Arti Yeppeo dan 7 Ungkapan Cantik Lainnya dalam Bahasa Korea

yeppeo-artinya

Sebagai fans Drama Korea, kamu pasti sudah tidak asing dengan kata “yeppeo.” Jangan salah, ya, kata “yeppeo” artinya berbeda dengan “yeobo.” Meskipun sekilas memiliki pelafalan yang mirip, namun keduanya memiliki makna yang sangat berbeda. 

Dalam artikel ini, kita akan mengupas tuntas makna dan penggunaan kata “yeppeo,” serta mencari tahu kata lain yang bisa digunakan untuk mengatakan cantik dalam bahasa Korea. Yuk, simak selengkapnya!

Table of Contents

Arti Yeppeo dalam Bahasa Korea

Dalam bahasa Korea, yeppeo (예뻐) artinya cantik. Kata ini umumnya digunakan untuk memuji kecantikan atau keindahan perempuan. Selain ini yeppeo juga sering digunakan untuk menggambarkan sesuatu atau seseorang yang memiliki penampilan menarik. Jika kamu ingin mengatakan bahwa seseorang atau sesuatu sangatlah cantik, kamu bisa menambahkan kata “neomu”, sehingga menjadi neomu yeppeo yang artinya “sangat cantik/sangat indah”.

Kata yeppeo (예뻐) adalah bentuk informal yang penggunaanya hanya di antara teman-teman atau orang yang lebih muda.

Variasi Kata Cantik dalam Bahasa Korea

Ada beberapa variasi dari kata yeppeo dan variasi lain untuk mengatakan cantik dalam bahasa Korea. Yuk, simak!

(1) Yeppeumnida (예쁩니다)

Yang pertama ada yeppeumnida (예쁩니다). Ini adalah bentuk paling formal dari turunan kata yeppeuda. Biasanya digunakan untuk memuji seseorang, benda, dll di dalam acara-acara resmi.

(2) Yeppeoyo (예뻐요)

Kata yeppeoyo (예뻐요) juga bisa digunakan untuk menyebut cantik dalam bahasa Korea. Meskipun tidak seformal yeppeumnida (예쁩니다), namun kata ini tergolong sopan dan bisa digunakan dalam situasi kasual untuk memuji seseorang yang lebih tua.

(3) Areumdapseumnida (아름답습니다)

Untuk memuji pemandangan cantik atau Indah dalam bahasa Korea, kamu juga bisa menggunakan areumdapseumnida (아름답습니다). Kata ini merupakan bentuk paling baku dari turunan kata areumdapda. Kamu bisa menggunakan kata ini dalam acara resmi.

(4) Areumdawoyo (아름다워요)

Areumdawoyo (아름다워요) merupakan bentuk semiformal dari ungkapan sebelumnya. Kamu bisa menggunakannya untuk memuji kecantikan atau keindahan pemandangan dalam situasi kasual.

(5) Areumdawo (아름다워)

Nah, kalau kata yang satu ini merupakan bentuk non formal dari turunan kata areumdapda. Kamu bisa menggunakannya ketika akan memuji pemandangan indah di depan teman sebaya atau seseorang yang sudah akrab denganmu. 

(6) Ippeoyo (이뻐요)

Kata yang satu ini juga memiliki arti cantik dalam bahasa Korea. Meskipun tergolong sopan dan bisa digunakan untuk memuji orang yang lebih tua, namun kata ini disarankan digunakan untuk memuji kecantikan seseorang yang sudah akrab denganmu saja.

(7) Ippeo (이뻐)

Last but not least ada ippeo (이뻐). Bisa dikatakan bahwa kata ini merupakan bentuk slang dari ungkapan cantik dalam bahasa Korea. Biasanya hanya digunakan untuk memuji orang yang sudah lama kenal dan biasanya digunakan di kalangan anak-anak muda.

Contoh Kalimat

Agar kamu lebih memahami penggunaan yeppeo dalam kalimat, yuk simak beberapa contoh kalimat berikut!

  • 오늘 정말 예뻐요! 입고 있는 옷도 정말 잘 어울려요.
    (Oneul jeongmal yeppeoyo! Ipgo inneun ot-do jeongmal jal eo-ullyeoyo.)
    Kamu sangat cantik hari ini! Baju yang kau kenakan juga sangat cocok
  • 저 튤립 정원 좀 봐요, 정말 예뻐요!
    (Jeo tyullip jeongwon jom bwayo, jeongmal yeppeoyo!)
    Lihat kebun bunga tulip itu, sangat cantik!
  • 이 해변의 저녁 풍경은 정말 아름다워요.
    (I haebyeon-e jeonyeok pung-gyeong-eun jeongmal areumdawoyo.)
    Pemandangan sore hari di pantai ini sangat indah.
  • 저 신부는 정말 예뻐요, 또한 우아해 보여요.
    (Jeo sinbu-neun jeongmal yeppeoyo, ttohan ua-hae boyeoyo.)
    Pengantin itu sangat cantik, dia juga terlihat anggun.
  • 오늘 엄마가 정말 예쁘고 단정해 보여요.
    (Oneul eomma-ga jeongmal yeppeugo danjeong-hae boyeoyo.)
    Ibu terlihat cantik dan rapi sekali hari ini.

Itulah penjelasan mengenai yeppeo dan artinya lengkap dengan variasi-variasinya. Kata tersebut tidak hanya mencerminkan keindahan fisik, kata ini juga dapat digunakan untuk mengekspresikan kekaguman terhadap berbagai aspek kehidupan yang menawan. Jadi, saat Anda mendengar atau menggunakan kata “예뻐 (yeppeo)”, ingatlah bahwa itu lebih dari sekadar pujian—itu adalah pengakuan akan sesuatu yang benar-benar memikat dan indah.

Untuk kamu yang ingin lebih jago bahasa Korea, yuk booking dan daftar kelas bahasa Korea di Cakap sekarang karena #SiapaCakapDiaDapat!

(Konten Telah Ditinjau Ulang oleh Andi Qaraarin, Cakap Korean Teacher)

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Korea Seperti Artis Favoritmu

Pelajari semuanya mulai dari:

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat