Bahasa Korea “Teman” dan Variasi Lain Penyebutannya

bahasa-korea-teman

Bicara tentang bahasa Korea, kata “teman” mungkin jadi salah satu kosakata Bahasa Korea yang sudah familiar penyebutannya. Namun tahukah kamu bahwa bahasa Korea teman tidak hanya satu, kata tersebut memiliki banyak variasi penyebutan sesuai dengan konteks hubungan yang dimiliki seseorang. Penasaran? Yuk, cari tahu selengkapnya seputar bahasa Korea teman, variasi, dan contoh kalimatnya!

Table of Contents

Teman dalam Bahasa Korea

Jika diterjemahkan dalam bahasa Korea, kata teman disebut dengan 친구 (chingu). Ketika menggunakan kata 친구 (chingu), kamu harus sedikit berhati-hati karena bahasa Korea sangat memperhatikan usia penutur dan hubungan di antara keduanya. Kamu hanya bisa menggunakan kata 친구 (chingu) saat berbicara dengan orang yang seumuran atau dengan teman dekat.

Ketika kamu ingin menyebut seorang teman dengan sebutan “temanku” (merujuk hanya pada satu teman) dalam bahasa Korea, gunakan kata 제 친구 (je chin-gu). Namun jika kamu ingin mengatakan “temanku” dengan merujuk ke banyak teman, gunakanlah kata 제 친구들 (je chin-gu-deul).

Sebutan Hubungan Pertemanan dalam Bahasa Korea

Kata “hubungan” dalam bahasa Korea disebut dengan 관계 (gwangye). Sedangkan istilah untuk hubungan pertemanan atau friendship disebut dengan 우정 (ujeong).

Di bawah ini ada beberapa variasi kata yang mengacu pada hubungan pertemanan yang dimiliki dengan orang-orang di sekitar kita.

(1) Sahabat/Teman Baik

Sahabat adalah another level dari pertemanan, di mana dua orang atau lebih berteman dengan sangat baik. Ada beberapa cara untuk merujuk kata sahabat dalam bahasa Korea. Kosakata yang paling umum digunakan adalah 베프 (bepeu), istilah slang yang lahir dari singkatan frase Konglish berupa 베스트 프렌드 (beseuteu peurendeu).

Selain itu, kamu juga bisa memakai kata 절친한 친구 (jeolchinhan chingu) atau biasa disingkat menjadi 절친 (jeolchin), untuk menyebut “teman baik”.

Jika kamu masih belum puas menggunakan dua kata tersebut untuk mengungkapkan “sahabat” dalam bahasa Korea, maka ada satu lagi referensi kosakata bahasa Korea yang bisa digunakan, yaitu 친한 친구 (chin-han chin-gu) yang berarti “teman dekat”.

(2) Teman Lama

Teman lama adalah teman yang dikenal dalam rentang kurun waktu tertentu. Bisa jadi dari orang yang kamu kenal dari masa lalu. Nah, jika kamu sudah berteman lama dengan seseorang, kamu bisa menyebut mereka dengan sebutan 오랜 친구 (o-raen chin-gu).

(3) Teman Masa Kecil

Untuk kamu yang masih menjalin hubungan dengan teman masa kecil, kamu perlu mengetahui bahasa Koreanya teman masa kecil. Berbeda dengan teman lama, teman masa kecil adalah teman yang kamu temui di masa kanak-kanak. Untuk menyebutnya dalam bahasa Korea, kamu bisa menggunakan kata 어린 시절 친구 (eolin sijeol chingu).

(4) Teman Sekelas

Setiap orang pasti memiliki teman kelas, baik teman kelas di sekolah dasar, menengah, maupun perguruan tinggi. Kamu bisa menggunakan kata 반 친구 (ban chingu) untuk menyebut atau memanggil teman sekelas. Namun bila “teman sekelas” yang dibicarakan mengacu pada beberapa orang, maka gunakan 반 친구들 (ban chingudeul).

Belajar Bahasa Korea di Aplikasi Cakap, Bebas Atur Jadwal Kelas

(5) Teman Sekolah

Jika teman sekelas disebut dengan 반 친구 (ban chingu), lain halnya dengan teman sekolah. Dalam bahasa Korea, teman sekolah disebut dengan 학교 친구 (hak-gyo chin-gu). Kamu bisa menggunakannya untuk menyebut teman/kenalanmu di sekolah bahkan yang tidak pernah berada di satu kelas yang sama.

(6) Rekan/Teman Kerja

Rekan kerja atau co-worker adalah mereka yang pernah, sedang, atau akan bekerja sama denganmu. Gunakan kata 동료 (dongnyo) untuk menyebut rekan kerja/kolega dalam bahasa Korea.

(7) Kenalan

Variasi bahasa Korea teman yang terakhir adalah “kenalan”. Ketika kamu mengenal seseorang, tetapi belum benar-benar berteman, kamu bisa menyebutnya dengan panggilan 아는 사람 (aneun saram). Secara umum kata tersebut memiliki arti terjemahan “orang yang saya kenal”.

 

Pelajari juga penggunaan kata jinjja di sini: Ini Arti Jinjja, Kata yang Sering Kamu Dengar di K-Drama

Contoh Kalimat “Teman” dalam Bahasa Korea

Biar kamu nggak cuma paham dengan konteks kata per kata yang merujuk teman dalam bahasa Korea, yuk simak contoh kalimat berikut biar bisa memahaminya dalam bentuk yang utuh.

  • 라니는 나의 가장 친한 친구입니다. 당신은 20년 동안 친구였습니다.
    (ranineun na-e gajang chinhan chingu-imnida. dangsin-eun isib nyeon dong-an chinguyeossseumnida.)

    Rani adalah sahabat saya. Kamu sudah berteman selama 20 tahun.

  • 정말 착하고 재미있는 학교 친구들이 있습니다.
    (jeongmal chakhago jaemiinneun haggyo chingudeur-i issseumnida.)

    Saya punya beberapa teman sekolah yang sangat baik dan lucu.

  • Mr. Dean은 새 사무실의 제 동료입니다.
    (Mr. Dean-eun sae samusir-e je dongnyo imnida.)
    Pak Dean adalah rekan kerja saya di kantor baru.

  • Anna와 Mia는 나와 같은 반 친구가 있습니다.
    (Annawa Mianeun nawa gat-eun ban chinguga issseumnida.)
    Anna dan Mia memiliki teman sekelas yang sama denganku.

  • 놀랍게도 오늘 오랜 친구를 만났습니다.
    (Nollabgedo oneul oraen chingureul mannassseumnida.)
    Sangat mengejutkan, hari ini dia bertemu dengan teman lamanya.

Tips Menghafal Kosakata “Teman” dalam Bahasa Korea by Andi Qaraarin

Untuk menghafal variasi penyebutan teman dalam bahasa Korea sebenarnya cukup mudah. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menghafal kata dasarnya, yaitu 친구 (chingu) yang berarti teman. Kemudian, hafalkan kata depan atau akhiran dari kata 친구 (chingu) sesuai dengan arti dari variasi kosakata yang dituju.

Selanjutnya, kalian bisa membuat beberapa kalimat menggunakan kosakata “teman” yang sudah dipelajari sebelumnya. Agar kamu bisa lebih terbiasa dan dapat dengan mudah mengingat kosakatanya. 

Itu dia bahasa Korea teman dan beberapa variasi kosakata untuk mengungkapkan hubungan pertemanan. Buat kamu yang ingin lebih jago dan mahir berbahasa Korea, yuk daftarkan dirimu untuk mengikuti kursus bahasa Korea online Cakap karena #SiapaCakapDiadapat!

Referensi:

  • 90dayskorean.com
  • Learnkorean24.com

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Korea Seperti Artis Favoritmu

Pelajari semuanya mulai dari:

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat