Pahami Cara Mudah Menyebutkan Waktu dalam Bahasa Korea

jam dalam bahasa korea

Berbicara mengenai waktu dalam bahasa Korea, pasti berkaitan dengan angka. Nah, sebelum kamu belajar mengenai penyebutan jam dan menit dalam bahasa Korea, kamu perlu tahu sedikit tentang angka dalam bahasa Korea agar belajarmu jadi lebih mudah.

Mengapa demikian? Karena pada dasarnya penyebutan jam dan menit dalam bahasa Korea selalu disertai angka yang dituju. Makin penasaran bukan gimana cara penyebutannya? Let’s get to it!

Waktu dalam Bahasa Koreajam dalam bahasa korea

Bahasa Korea tentang waktu menggunakan 2 sistem bilangan yang berlaku. Untuk menyebutkan jam dalam bahasa Korea, kamu bisa menggunakan bilangan asli bahasa Korea. Namun, untuk penyebutan menit dan detik dalam bahasa Korea, kamu harus menggunakan bilangan sino Korea. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut!

Belajar Bahasa Korea di Aplikasi Cakap, Bebas Atur Jadwal Kelas

Cara Penyebutan Jam 

jam dalam bahasa korea

Saat akan memberitahu jam dalam bahasa Korea, kamu bisa menggunakan kata 시 (si) atau 시간 (sigan). Lalu untuk penyebutan angka pada jamnya, gunakanlah bilangan asli bahasa korea dari sistem nomor 하나 (hana), 둘 (dul), 셋 (set) dan seterusnya.

시 (si) digunakan untuk menyatakan waktu, seperti jam 4, jam 2, jam 3. Sedangkan 시간 (sigan) digunakan untuk menyebutkan sejumlah waktu, seperti 4 jam, 2 jam, 3 jam. Perhatikan contoh berikut:

  • 두시 (dusi)jam dua
  • 네 시간 | (ne sigan) empat jam

Cara Penyebutan Menit

jam dalam bahasa korea

Bahasa Korea waktu yang digunakan untuk menyebutkan menit adalah 분 (bun). Untuk penyebutan angka pada menitnya, kamu bisa menggunakan sistem bilangan sino Korea, yaitu 일 (il), 이 (i), 삼 (sam), dan seterusnya. Tidak seperti jam yang memiliki dua variasi penyebutan yang berbeda, 분 (bun) digunakan untuk menyebutkan keduanya, yaitu menyatakan waktu dan menyebutkan jumlah waktu.

Contoh:

  • 삼십 분 (samsip bun)30 menit
  • 사십이 분 (sasip-i bun)42 menit

Raih Mimpi Kuliah di Korea dengan Kursus Bahasa Korea di Cakap

Cara Penyebutan Jam dan Menit

jam dalam bahasa korea

Setelah mengetahui pemaparan satu persatu tentang jam dan menit, saatnya mempelajari cara penyebutan keduanya. Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam penyebutan jam dan menit dalam bahasa Korea adalah penyebutan untuk “setengah lewat/half past”, kamu bisa menggunakan kata 반 (ban) untuk menyebut “half past”. Penggunaan 반 (ban) dapat memudahkan dan menyederhanakan penulisan.

Contoh:

  • 삼시 반 (samsi ban) pukul 03:30
  • 네시 반 (nesi ban) pukul 04:30

Sistem Jam dalam Bahasa Korea

jam dalam bahasa korea

Sistem jam dalam bahasa Korea sedikit berbeda dengan sistem di Indonesia. Di Korea, sistem waktu yang digunakan adalah 12 jam, bukan 24 jam. Untuk memperjelas waktu, diberlakukan keterangan berikut ini:

오전 (ojeon) penggunaanya sama dengan AM dalam bahasa Inggris.

오후 (ohu) penggunaanya sama dengan kata PM dalam bahasa Inggris.

Selain menggunakan keterangan di atas, kamu juga bisa menggunakan keterangan waktu menggunakan kata berikut, 아침 (achim) untuk pagi dan 저녁 (jeonyeog) untuk sore.

Contoh:

  • 오전 두시 십삼분 (ojeon dusi sibsambun). Jam dua lebih tiga belas pagi.
  • 오후 시 (ohu samsi). Jam tiga siang.

Agar pemahamanmu seputar kosakata bahasa Korea tentang waktu semakin baik, kamu bisa mencoba membuat contoh kalimat yang berhubungan dengan jam dan menit dengan versimu!

Mau belajar bahasa Korea lebih lanjut? Cakap adalah solusi terbaik untukmu! Bersama kursus bahasa Korea Cakap, kamu bisa meningkatkan kemampuan berbahasa Koreamu. Setelah itu, dijamin deh nonton drama dan dengerin lagu K-Pop pasti jadi lebih seru! Buruan daftar Cakap sekarang juga!

Baca juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks