Ini Arti Jinjja, Kata yang Sering Kamu Dengar di K-Drama

jinjja artinya

Pencinta Drama Korea pasti sudah familiar dengan kata jinjja. Sebab, karakter drama Korea sering menyebut kata yang satu ini. Namun begitu, apakah kamu sudah mengetahui jinjja artinya apa? Simak penjelasannya di bawah ini yuk!

Arti 진짜 (jinjja)

source: giphy.com

Dalam bahasa Indonesia, 진짜 (jinjja) artinya ‘betulkah’ atau ‘serius’. Kata ini umumnya diucapkan ketika seseorang terkejut saat berbicara dengan seseorang. Maka, jika dilihat di drama korea, para aktor dan aktris memasang mimik terkejut ketika mengucapkannnya.

Selain itu, jinjja juga memiliki arti yang sama dengan ‘sangat’ atau ‘benar-benar’. Misalkan, kamu ingin mengucapkan ‘benar-benar cantik’, kamu bisa menggunakan ‘진짜 예뻐 (jinjja yeppeo)’.

Baca Juga: Ini Dia Bahasa Korea Cantik yang Sering Digunakan

Cara Menggunakan Kata 진짜 (jinjja)

Nah, jinjja tidak bisa diucapkan di sembarang tempat, yeorobun. Sebab, kata ini memiliki sifat informal sehingga terkesan tidak sopan jika kamu mengucapkannya kepada orang yang lebih tua. Seperti yang diketahui bahwa orang Korea menjunjung tinggi hierarki baik dari segi umur maupun level.

Lantas, bagaimana jika kamu terkejut ketika berbicara dengan orang yang lebih tua atau level yang lebih tinggi darimu? Nah, jinjja memiliki bentuk formal yakni 진짜요 (jinjjayo). Tambahan 요 (yo) di akhir kata mengubahnya menjadi lebih sopan.

Buat Akun Cakap Sekarang, Dapatkan Cakap Club Gratis 14 Hari

Contoh Kalimat 진짜 (jinjja)

Untuk benar-benar memahami jinjja artinya apa, kamu dapat melihat contoh kalimat di bawah ini.

아니, 진짜요? 그럼 그 다음에 무슨 일이 있었어요? Ani, jinjjayo? geureom geu daeume museun iri isseosseoyo? Serius? Lalu apa yang akan terjadi selanjutnya?

나 예뻐? 진짜? Na yeppeo? Jinjja? Aku cantik? Serius?

Kata Lain Selain 진짜 (jinjja)

source: giphy.com

Kata 진짜 (jinjja) bukanlah satu-satunya kata yang memiliki arti ‘betulkah’ atau ‘serius’. Masih ada kosakata Bahasa Korea lainnya, diantaranya:

정말 (jeongmal)

Kata 정말 (jeongmal) artinya betulkah atau sungguh. Kata ini tergolong tidak sopan, sehingga hanya dapat diucapkan pada teman akrab atau orang yang lebih muda darimu. 

정말입니까? (jeongmarimnikka)

정말입니까? (jeongmarimnikka) merupakan bentuk formal dari kata jeongmal yang biasa digunakan sebagai sebuah pertanyaan. Kamu bisa menggunakannya dalam interview atau presentasi. Berikut contoh kalimatnya:

매일 아침마다 조깅을 하신다면서요. 그게 정말입니까? Maeil achimmada jogingeul hasindamyeonseoyo. Geuge jeongmarimnikka? Kamu bilang kamu jogging setiap hari. Benarkah itu?

Belajar Bahasa Korea di Cakap, Interaksi Langsung dengan Tutornya

정말입니다 (jeongmarimnida)

정말입니다 (jeongmarimnida) merupakan bentuk formal dari kata jeongmal yang biasa digunakan sebagai sebuah jawaban. Kamu bisa menggunakannya dalam interview atau presentasi. Berikut contoh percakapannya:

A: 매일 아침마다 조깅을 하신다면서요. 그게 정말입니까?
Maeil achimmada jogingeul hasindamyeonseoyo.Geuge jeongmarimnikka?
Kamu bilang kamu jogging setiap hari. Benarkah itu?

B: 네, 정말입니다.
Ne, jeongmarimnida
Ya, itu benar.

정말요 (jeongmallyo)

정말요 (jeongmallyo) masih tergolong sopan, tetapi tidak tepat jika digunakan dalam konteks formal. Kamu dapat menggunakannya dalam percakapan sehari-hari kepada orang yang lebih tua darimu.

Nah, sekarang kamu sudah mengetahui jinjja artinya apa dan ucapan lain yang bisa kamu gunakan. Untuk menguasainya, kamu bisa belajar Bahasa Korea di Cakap. Di sana, kamu bisa interaksi langsung dengan tutornya. Dijamin jadi pede ngobrol sama oppa-oppa Korea!

Baca Juga:

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Korea Seperti Artis Favoritmu

Pelajari semuanya mulai dari:

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat