20 Bahasa Gaul Korea Terpopuler di Kalangan Anak Muda

bahasa gaul korea

Gak hanya orang Indonesia dan bule aja lho yang ada bahasa gaul, orang Korea juga punya! Kalau biasanya untuk mengekspresikan perasaan kaget kita menggunakan kata “OMG”, sedangkan dalam bahasa Korea adalah “daebak!”.

Beberapa bahasa gaul Korea merupakan ekspresi linguistik informal yang sering digunakan oleh mereka dalam percakapan sehari-hari. Mau tahu apa aja sih bahasa gaul orang Korea? Simak ulasan berikut!

Bahasa Gaul Korea

source: giphy.com

대박 (dae-bak)

Bahasa gaul Korea yang satu ini sering muncul dalam percakapan drama korea. Daebak artinya wow atau hebat. Bahasa gaul ini biasa digunakan untuk menggambarkan kegembiraan atau ketika mengeluarkan ekspresi kaget mengenai suatu kejadian luar biasa yang terjadi. Jangan lupa, dalam pelafalannya harus ada penekanan tanda seru ya!

(kol)

Kol, merupakan ungkapan yang diberikan sebagai tanda kalau kamu setuju terhadap sesuatu hal. Misal, ketika kamu diajak pergi untuk nongkrong di café, jika kamu mengiyakan maka cukup dengan mengatakan “kol!” yang berarti “aku ikut!”.

화이팅(hwaiting)

Hwaiting diserap dari bahasa Inggris “fighting”. Bahasa gaul hwaiting artinya adalah semangat atau semoga sukses dan biasa digunakan sebagai ungkapan untuk memberi semangat bagi orang lain maupun untuk diri sendiri.

 아이고 (aigo)

Selain daebak, kalian juga pasti sudah sangat familiar dengan kata ini. Aigo artinya ya ampun. Bahasa gaul Korea ini biasanya digunakan untuk mengekspresikan rasa sedih, kecewa, kelelahan dan perasaan kaget.

Biasanya saat seseorang mengucapkan kata ini, mereka melakukannya sambil menepuk-nepuk dada untuk menenangkan perasaan. Contohnya kalimatnya seperti, “Aigo, suka nonton drama Korea tapi belum bisa bahasa Korea?”

애교 (aegyo)

Berbeda dengan aigo, aegyo adalah salah satu bahasa gaul yang sangat populer di kalangan para penggemar K-Pop. Bahasa gaul aegyo ini diucapkan untuk menggambarkan tingkah atau kepribadian yang lucu dan manja seperti anak kecil. Kata-kata ini lebih sering diucapkan oleh pria kepada wanita jika mereka sudah merasa gemas dengan kelakuan sang wanita.

Belajar Bahasa Korea di Cakap, Bebas Atur Jadwalmu Sendiri

닭살 (dak-sal)

Secara harfiah, dak-sal memiliki arti yaitu “kulit ayam”. Namun, kata ini tidak memiliki maksud tentang makanan khas korea melainkan untuk memberi reaksi terhadap suatu perbuatan yang dinilai murahan dan bisa juga untuk sesuatu yang menyeramkan atau yang buat merinding.

치맥 (chi-maek)

Pernahkah kamu nonton drakor “Weightlifting Fairy Kim Bok Joo”? Ayah dari atlet angkat beban, Kim Bok Joo adalah seorang penjual ayam goreng. Dimana setiap kali melihat adegan tersebut, penonton pasti dibuat ngiler dengan ayam goreng khas Korea itu.

Nah, chi-maek  merupakan kata majemuk untuk ayam (chicken). Jangan lupa, pasangan saat makan ayam adalah maekju alias bir biar makannya semakin nikmat, ya!

(bbung)

Kata ini digunakan untuk menggambarkan atau sebagai ungkapan untuk suatu kebohongan atau sebuah lelucon. Biasanya penggunaan kata ini untuk kalimat seperti “aku hanya bercanda” atau “kamu bohong”.

헐 (heol)

Heol biasanya diucapkan ketika seseorang merasa kaget akan suatu hal atau tindakan. Kata ini mirip dengan kata ungkapan terkejut dalam Bahasa Inggris yaitu OMG.

Sama halnya seperti OMG, heol umumnya diucapkan melalui texting seperti ketika berbagi pesan chatting, sosial media, dan lain sebagainya.

클래스 (keullaeseu)

Pernah denger temen kamu ngomong “kelas!” sebagai bentuk ungkapan kagum? Nah kellaeseu kurang lebih fungsinya sama.

Kata ini merupakan kata serapan dari Bahasa Inggris “class”. Umumnya orang Korea menggunakan kata ini ungkapan kagum dan tidak ada kaitannya dengan sekolah.

얼짱 (eoljjang)

얼짱 (eoljjang) memiliki arti yaitu muka yang tampan. Kata ini adalah gabungan dari 얼 (eolgul) dan 짱 (jjang). 

Dalam Bahasa Indonesia 짱 (jjang) artinya adalah terbaik. Sedangkan 얼 (eolgul) berarti muka atau wajah. Biasanya kata ini digunakan ketika orang Korea melihat seseorang yang tampan atau cantik

Tambah Skill Gratis di Cakap Upskill, Live di Aplikasi Cakap

남친 (namchin) dan 여친 (yeochin)

Kedua kata ini memiliki arti yang sama yaitu pacar. Perbedaannya adalah 남친 (namchin) digunakan untuk memanggil pacar laki-laki, sedangkan 여친 (yeochin) untuk memanggil pacar perempuan.

막내 (maknae)

Buat kamu yang doyan sama K-pop pasti udah familiar banget dengan kata ini. 막내 (maknae) artinya adalah anak terakhir dalam sebuah keluarga atau anak bungsu.

Namun umumnya fans Kpop menggunakan maknae untuk memanggil anggota girl/boy group termuda. Maknae sendiri merupakan streotipe Korea untuk anak yang manja. 

모쏠 (mossol)

모쏠 (mossol) adalah singkatan dari kata 모태솔로 (motae sollo) yang dalam Bahasa Indonesia artinya ada jomblo. Namun jomblo yang dimaksud adalah orang yang tidak pernah pacaran sama sekali. Kalau orang Indonesia nyebutnya jomblo ngenes ya?

여러분 (yeoreobun)

Bahasa gaul yeorobun artinya semuanya atau semua orang, atau juga “everyone”. Biasanya, para idol K-Pop maupun aktor dan aktris Korea menggunakan kata ini untuk menyapa seluruh fansnya.

Contohnya saat sedang menyelenggarakan konser, para idol K-Pop akan mengucapkan “Annyeong Yeorobun” (Hai, semuanya).

감짝이야 (kamjagiya)

Untuk bahasa gaul kamjagiya memiliki arti “Astaga!/Bikin kaget saja!”. Biasanya ucapan bahasa gaul ini diungkapkan sebagai reaksi terkejut ketika tersentak oleh kejutan yang tiba-tiba.

Cuma Perlu Daftar Cakap, Bisa Belajar Bahasa Inggris Gratis 14 Hari

괜찮아 (gwaenchana)

Gwenchana artinya dalam bahasa Indonesia adalah Aku tidak apa apa, aku baik baik saja. Kata ini merupakan kata populer yang sangat tidak asing di telinga para pecinta budaya Korea. Namun, tidak hanya digunakan saat menjawab pertanyaan mengenai keadaan dirimu, gwaenchana juga sering digunakan pada situasi lainnya.

Misalkan digunakan saat kamu menjawab permintaan maaf dan menolak penawaran. Gwaenchana merupakan ungkapan bahasa gaul dengan bentuk non formal. Sedangkan, bentuk formal dari gwaenchana adalah 괜찮아요 (gwaen-chanayo) atau 괜찮습니다 (gwaen-chan-seumnida).

아니요 (Aniyo)

Dalam bahasa Korea, aniyo artinya tidak atau bukan. Bahasa Korea tidak ini merupakan kata yang memiliki bentuk sopan, karena memiliki akhiran -yo. Jika ingin mengungkapkan kepada teman sebaya atau orang yang lebih muda dengan kata yang tidak formal, kamu cukup mengucapkan kata “ani” saja.

가지마 (Ka-jima)

Bahasa gaul satu ini memiliki arti jangan pergi atau saya tidak akan pergi. Kajima merupakan gabungan dari kata 가 [ka] -> 가다 [kada], artinya “pergi (to go)” dan 지마 [jima] -> bagian dari bentuk konjugasi negatif.

Untuk kamu yang merupakan penggemar drakor garis keras, pastinya sudah tidak asing, kan, mendengar kata ini? Biasanya kata ini diungkapkan pada adegan dramatis yang berhasil menyayat hati saat kedua pemeran utama berusaha mempertahankan hubungan mereka.

오모 어떻게 (Omo Eotteoke)

Omo eotteoke artinya “Ya ampun, bagaimana ini”. Bahasa gaul ini merupakan gabungan dari kata 오모 (Omo) yang merupakan ungkapan ya ampun, dan juga kata 어떻게 (eotteoke) yang merupakan berarti “Bagaimana ini”.

Kalimat ini sering digunakan ketika bingung melakukan sesuatu. Ungkapan bahasa gaul satu ini juga biasa diungkapkan saat terkejut melihat seseorang terkena musibah.

Masih ada lebih banyak lagi bahasa gaul Korea yang bisa kamu gunakan dalam percakapan sehari-hari antara kamu dan temanmu. Kamu perlu pelajari supaya percakapanmu dengan temanmu tidak terasa kaku.

Mau tau ada apa lagi? Yuk, cari tahu lebih banyak di Cakap K-Club. Di sana kamu bisa memperkaya word bank bahasa Koreamu dan cara pelafalannya juga. Cusss, belajar sama-sama, hwaiting!

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks