7 Cara Mengucapkan Selamat Tidur dalam Bahasa Korea

selamat tidur dalam bahasa korea

Mengucapkan selamat tidur merupakan hal kecil yang berarti bagi orang sekelilingmu. Seperti sebuah pengharapan untuk bisa bertemu di esok hari, mengucapkan selamat tidur juga merupakan salah satu cara mengungkapkan rasa perhatianmu kepada orang terdekat.

Seperti kosakata bahasa Korea lainnya, selamat tidur dalam bahasa Korea memiliki tingkatan bahasa mulai dari formal hingga non-formal. Ketahui ucapan selamat tidur dalam bahasa Korea dengan simak penjelasannya di bawah ini.

Ucapan Selamat Tidur dalam Bahasa Korea Bentuk Formal

source: giphy.com

1. 안녕히 주무세요 (annyeonghi jumuseyo)

Kata 주무 세요 (jumuseyo) merupakan bentuk formal dari 자다 (jada atau tidur). Untuk menunjukkan rasa hormat dalam bahasa Korea, kamu tidak hanya perlu menambahkan ‘시’ (si)  ke dalam kalimat, tetapi kamu juga perlu mengubah kata-kata tertentu.

Kata 계세요 (gyeseyo) berasal dari versi kehormatan 있다 (itda). Jika kamu ingin mengatakan selamat tidur dalam bahasa Korea dengan suasana formal, maka kamu harus menggunakan kata 주무 세요 (jumuseyo).

Gunakan ucapan 안녕히 주무 세요 (annyeonghi jumuseyo) saat berbicara dengan orang yang lebih tua atau orang yang belum dekat denganmu.

Baca Juga: 5 Panggilan Sayang dalam Bahasa Korea Paling Romantis

Bisa Belajar Bahasa Inggris Gratis 14 Hari dengan Daftar Cakap

2. 편안한 밤 되세요 (pyeonanhan bam doeseyo)

Ungkapan lain yang bisa kamu gunakan secara formal adalah 편안한 밤 되세요 (pyeonanhan bam doeseyo). Ucapan selamat tidur dalam bahasa Korea ini terdiri dari kata kerja 편안 하다 (pyeonanhada) yang artinya nyaman dan kata 밤 (bam) yang berarti ‘malam’ sehingga makna literalnya kurang lebih sama dengan ucapan ‘selamat malam’.

Sama seperti ungkapan sebelumnya, kamu bisa gunakan ungkapan ini kepada orang yang lebih tua atau orang yang belum kamu kenal secara personal.

3. 잘 자요 (jal jayo)

Sebagai penggemar drama Korea, pasti kamu tidak asing dengan ucapan selamat tidur dalam bahasa Korea yang satu ini. Ucapan ‘jaljayo’ memang sering muncul di berbagai judul drama dan penggunaannya juga sangat populer bagi pasangan di Korea.

Ucapan ini tergolong sebagai kalimat yang formal dan sopan karena berakhiran memiliki akhiran frasa ‘요’ (yo). Kamu bisa menggunakan kalimat ini kepada orang yang lebih tua atau kepada orang yang belum terlalu akrab denganmu.

Ucapan Selamat Tidur dalam Bahasa Korea Bentuk Informal

source: giphy.com

1. 잘 자 (jalja)

Nah, ucapan selamat tidur dalam bahasa Korea 잘 자요 (jal jayo) juga bisa kamu gunakan secara lebih informal dengan cara menghilangkan frasa ‘요’ (yo). Kamu bisa gunakan kata ‘jalja’ yang juga memiliki arti yang sama, yakni ‘selamat tidur’.

Ucapan selamat tidur dalam bahasa Korea ini dapat digunakan kepada teman sebayamu atau orang yang lebih muda. Kamu bisa menggunakan kalimat ini dan dilanjutkan dengan kalimat permohonan seperti 잘 자. 좋은 꿈 꿔 (jal ja. joh-eun kkum kkwo) “semoga kamu bermimpi indah”.

Baca Juga: 7 Cara Mengungkapkan Rasa Rindu dalam Bahasa Korea

Tambah Skill Bahasa Korea Kamu bersama Teacher Cakap

2. 좋은 꿈 꿔 (joeun kkum kkwo)

좋은 꿈 꿔 (joeun kkum kkwo) terdiri dari dua kata yakni 좋은 (joeun) yang berarti ‘baik’ dan 꿈 꾸다 (kkum kkuda) yang berarti ‘bermimpi’. Jika digabungkan, ucapan selamat tidur dalam bahasa Korea ini memiliki arti yang sama dengan semoga mimpi indah. Kamu bisa menggunakan ungkapan ini kepada orang terdekat, teman sebaya, dan orang-orang yang lebih muda darimu.

3. 잘 자 내 꿈꿔 (Jal ja nae kkum kkweo)

Ucapan selamat tidur dalam bahasa Korea ini memiliki arti yang cukup romantis untuk diucapkan kepada pasangan. Ucapan ‘jal ja nae kkum kkweo’ memiliki arti secara harfiah yakni ‘selamat malam, mimpikan aku’.

Kamu bisa menggunakan kalimat ini baik kepada orang tersayang maupun kepada pasanganmu. Gimana? Tertarik mencoba mengucapkan ungkapan ini kepada pasanganmu?

4. 네가 오늘 밤에 잘 자길 바라는데 (nega oneul bam-e jal jagil balaneunde)

Ucapan selamat tidur dalam bahasa Korea juga memiliki arti yang romantis. Sebagai harapan untuk tidur yang menyenangkan, nega oneul bam-e jal jagil balaneunde memiliki arti secara harfiah yakni “aku harap kamu tertidur nyenyak malam ini”.

Kalimat yang satu ini memiliki bentuk yang lebih menyentuh sekaligus mendoakan agar lawan bicaramu bisa tidur dengan nyenyak. Kalimat ini bisa kamu ucapkan kepada teman sebaya, kekasih, atau orang yang lebih muda daripada kamu.

Itu dia beberapa ucapan selamat tidur dalam bahasa Korea yang bisa kamu gunakan kepada lawan bicaramu. Kamu juga dapat mempelajari cara mengucapkan selamat pagi dalam bahasa Korea.

Masih banyak juga kosakata lainnya yang bisa dipelajari untuk melatih percakapan bahasa Korea sehari-hari. Tentunya, kamu perlu bimbingan dalam cara pengucapan dan penulisan ungkapan tersebut.

Jangan khawatir, kamu bisa membiasakan diri dengan belajar bahasa Korea di Cakap. Di sana, kamu akan dibimbing langsung oleh tutor profesional. Bukan hanya bahasa, kamu juga bisa memperkaya wawasanmu mengenai budaya Korea. Yuk, daftar sekarang juga!

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks