11 Ucapan Selamat Ulang Tahun Bahasa Korea yang Benar

selamat ulang tahun bahasa korea

Ketika ada kerabat yang berulang tahun, pasti yang paling disering diucapkan adalah “selamat ulang tahun”, “happy birthday”, atau bahkan ada yang dipersingkat dengan “met ultah ya” atau “hbd”. Tapi, kamu tahu ngga, bagaimana ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa Korea?

Buat kamu yang penggemar Korea, tentu itu adalah pertanyaan yang mudah. Uniknya, pengucapan selamat ulang tahun dalam bahasa Korea memiliki beberapa bentuk yang bisa kamu gunakan tergantung kepada siapa yang berulang tahun.

Cus, langsung aja simak bentuk pengucapan selamat ulang tahun dalam bahasa Korea biar ngga tertukar dan salah ketika dipraktikkan.

Selamat Ulang Tahun dalam Bahasa Korea

source: giphy.com

Dalam Bentuk Standar

Kalimat ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa Korea yang biasa kamu dengar ketika sedang nonton drama Korea atau bahkan sering kamu tiru juga, itu merupakan bentuk standar yang digunakan di Korea.  Berikut contohnya:

생일 축하합니다!
Saengil chuka hamnida

생일 축하해요!
Saengil chukahaeyo

Kedua kalimat diatas pun memiliki arti yang sama, yaitu “selamat ulang tahun” atau kalau dalam terjemahan bahasa Inggris “happy birthday”. Kata ‘saengil’ berarti ‘ulang tahun’, sedangkan ‘chukha hamnida’ memiliki arti selamat.

Lalu bedanya apa? Nah, yang membedakan kedua kalimat tersebut yaitu akhiran –yo pada kalimat kedua, dengan begitu kalimat tersebut menjadi versi lebih sopan ketika diucapkan.

Belajar Budaya Korea di K-Club, Praktis dan Gratis!

Dalam Bentuk Formal

Pengucapan kalimat “selamat ulang tahun” dalam bentuk formal digunakan ketika kamu ingin menyampaikannya kepada orang yang memiliki usia lebih tua atau berpangkat lebih tinggi dari kamu.

생신을 축하드립니다!
Sangsineul chukadeurimnida

Sebenarnya, kalimat tersebut memiliki arti yang sama dengan bentuk standar. Namun, dalam penggunaannya kalimat ini memiliki kesan yang lebih formal.

Dalam Bentuk Informal

Jika yang berulang tahun adalah teman mu, sahabatmu, atau seorang yang sebaya dengan mu, maka kalimat ucapan yang digunakan adalah bentuk informalnya.

생일 축하해!
Saengil chukahae
Selamat ulang tahun

Lagi-lagi kalimat “selamat ulang tahun” dalam bahasa Korea ini sama seperti bentuk standar. Yang membedakannya hanyalah dalam pengucapan informal tidak menggunakan kata akhiran seperti –yo ataupun –imnida.

Contoh Ucapan Selamat Ulang Tahun dalam Bahasa Korea

source: giphy.com

Ucapan Selamat Ulang Tahun Bahasa Korea untuk Keluarga

Ketika ada anggota keluarga yang berulang tahun, kalian bisa coba untuk memberi ucapan selamat ulang tahun menggunakan bahasa Korea sesuai dengan panggilan atau sapaan mereka di dalam keluarga. Berikut contoh kalimatnya:

해피 어머니의 생일 !
Haepi eomeoniui saengil
Selamat ulang tahun mama!

행복한 아버지의 생일!
Haengbokhan abeojiuui saeng-il
Selamat ulang tahun papa!

행복 한 여동생의 생일 !
Haengbokhan yeodongsaeng-ui saengil
Selamat ulang tahun kakak!

행복한 생일 누이 !
Haengbokhan saengil nu-I
Selamat ulang tahun adik!

Yuk, Explore Budaya Korea di Aplikasi Cakap!

Ucapan Selamat Ulang Tahun Bahasa Korea untuk Pasangan

Bahkan ada kalimat ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa Korea untuk pasangan, lho. Wah, bisa dicoba nih! Di bawah ini ada beberapa contoh ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa Korea yang bisa kamu katakan kepada pasanganmu, berikut contohnya:

생일 축하해. 너를 영원히 사랑해
Saengil chukhahae, neoreul yeong-wonhi saranghae.
Selamat ulang tahun, aku sayang kamu selamanya.

친애하는 생일 축하해
Chinaehaneun saengil chukhahae.
Selamat ulang tahun sayang!

사랑해 생일축하합니당!
Saranghae saengil chukha hamnida!
Aku mencintaimu dan selamat ulang tahun!

Ternyata ngga hanya budaya Korea, tapi bahasanya pun juga menarik untuk dipelajari dan didalami.  Contohnya, bahkan ucapan “selamat ulang tahun” aja ada beragam. Dan tentu saja, penggunaannya pun berbeda kepada setiap orang tergantung pangkat dan usianya.

Kamu masih bisa belajar lebih banyak mengenai bahasa dan culture orang Korea di Cakap K-Club. Selain untuk menambah wawasan, kamu juga bisa mendapatkan e-book bahasa Korea gratis! Dijamin belajar jadi lebih mudah dan ngobrol pakai bahasa Korea jadi makin pede. Download Sekarang!

Baca Juga:

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Korea Seperti Artis Favoritmu

Pelajari semuanya mulai dari:

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat