Berbagai Cara Mengucapkan ‘Good Job’ dalam Bahasa Korea

good job in korean

Jika suatu hari kamu mendapati seorang teman atau rekan yang berhasil meraih cita-cita besarnya, atau mendapatkan hal-hal kecil dan sederhana sekali pun, jangan lupa untuk mengatakan “good job”. Frasa ini menjadi salah satu frasa ajaib yang apabila dikatakan bisa membangkitkan rasa percaya diri, semangat, dan mood bagi penerimanya. Good job sendiri artinya “kerja bagus”. Ada banyak versi mengatakan “good job” dalam berbagai bahasa, salah satunya adalah Korea. So, how to say “good job” in Korean? 

Korea mengenal 3 versi untuk mengatakan “good job”, yaitu formal, standar, dan informal. Let’s get to it!

Good Job in Korean (Formal)

Photo from Pexels

Dalam situasi formal, ada dua kosakata yang bisa digunakan untuk mengatakan “good job”, yaitu 고생하셨습니다 (gosaenghasyeossseubnida) dan 수고하셨습니다 (sugohasyeossseubnida). Lalu, apa yang beda dari keduanya?

고생하셨습니다 (gosaenghasyeossseubnida) 

Kosakata ini kurang lebih memiliki arti “kamu sudah melakukan pekerjaan dengan baik/kerja bagus/kamu telah bekerja keras”. Ungkapan ini cocok untuk digunakan setelah seseorang menyelesaikan hari yang panjang di tempat kerja. Ungkapan “good job” in Korean ini juga bisa digunakan untuk seseorang yang sudah menyelesaikan sesuatu yang sulit dengan waktu yang lama.

수고하셨습니다 (sugohasyeossseubnida)

Sugohasyeossseubnida bisa digunakan untuk mengatakan “good job” dalam bahasa Korea versi formal. Ungkapan ini sendiri memiliki arti terima kasih atas kerja keras Anda. Kamu bisa menggunakan ungkapan ini kepada seseorang yang membantumu secara tidak langsung (Misalnya jika mereka hanya membantu menyelesaikan presentasi atau membantu di hari terakhir kerja).

Belajar Bahasa Korea di Aplikasi Cakap, Bebas Atur Jadwal Kelas

Good Job in Korean (Standard)

good job in korean
Photo from Freepik

Dalam bahasa Korea standar atau yang biasa digunakan sehari-hari, ada tiga kosakata yang bisa digunakan untuk mengatakan “good job” in Korean.

고생했어요 (gosaenghaess-eoyo)

Yang pertama adalah 고생했어요 (gosaenghaess-eoyo). Kosakata tersebut memiliki arti “kerja bagus/kerja baik”. 

고생 많았어요 (gosaeng manh-ass-eoyo)

Selanjutnya adalah 고생 많았어요 (gosaeng manh-ass-eoyo). Kosakata ini memiliki arti kerja bagus. Kamu bisa menggunakan ungkapan ini kepada seseorang yang sudah melalui waktu sulit dan mampu melewatinya.

수고했어요 (sugohaess-eoyo)

Nah, kosakata yang terakhir untuk mengatakan “good job” dalam bahasa Korea standard adalah 수고했어요 (sugohaess-eoyo). Kosakata tersebut memiliki arti “kerja baik/kerja bagus/kamu sudah bekerja keras”. 

Raih Mimpi Kuliah di Korea dengan Kursus Bahasa Korea di Cakap

Good Job in Korean (Informal)

good job in korean
Photo from Freepik

Selain mengenal versi formal dan standar, kosakata “good job” in Korean juga tersedia dalam versi informal. Kamu bisa menggunakan ungkapan ini dalam konteks dan situasi informal kepada orang terdekat atau teman-temanmu. Ada tiga cara mengatakan informal “good job” in Korean.

고생했어 (gosaenghaess-eo)

Dalam acara dan situasi informal, kamu bisa menggunakan 고생했어 (gosaenghaess-eo) untuk mengatakan “kerja bagus” kepada orang terdekatmu.

수고했어 (sugohaess-eo)

Para pencinta drama Korea pasti tidak asing dengan kosakata yang satu ini. Ungkapan yang berarti “kerja bagus” ini sering muncul dalam dialog para tokoh di drama-drama Korea.

잘했어 (jalhaess-eo)

Ungkapan “good job” dalam bahasa Korea yang terakhir adalah 잘했어 (jalhaess-eo). Jalhaess-eo kurang lebih berarti kerja bagus atau kamu melakukannya dengan baik.

Berbagai cara mengucapkan “good job” dalam bahasa Korea di atas sebenarnya memiliki kosakata inti yang sama. Kosakata tersebut kemudian diturunkan dengan berbagai aksen dan imbuhan yang menjadikannya formal, standar, dan informal.

Kamu suka bahasa Korea, tapi hanya belajar lewat drama? Yuk, kembangin kemampuan bahasa Korea-mu bersama kursus bahasa Korea Cakap. Di sana kamu bisa belajar dengan teachers yang profesional dan asik. Ada teachers yang merupakan native speaker juga, lho!

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Panduan Lengkap Belajar Hangeul Korea Dengan E-Book GRATIS!

Belajar Hangeul terasa jadi lebih asik dengan E-Book eksklusif ini. Kamu bisa dapatkan tips and triknya dengan mengisi data di bawah ini!

      #SiapaCakapDiaDapat