20 Oleh-oleh Khas Korea yang Terkenal & Wajib Dibeli

oleh oleh Korea

Saat berkunjung ke Korea, Negeri Ginseng itu tentunya memiliki banyak hal serta barang unik yang bisa kamu bawa pulang. Oleh-oleh khas Korea ada beragam, enggak cuman hanbok aja.

Supaya kamu enggak bingung beli oleh-oleh apa aja, berikut oleh-oleh Korea yang wajib kamu beli:

(1) Tteok

Rice cake atau kue beras adalah makanan yang terbuat dari serealia, terutama beras atau ketan yang ditumbuk yang kemudian diolah dengan teknik khusus. Makanan khas Korea ini memiliki banyak jenis, rasa dan aroma, lho. 

Tteok dibuat dengan berbagai rupa yang unik, Tteok bisa menjadi pilihanmu yang ingin memberi buah tangan dari Korea.

Di Korea, kamu bisa menemukan tteok di Jilsiru Tteok Café yang berada di gedung yang sama dengan museum tteok. 

Makanan ini juga cocok untuk jadi oleh-oleh khas Korea yang bisa disantap bersama keluarga atau teman-teman di Indonesia. 

Baca Juga: 15 Makanan Korea yang Paling Terkenal

(2) Kosmetik

Selain K-Pop dan K-Drama, Korea juga terkenal melalui industri  kosmetiknya yang sangat maju. Tidak heran, banyak wisatawan yang ke Korea dengan tujuan utama membeli alat-alat kosmetik bahkan untuk operasi plastik.

Adapun produk kosmetik yang wajib kalian beli ketika di Korea adalah Innisfree – green tea serum, Etude House – tint my eyebrows gel, Too Cool For School – glossy blaster tint, dan masih banyak lagi.

Kalian bisa menemukan produk – produk kosmetik tersebut di surganya kosmetik yaitu di daerah Myeongdong, Korea Selatan. 

(3) Banana Uyu

Selain soju, minuman ini juga pasti sering kalian temui ketika nonton drakor yang bertemakan kehidupan sekolah.

Banana uyu merupakan salah satu minuman populer di Korea bahkan sampai ke luar negeri. Karena banana uyu merupakan susu khas Korea yang memiliki rasa manis khas pisang. Selain itu, hanya dengan 1.200 won kamu sudah bisa menikmati segarnya susu pisang ini guys.

Minuman yang sering muncul di drama Cheer Up ini tentu saja bisa kamu bawa pulang kembali ke negara asalmu sebagai stock atau pun sebagai oleh-oleh dari liburan mu di Korea, lho.

(4) Hallyu Merchandise

Hallyu merupakan sebuah istilah yang merujuk pada popularitas hiburan serta budaya Korea. Karena hal-hal berbau K-Pop dan K-Drama sudah sangat melekat di Korea Selatan, maka tidak sedikit wisatawan yang berlibur ke Korea untuk melihat serta mengunjungi langsung perusahaan yang menaungi artis-artis terkenal.

Setelah mengunjungi tempat-tempat berbau Hallyu, maka sangat disayangkan jika kamu tidak membeli merchandise nya, bukan? Nah, pas banget! Hallyu merchandise bisa jadi pilihan buah tangan untuk teman-temanmu yang juga penggemar dunia hiburan Korea, lho.

Kalian bisa menemukan banyak hallyu merchandise di daerah Myeongdong yaitu di toko Buru’s Ddeurak atau di Myeongdong underground shopping center.

(5) Hanbok

Nah, kalau yang satu ini merupakan pakaian tradisional dari Korea. Hanbok bisa dijadikan salah satu pilihan mu sebagai cinderamata. Harganya memang sedikit pricey yaitu berkisar dari 50.000-70.000 won atau sekitar Rp500.000 – Rp700.000. 

Di Korea, kamu bisa mengunjungi area favorit untuk jalan-jalan dan foto-foto menggunakan hanbok adalah di daerah sekitar Gyeongbokgung (istana kerajaan pada masa dinasti Joseon) atau di Hanok Village (area perumahan yang di dekor ala rumah tradisional Korea).

(6) Ginseng

Bukan rahasia lagi kalau Korea terkenal sebagai negeri Ginseng yang memiliki kualitas yang baik. Harga ginseng di Korea ternyata sama mahalnya dengan harga perhiasan, lho! Ginseng yang dijual pun memiliki beragam kualitas mulai dari yang standar hingga premium.

Nah, ginseng juga ada yang sudah dikemas menjadi minuman sachetan seperti yang kalian temui ketika menonton drama Descendants of The Sun. sebagai rekomendasi, kamu bisa membeli produk ginseng yang top Solgar Korean Ginseng atau Nature’s Answer American Ginseng. 

