktif menyelenggarakan students exchange bagi para mahasiswanya. Kampus ini berdiri pada tahun 1960 dan berlokasi di Seoul. Untuk kamu yang ingin melanjutkan kuliah di tempat khusus wanita, kamu bisa memilih SWU sebagai tempat belajarmu.

Dongduk Women’s University

Bagi para wanita yang ingin serius mendalami sosial humaniora dan seni, Dongduk Women’s University adalah tempat yang cocok untuk menimba ilmu. Universitas ini merupakan yayasan pendidikan swasta yang didirikan pada tahun 1950.

Fasilitas yang disediakan oleh DWS ini cukup lengkap lho, dari mulai gymnasium, pusat pelatihan, pusat bahasa, hingga galeri seni juga ada! Wah, keren banget bukan?

Sungshin Women’s University

Selanjutnya ada Sungshin Women’s University. Kampus ini dikhususkan untuk siapa saja yang ingin menempuh pendidikan guru. Sungshin Women’s University juga sukses menjadi salah satu pioner pendidikan keperawatan di Korea Selatan.

Mahasiswa-mahasiswa yang masuk ke universitas ini biasanya adalah mereka yang masuk dalam jajaran 10% siswa terbaik di sekolahnya. Tak heran jika kampus ini dikenal sangat ketat dalam seleksi calon mahasiswanya.

Duksung Women’s University

Didirikan pada tahun 1920, universitas ini terkenal sebagai salah satu universitas bergengsi di Korea. Nama universitas yang akrab disingkat dengan DSWU ini memiliki kampus utama Ssangmun, dan kampus kedua Jongno.

Ada banyak program studi yang bisa kamu pilih di universitas khusus wanita ini. Bahkan di kampus ini ada program musim panas khusus yang mengarahkan mahasiswanya untuk lebih mengenal bahasa dan budaya Korea.

Nah Sobat Cakap, itu dia universitas khusus wanita di Korea lengkap dengan fakta pendidikan yang berjalan di Negeri Ginseng. Gimana? Tulisan di atas makin buat kamu tertarik lanjut kuliah di Korea? Kalau iya, tentu kamu butuh bekal berupa bahasa! Yuk, siapkan bekal bahasa Koreamu dari sekarang bersama kursus bahasa Korea online Cakap! Di sana kamu akan belajar bersama ssaem-ssaem profesional yang udah punya banyak pengalaman. Tunggu apa lagi? Cek kelasnya sekarang! 

Referensi
-studyinkorea.go.kr
-berandakampus.com
-myskill.id
-konsultanpendidikan.com
-koreanfirst.com

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Korea Seperti Artis Favoritmu

Pelajari semuanya mulai dari:

      #SiapaCakapDiaDapat