Bahasa Gaul ala Orang Korea, Apa Aja Ya?

bahasa gaul korea

Gak hanya orang Indonesia dan bule aja lho yang ada bahasa gaul, orang Korea juga punya! Kalau biasanya untuk mengekspresikan perasaan kaget kita menggunakan kata “OMG”, sedangkan dalam bahasa Korea adalah “daebak!”.

Beberapa bahasa gaul Korea merupakan ekspresi linguistik informal yang sering digunakan oleh mereka dalam percakapan sehari-hari. Mau tahu apa aja sih bahasa gaul orang Korea? Simak ulasan berikut!

Bahasa Gaul Korea

대박 (dae-bak)

Bahasa gaul yang satu ini sering muncul dalam percakapan drama korea. Daebak digunakan untuk menggambarkan kegembiraan atau ketika mengeluarkan ekspresi kaget mengenai suatu kejadian luar biasa yang terjadi. Jangan lupa, dalam pelafalannya harus ada penekanan tanda seru ya!

(kol)

Kol, merupakan ungkapan yang diberikan sebagai tanda kalau kamu setuju terhadap sesuatu hal. Misal, ketika kamu diajak pergi untuk nongkrong di café, jika kamu mengiyakan maka cukup dengan mengatakan “kol!” yang berarti “aku ikut!”.

 화이팅(hwaiting)

Hwaiting diserap dari bahasa Inggris “fighting” dan digunakan sebagai ungkapan untuk memberi semangat bagi orang lain maupun untuk diri sendiri.

 아이고 (aigo)

Selain daebak, kalian juga pasti sudah sangat familiar dengan kata ini. “Aigo” digunakan untuk mengekspresikan rasa sedih, kecewa, kelelahan dan perasaan kaget.

Biasanya saat seseorang mengucapkan kata ini, mereka melakukannya sambil menepuk-nepuk dada untuk menenangkan perasaan.

애교 (aegyo)

Berbeda dengan aigo, aegyo diucapkan untuk menggambarkan tingkah atau kepribadian yang lucu dan manja seperti anak kecil. Kata-kata ini lebih sering diucapkan oleh pria kepada wanita jika mereka sudah merasa gemas dengan kelakuan sang wanita.

닭살 (dak-sal)

Secara harfiah, dak-sal memiliki arti yaitu “kulit ayam”. Namun, kata ini tidak memiliki maksud tentang makanan khas korea melainkan untuk memberi reaksi terhadap suatu perbuatan yang dinilai murahan dan bisa juga untuk sesuatu yang menyeramkan atau yang buat merinding.

치맥 (chi-maek)

Pernahkah kamu nonton drakor “Weightlifting Fairy Kim Bok Joo”? Ayah dari atlet angkat beban, Kim Bok Joo adalah seorang penjual ayam goreng. Dimana setiap kali melihat adegan tersebut, penonton pasti dibuat ngiler dengan ayam goreng khas Korea itu.

Nah, chi-maek  merupakan kata majemuk untuk ayam (chicken). Jangan lupa, pasangan saat makan ayam adalah maekju alias bir biar makannya semakin nikmat, ya!

(bbung)

Kata ini digunakan untuk menggambarkan atau sebagai ungkapan untuk suatu kebohongan atau sebuah lelucon. Biasanya penggunaan kata ini untuk kalimat seperti “aku hanya bercanda” atau “kamu bohong”.

헐 (heol)

Heol biasanya diucapkan ketika seseorang merasa kaget akan suatu hal atau tindakan. Kata ini mirip dengan kata ungkapan terkejut dalam Bahasa Inggris yaitu OMG.

Sama halnya seperti OMG, heol umumnya diucapkan melalui texting seperti ketika berbagi pesan chatting, sosial media, dan lain sebagainya.

클래스 (keullaeseu)

Pernah denger temen kamu ngomong “kelas!” sebagai bentuk ungkapan kagum? Nah kellaeseu kurang lebih fungsinya sama.

Kata ini merupakan kata serapan dari Bahasa Inggris “class”. Umumnya orang Korea menggunakan kata ini ungkapan kagum dan tidak ada kaitannya dengan sekolah.

얼짱 (eoljjang)

얼짱 (eoljjang) memiliki arti yaitu muka yang tampan. Kata ini adalah gabungan dari 얼 (eolgul) dan 짱 (jjang). 

Dalam Bahasa Indonesia 짱 (jjang) artinya adalah terbaik. Sedangkan 얼 (eolgul) berarti muka atau wajah. Biasanya kata ini digunakan ketika orang Korea melihat seseorang yang tampan atau cantik

남친 (namchin) dan 여친 (yeochin)

Kedua kata ini memiliki arti yang sama yaitu pacar. Perbedaannya adalah 남친 (namchin) digunakan untuk memanggil pacar laki-laki, sedangkan 여친 (yeochin) untuk memanggil pacar perempuan.

막내 (maknae)

Buat kamu yang doyan sama K-pop pasti udah familiar banget dengan kata ini. 막내 (maknae) artinya adalah anak terakhir dalam sebuah keluarga atau anak bungsu.

Namun umumnya fans Kpop menggunakan maknae untuk memanggil anggota girl/boy group termuda. Maknae sendiri merupakan streotipe Korea untuk anak yang manja. 

모쏠 (mossol)

모쏠 (mossol) adalah singkatan dari kata 모태솔로 (motae sollo) yang dalam Bahasa Indonesia artinya ada jomblo. Namun jomblo yang dimaksud adalah orang yang tidak pernah pacaran sama sekali. Kalau orang Indonesia nyebutnya jomblo ngenes ya?

Masih ada lebih banyak lagi bahasa gaul Korea yang bisa kamu gunakan dalam percakapan antara kamu dan temanmu.

Mau tau ada apa lagi? Cari tahu lebih banyak di Cakap KClub setiap hari Selasa dan Kamis. Disana kamu bisa memperkaya word bank bahasa Korea mu dan cara pelafalannya juga. Cus, belajar sama-sama, hwaiting!

Baca Juga:

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google