(7) Peralatan Makan Khas Korea

Buat kalian para penggemar oppa, eonni, hyung, dan nuna di drama Korea, tentu saja pasti memiliki keinginan untuk coba menggunakan peralatan makan khas Korea sama seperti mereka. Tidak heran, set peralatan makan ini sering dijadikan pilihan sebagai oleh-oleh khas Korea oleh para wisatawan.

Kamu bisa membeli Buqento Stainless Steel set alat makan Korea yang berisi sendok dan sumpit, atau Tanica sendok sumpit mangkuk Korea set ya.

(8) Hanji

Hanji merupakan kertas tradisional dari Negeri Ginseng alias Korea. Kertas ini dibuat dengan menggunakan bahan alami berupa serat murai. Faktanya, kertas hanji ini dapat bertahan hingga 1000 tahun jika dibuat menggunakan bahan-bahan yang berkualitas.

Kertas hanji bisa dibeli berupa lembaran kertas saja yang kemudian dibentuk menjadi kipas atau berbagai macam pajangan untuk dekorasi rumah. Ada juga hanji yang bertuliskan hangul atau tulisan Korea. 

(9) Korean Beverage

Korea memiliki banyak jenis minuman tradisional khasnya. Mulai dari minuman yang mengandung alkohol hingga minuman-minuman herbal. Bahkan minuman yang hangat dan manis pun semuanya ada.

Jika kamu berkunjung ke Korea, pertimbangkan untuk membeli oleh-oleh Korean beverage berikut ini:

  • Soju
  • Makgeolli
  • Sikhye
  • Kwangdong
  • Coffee 
  • Dalgona  

 

(10) Korean Tea

Tidak hanya kaya dengan jenis-jenis minuman yang beragam, Korea juga memiliki banyak varian teh yang nggak kalah menarik untuk dijadikan oleh-oleh khas Korea, lho. Berbeda dengan teh khas Indonesia, teh Korea kaya akan varietas herbal dan bunga. Bahkan ada juga lho teh yang terbuat dari buah magnolia, plum manis, hingga teh dari bunga dandelion.

Korean tea juga sangat mudah dicari, biasanya ada di sebagian besar swalayan Korea. Nah, berikut ini beberapa teh khas Korea yang wajib kamu beli untuk oleh-oleh:

  • Osulloc tea
  • Omija-cha
  • Meshicha
  • Barley tea
  • Yuzu jelly tea
  • Teh hijau
  • Teh hitam
  • Citron tea

Mau Fasih Bahasa Korea? Yuk Gabung K-Club, GRATIS!

(11) Kimchi

Siapa sih yang nggak tahu kimchi? Makanan yang memiliki cita rasa pedas ini jadi salah satu icon makanan yang wajib banget dibeli dan dicicipi kalau lagi berkunjung ke Korea. Kimchi menjadi pilihan oleh-oleh khas Korea terbaik karena jika disimpan dengan baik, makanan ini bisa sangat tahan lama.

Mencarinya juga tidak susah, kimchi dijual di sebagian besar supermarket di Korea atau kamu juga bisa membelinya di toko khusus kimchi.

Berikut ini beberapa variasi kimchi yang menarik untuk dibeli:

  • Kimchi kubis
  • Kimchi lobak
  • Baechu kimchi
  • Chonggak kimchi
  • Bossam kimchi
  • Ssembagwi kimchi

 

(12) Dried Fruit Snack

Kamu suka ngemil? Pas banget! Dried food snack bisa jadi rekomendasi yang cocok untuk kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh. Pasar tradisional Korea adalah surganya camilan buah-buahan kering. Selain merupakan jajanan alami, rasanya yang renyah dan manis bisa membuat siapa pun ketagihan.

Ada banyak jenis dried food snack dari buah-buahan alami, seperti:

  • Ubi kering
  • Strawberi kering
  • Buah ara kering

 

(13) Korean Sock

Kandidat lain yang bisa jadi oleh-oleh khas Korea adalah Korean Sock. Selain motifnya yang super lucu dan beragam, harga kaos kaki di Korea juga terbilang sangat murah. Biasanya dibandrol dengan harga 1000-3000 won saja.

Meskipun harganya cukup murah, tapi kualitasnya nggak main-main lho. Dibuat dengan bahan katun berkualitas tinggi yang dijamin awet dipakai dan tidak mudah belel. Selain kaos kaki biasa, tersedia juga kaos kaki berbulu yang nyaman dipakai untuk tidur.

(14) Phone Accessories

Tidak perlu diragukan lagi, Korea memiliki barang-barang aksesoris yang cantik dan imut, termasuk aksesoris hp. Produk-produk dengan desain unik dan sulit ditemukan di Indonesia, di sana bisa dengan mudah kamu temukan di toko-toko pinggir jalan.

Beberapa item aksesoris hp yang bisa kamu jadikan oleh-oleh khas Korea adalah:

  • Casing hp
  • Casing Airpods
  • Popsocket ring
  • Phone chain

 

(15) Ramyeon

Rasanya kurang lengkap kalau pergi ke Korea nggak bawa yang namanya ramyeon. Orang Korea menyukai mie instan, dan ramyeon adalah salah satu mie instan terbaik yang terkenal dengan cita rasa pedasnya. Di sana ada banyak varian rasa ramyeon yang mungkin belum pernah kamu coba, seperti:

  • Shin ramyun
  • Hot chicken flavor ramen
  • Kimchi ramyeon
  • Chapagetti
  • Arirang spicy bibim ramyun
  • Samyang hot chicken buldak cheese ramen

Jika kamu kurang mencintai santapan makanan-makanan pedas kamu bisa mencoba varian rasa carbonara yang memiliki kemasan berwarna merah muda.

(16) Beef Jerky

Beef jerky atau dendeng dalam bahasa Korea sering juga disebut dengan yukpo (육포). Dendeng jadi salah satu item makanan yang populer di Korea. Oleh-oleh yang terbuat dari daging sapi ini terbilang cukup tahan lama dan tidak mudah basi jika disimpan di tempat yang tepat. 

Beef jerky khas Korea dibuat dengan cara merendam daging dalam kecap dan berbagai bumbu lainnya. Teksturnya yang kenyal dan kaya akan cita rasa rempah membuatnya cocok dinikmati sebagai lauk pauk yang disantap dengan nasi hangat.

Fun fact dari beef jerky atau yukpo (육포) di Korea adalah salah satu makanan yang dijadikan hadiah pernikahan dari ibu mempelai wanita kepada ibu dan ayah mempelai pria lho, Sobat Cakap.

(17) Stationary Item

Korea terkenal memiliki item-item stationery yang gemas dan lucu. Ada banyak desain alat tulis dengan corak, warna, dan karakter yang beragam. Tempat terbaik untuk berburu stationary item di Korea adalah di Art Box. Tokonya tak sulit ditemukan karena sudah tersebar di sebagian besar kota besar di Korea, seperti di Hongdae, Daiso, dll.

Beberapa item yang mungkin bisa kamu beli adalah:

  • Kertas atau buku catatan dengan karakter disney atau kartun
  • Tempat pensil berbentuk funky
  • Pena dan pensil warna
  • Stiker-stiker lucu untuk buku

 

(18) Pepero

Apa itu pepero? Pepero adalah sejenis kue atau biskuit yang dicelupkan ke dalam cokelat atau varian rasa lainnya. Jajanan ini hampir mirip dengan Pocky namun dengan tampilan versi Korea. 

Sangking terkenal dan menjadi favorit banyak orang, di Korea ada yang namanya Pepero National Day yang dirayakan setiap tanggal 11 November. Momen tersebut dijadikan tradisi tahunan yang dirayakan dengan saling bertukar Pepero bersama orang terdekat. Kalau kamu punya teman dekat atau gebetan, oleh-oleh khas Korea yang satu ini bisa jadi pilihan terbaik.

(19) Summer Items

Mengunjungi Korea di musim panas rasanya kurang lengkap kalau nggak beli oleh-oleh summer items. Pernak-pernik musim panas yang bisa kamu beli adalah kipas tradisional atau yang dikenal dengan nama hapjukseon. Kipas tersebut biasanya terbuat dari bambu atau kertas yang diberi corak gambar atau lukisan.

Pilihan item lain yang bisa kamu beli adalah kipas angin elektronik genggam dengan bentuk dan warna yang lucu. Kipas elektronik ini juga memiliki variasi lain lho yang bisa digantungkan di leher. Kamu bisa membelinya di pusat perbelanjaan Doota atau department store terdekat.

(20) Crispy Seaweed

Last but not least adalah crispy seaweed. Buat kamu pencinta rumput laut kering, wajib banget sih beli oleh-oleh yang satu ini. Selain bisa dijadikan sebagai snack, crispy seaweed juga cocok disantap dengan nasi putih hangat.

Jika kamu ingin mencoba variasi seaweed lain, gimmari 김말이 sangat recommended untukmu. Gimmari 김말이 adalah gulungan rumput laut goreng yang terbuat dari rumput laut kering, dangmyeon (mie Korea), dan bahan nabati lain.

Biar kamu makin siap berlibur ke Korea, kamu perlu belajar kosakata bahasa Korea. Memahami bahasa Korea bisa membantu di berbagai situasi salah satunya ketika menawar harga pas beli oleh-oleh di atas.

Oh iya. Sekarang, kursus bahasa Korea online sudah bisa di Cakap lho! Di sana, kamu bisa belajar Bahasa Korea bareng tutor profesional secara Live. Dan menariknya, kamu juga bisa mendapatkan e-book bahasa Korea gratis! Dijamin belajar berbahasa korea jadi lebih mudah dan ngobrol pakai bahasa Korea jadi makin pede.

Selain belajar bahasanya, jangan lupa siapin uang untuk beli oleh-olehnya. Hati-hati kalap ya, guys!

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Korea Seperti Artis Favoritmu

Pelajari semuanya mulai dari:

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat