15 Makanan Khas Korea yang Paling Terkenal

makanan khas korea

Korea menjadi salah satu negara yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Selain karena wisatanya, makanan khas Korea pun juga mencuri perhatian, lho.

Cakap punya rekomendasi sederet makan khas Korea terkenal yang wajib kamu coba kalau lagi ke Korea. Eits jangan khawatir, Cakap juga kasih rekomendasi tempat makannya kalau kamu udah ngidam banget. Yuk lihat ada makanan apa aja!

Japchae

source: giphy.com

Makanan khas korea yang satu ini memang terlihat seperti bihun goreng yang sering kita temui di Indonesia. Namun, tau engga sih kalau Japchae yang berbahan dasar mie soun nya orang Korea itu ternyata terbuat dari kentang, lho.

Kimchi

source: giphy.com

Siapa sih yang nggak tau sama makanan Korea yang satu ini? Jika kamu penyuka drama Korea pasti familier dengan kimchi

Jarang ada yang tau kalau kimchi merupakan hasil fermentasi sayur sawi putih, lobak dan ketimun. Kalau kamu udah nonton drama korea Reply 1988, pasti jadi kepingin nasi goreng kimchi kan?

Baca Juga: Wajib Ditonton! 10 Film Korea Terbaik Sepanjang Masa

Ramyeon

source: giphy.com

Di Jepang ada ramen, Indonesia ada mie instan, dan Korea ada ramyeon! Makanan yang selalu ada di setiap film Korea ini terkenal dengan cara penyajiannya yang unik. Ramyeon biasanya dimakan langsung dari panci tanpa dipindahkan ke mangkuk terlebih dahulu.

Jajangmyeon

source: giphy.com

Berbeda dengan ramyeon, mie yang satu adalah yamin versi Korea. Jajangmyeon memiliki rasa dan penyajiannya yang  unik karena dicampur dengan saus keledai hitam. 

Di Jakarta, kamu bisa menemukan jajangmyeon yang enak  pada restoran Legend of Noodle yang berada di kawasan Senopati, Jakarta Selatan.

Tteokbokki

source: giphy.com

Tteokbokki atau kue beras merupakan cemilan wajib yang harus dicoba jika berkunjung ke Korea. Tteokbokki memiliki ciri khas sendiri, yaitu pedas, manis, serta bertekstur lembut yang dijamin buat kamu ketagihan.

Selain jajangmyeon, tteokbokki juga bisa kamu temukan di Jakarta, lho. Kamu bisa nikmatin tteokbokki di salah satu restoran Korea yang bernama Mujigae. 

Kamu bisa temukan makanan ini selain di Jakarta. Semenjak ada demam Korea jadi banyak yang jualan tteokbokki dan yang pasti disesuaikan sama lidah orang Indonesia. Makin pengen coba kan?

Mau Ngobrol Bareng Soal Budaya Korea? Yuk Gabung K-Club!

Bibimbap

source: giphy.com

Ini dia nasi campur orang Korea! Semangkuk nasi yang dicampur dengan beberapa jenis sayuran, daging, telur mata sapi setengah matang, dan tentunya saus gochujang sebagai kunci utamanya. Biasanya bibimbap dimakan dengan acar atau kimchi sebagai topping.

Naengmyeon

source: giphy.com

Naengmyeon atau mie dingin ini ternyata merupakan makanan khas dari Korea Utara yang juga populer di daerah Korea Selatan, lho.

Disebut mie dingin karena pada saat pembuatan, mie nya dibilas dengan air dingin terlebih dahulu, kemudian baru dicampur dengan minyak, cuka, kecap, sayuran dan disajikan dengan air kaldu dingin.

Samgyetang

source: giphy.com

Makanan yang satu ini merupakan sup ayam yang direbus secara utuh sehingga dagingnya pun lebih terasa empuk. Sup ini juga mengandung tanaman obat seperti ginseng, jahe, kastanye, dan lain sebagainya. Rasanya gurih banget, guys!

Sannakji

source: giphy.com

Makan gurita yang masih hidup? Wah, cuma ada di Korea, lho. Makanan ekstrim khas Korea ini menyajikan gurita berukuran sedang atau pun kecil yang masih hidup untuk dimakan. Tentu saja gurita-gurita mungil tersebut akan dilumuri dengan saus yang bertaburan biji wijen sebelum dimakan.

Bahasa Korea Baru Ngerti Annyeonghaseyo?

Ayo Baca 101 Kosakata Bahasa Korea!

Bulgogi

source: giphy.com

Makanan khas Korea satu ini terbuat dari irisan tipis daging sapi yang dipanggang atau ditumis. Daging tersebut sebelum dimarinasi terlebih dahulu dengan kecap, minyak wijen, garam, lada dan ditambahkan sedikit jahe agar rasanya lebih kuat. Biar makin enak, makannya ditemani dengan sebotol soju.

Baca Juga: Sake, Minuman Ikonik Asal Jepang

Miyeok Guk

source: giphy.com

Miyeok guk adalah sup rumput laut khas Korea. Miyeok guk merupakan makanan yang wajib dikala ulang tahun, sama seperti mie bagi orang China. Makan sup rumput laut dipercaya dapat membawa keberuntungan bagi seseorang untuk setahun kedepan. 

Baca Juga: Suka Makan Mie? Ini Sejarah dan Asal Usulnya

Haemul Pajoen

source: giphy.com

Haemul pajoen adalah panekuk Korea dengan isian makanan laut. Makanan ini merupakan hidangan yang wajib ada pada saat perayaan-perayaan tradisional di Korea.

Jika penasaran, kamu bisa langsung mencoba haemul pajoen dengan filling seafood segar di restoran Korean BBQ Gahyo, di kawasan SCBD, Sudirman. 

Mandu

source: giphy.com

Selain China, Korea juga punya pangsit sendiri, lho. Mandu adalah pangsit khas Korea dengan isian yang beragam. Salah satu mandu yang terkenal adalah Kimchi Mandu, tetapi mandu dengan isi daging juga banyak menjadi pilihan di sana.

Makanan ini bisa disajikan dengan berbagai cara seperti digoreng atau direbus. Namun, sebaiknya kamu kukus agar lebih sehat.

Kimbap

source: giphy.com

Nah, kalau ini adalah sushinya orang Korea. Kimbap adalah nasi yang digabungkan dengan telur, sayuran seperti bayam dan wortel, lalu dibungkus kemudian digulung dengan rumput laut. 

Di Indonesia sendiri, banyak orang yang telah melakukan experience sendiri untuk membuat kimbap. Bahan yang digunakan untuk membuat kimbap pun relatif mudah karena bisa ditemui di supermarket.

Jjampong

source: giphy.com

Jjampong adalah makanan khas Korea yang berasal dari olahan mie yang dicampur dengan sayuran dan juga macam-macam seafood. Biasanya, orang Korea memakan jjampong untuk menghangatkan perut karena rasanya yang pedas. 

Fun fact, jjampong merupakan makanan khas Korea yang mendapat pengaruh dari Jepang dan Tiongkok, lho. 

Budaya Korea emang sangat menarik untuk dipelajari lebih lagi. Belajar bahasa Korea dan budaya nya gak perlu harus kesana dulu, lho. 

Yuk gabung bersama Cakap K-Club! Kamu engga hanya belajar bahasa Korea aja, tapi juga budaya Korea yang akan dikemas ke dalam topik-topik yang menarik dalam setiap kelasnya. 

Baca Juga: Suka Drama Korea? Coba Tebak Drama Korea Ini!

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google