Wajib Ditonton! 10 Film Korea Terbaik Sepanjang Masa

film korea terbaik sepanjang masa

Saat ini Korea Selatan bukan hanya dikenal sebagai destinasi wisata aja, guys. Industri hiburannya seperti kpop, drama, dan film kini telah menjadi daya tarik Korea Selatan di mata dunia. Jumlah penikmatnya pun udah engga terhitung saking banyaknya.

Sekarang banyak anak muda yang nagih nonton drama korea bahkan sampai binge-watching. Tapi jangan salah, film korea engga kalah keren lho. Buktinya Parasite bisa menang nominasi Best Picture di Oscars 2020. Mau tau film korea terbaik sepanjang masa? Kajja disimak!

Film Korea Terbaik Sepanjang Masa

Table of Contents

Peninsula (2020)

source: giphy.com

Peninsula merupakan film sekuel dari Train to Busan (2016). Film ini masih menceritakan hal yang sama dengan film pertamanya yaitu virus zombie yang menyebar di Negeri Ginseng, Korea Selatan. 

Bedanya, Peninsula menceritakan empat tahun setelah terjadinya peristiwa Train To Busan. Film ini mengisahkan Jung Suk, yang diperankan oleh Kang Dong Won, diminta untuk menjalankan misi bernilai jutaan dolar. Jung Suk menerima misi tersebut meskipun misi itu membuka kenangan buruknya, dimana ia kehilangan orang yang ia cintai.

Film berdurasi 1 jam 56 menit ini bergenre thriller. Jadi siap-siap dengan jumpscare yang bisa bikin jantung copot, guys!

Time to Hunt (2020)

source: giphy.com

Time to Hunt merupakan salah satu film Korea yang mengangkat tema unik yaitu dystopian. Film ini menceritakan ketika kemiskinan merajalela, empat sekawan berencana untuk melakukan aksi kejahatan. Namun naas, aksi tersebut malah menyerang balik mereka.

Film ini diperankan oleh Choi Woo Shik, yang semakin dikenal sejak perannya di film Parasite. Selain itu, pemeran drama Korea Prison Playbook, Park Hae Soo, dan drama Korea Signal, Lee Je Hoon, ikut bermain di film ini.

Film ini bisa kamu nikmatin di Netflix, lho!

Parasite (2019)

source: giphy.com

Penikmat film pasti udah tau dengan judul film ini. Parasite telah menang di beberapa penghargaan bergengsi di dunia seperti Cannes Film Festival, British Academy Awards, Golden Globe, dan bahkan menjadi Film Korea pertama yang menang Oscar 2020!

Parasite adalah film yang wajib masuk dalam bucket list buat orang yang baru mulai perjalanannya dalam menikmati film Korea. Film ini bergenre komedi tragis yang mengisahkan satu keluarga dengan empat orang anggota yang hidup miskin. Mereka tinggal di basement bawah tanah yang kondisinya sangat lembap. Mereka mencoba memperbaiki hidup dengan bekerja untuk satu keluarga kaya, namun siapa sangka bahwa tragedi malah menimpa mereka sejak bekerja di keluarga tersebut.

Extreme Job (2019)

source: giphy.com

Mau nonton film action-comedy yang bisa bikin ngakak dan lupa sama hiruk pikuk pekerjaan? Extreme Job adalah pilihanmu. Film ini menjadi salah satu film terlaris di Korea Selatan. Bahkan berhasil menjual lebih dari 14 juta tiket.

Extreme Job mengisahkan lima orang anggota polisi yang sedang mengejar gembong narkoba. Humor dari film ini mulai nampak ketika lima orang anggota polisi itu menyamar sebagai penjual ayam goreng. Namun, siapa sangka bahwa penyamaran mereka sebagai penjual ayam goreng malah membawa ‘rejeki’.

Biar makin enak nontonnya, siapin ayam goreng dan soju Korea!

Baca juga: Sake, Minuman Ikonik Asal Jepang

The Great Battle (2018)

source: giphy.com

The Great Battle merupakan film sejarah dengan genre action. Film ini bercerita tentang pertempuran antara Goguryeo dengan Dinasti Tang selama 88 hari di benteng Ansi. Pertempuran yang terjadi pada tahun 645 dipimpin oleh Jenderal Yang Man-chun yang membawa 5.000 pasukan untuk melawan pasukan Dinasti Tang dari Cina.

Film ini cocok buat kamu yang penasaran sejarah Negeri Ginseng. Setelah kamu nonton drama Korea, Mr. Sunshine, kamu bisa mampir ke film ini biar makin paham kondisi Korea pada jaman dulu. 

Suka Budaya Korea? Yuk Gabung K-Club,

Bahas Budaya sambil Belajar Bahasa Korea!

Along with The Gods (2017)

source: giphy.com

Penasaran gak sih sama kehidupan manusia setelah kematian? Hmm, Along with The Gods bisa jawab rasa penasaranmu karena film ini mengisahkan kehidupan manusia setelah kematian atau biasa disebut dengan afterlife.

Film bergenre drama-fantasy ini mengisahkan kehidupan Kim Ja Hong (Cha Tae Hyun) setelah kematian merenggut hidupnya. Setelah meninggal, ia ditemani oleh tiga malaikat untuk melewati tujuh neraka.

Film ini juga memiliki beberapa adegan action dengan para demons yang membuat Along with The Gods seru untuk ditonton. Semakin lengkap karena beberapa adegan komedi turut mewarnai film ini. Pokoknya emosi kamu bakal turun naik nonton film ini!

Train to Busan (2016)

source: giphy.com

Train to Busan (2016) merupakan film pertama dari Peninsula (2020). Film ini memiliki pemeran yang berbeda dengan film keduanya. Aktor tampan Gong Yoo menjadi pemeran utama dalam film ini.

Film ini mengisahkan ketika seorang ayah (Gong Yoo) dan anak sedang dalam perjalanan menuju Busan. Namun naas, virus zombie menyebar secara cepat sehingga membuat perjalanan mereka penuh dengan tantangan.

Selain membuat jantung serasa mau copot karena deg-degan, film ini juga menyayat hati dengan beberapa adegan keluarga. Tonton sekarang dan cari tau apakah mereka selamat dari ancaman zombie!

Baca juga: Tantang Adrenalin! 5 Film Horor Jepang Paling Ekstrim

Ode to My Father (2014)

source: giphy.com

Film ini menceritakan kisah bertahan hidup seorang anak laki-laki bernama Yoon Deok Soo setelah kehilangan ayah dan adik perempuannya pada evakuasi perang Korea di pelabuhan Hungnam pada tahun 1951.

Ayah dan adik perempuan Yoon Deok Soo gagal naik ke kapal saat evakuasi dan meninggalkan Deok Soo beserta ibu dan adik lelakinya. Sejak ditinggal ayahnya, Deok Soo banting tulang untuk membiayai hidup keluarganya.

Ode to My Father bakal menguras air matamu sepanjang film dengan adegan-adegan yang melankolis. Film ini menyimpan banyak pesan moral, salah satunya yaitu belajar bersyukur dengan melihat perjuangan  hidup Deok Soo.

Miracle in Cell no. 7 (2013)

source: giphy.com

Film ini bercerita tentang seorang ayah yang memiliki keterbelakangan mental dan anak perempuan. Kisah sedih dimulai ketika sang ayah dan anak harus terpaksa terpisah karena dihukum atas kasus pembunuhan yang tidak dilakukannya. 

Di dalam penjara, ia membangun persahabatan dengan para narapidana. Kemudian para narapidana itu membantunya untuk menyelundupkan anaknya agar mereka bisa bertemu.

Miracle in Cell no. 7 diangkat dari kisah nyata yang terjadi pada tahun 1972. Kamu bisa melihat bagaimana orang berkebutuhan khusus mendapat perlakuan diskriminatif. Menariknya film ini juga diadaptasi oleh penggiat sineas Indonesia. Jangan lupa siapin tisu pas mau nonton film ini!

The Thieves (2012)

source: giphy.com

Terlihat dari judulnya, film ini mengisahkan kehidupan kawanan pencuri. The Thieves menceritakan sekelompok pencuri yang serakah dan memiliki masa lalu yang tidak indah. 

Karakter pencuri yang bernama Macao Park, Pepsee, dan Popie pernah bekerjasama dalam suatu pencurian. Macao park dan pepsee terlibat kisah cinta selama pencurian berlangsung. Namun mereka berdua putus, Macao Park kabur dan Pepsee ditangkap. 

Beberapa tahun kemudian Pepsee keluar dari penjara dan kembali melancarkan aksi pencurian. Ia bekerjasama dengan beberapa anggota pencuri lain salah satunya yaitu mantan pacarnya, Macao Park. Apakah masa lalu mereka memengaruhi aksi pencurian kali ini? Nonton yuk daripada makin penasaran!

Itu dia 10 rekomendasi film korea terbaik sepanjang masa. Udah gak bingung lagi kan mau nonton apa? Sekarang film Korea udah gampang banget dicari. Berbagai streaming service kaya Netflix udah menyediakan film-film Korea.

Nonton film Korea bakal lebih asik kalau kamu udah tau percakapan bahasa Korea dan artinya. Jadi kamu bisa sambil asah listening skill bahasa Koreamu. Fighting!

Baca juga: Selain Annyeong, Tahu Nggak Arti Kosakata Bahasa Korea Ini?

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google