Jangan Resah, Tips Ini Bisa Bantu Kamu Belajar Bahasa Korea

tips belajar korea

Sudah sejauh apa kamu belajar bahasa Korea? Dalam belajar bahasa asing, kuncinya adalah rajin menggunakan bahasa tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Terlebih buat kamu yang belajar bahasa asing secara otodidak, butuh komitmen biar makin mantap!

Sekarang, belajar bahasa Korea sudah banyak caranya. Nggak hanya terbatas dengan kursus konvensional, kamu juga bisa belajar bahasa Korea lewat Youtube, film, lagu, hingga komik. Supaya makin asyik, coba dulu nih tips and trick di bawah ini!

Reading

source: giphy.com

Alphabet Korea atau Hangul pada awalnya bisa agak memusingkan. Eits, tapi tenang aja. Dengan tips and trick ini, baca Hangul nggak lagi jadi masalah!

Hangul pertama kali ditulis oleh Raja Sejong tahun 1446. Huruf hangul terdiri dari 24 huruf, terbagi menjadi 14 huruf konsonan dan 10 huruf vokal. Raja Sejong menulis 훈민정음 (Hunminjeongeum) yang menjelaskan tujuan dan penjelasan dari dibuatnya Hangul. 

How to be familiar with Hangul? Setelah menghafalkan seluruh hurufnya, kamu bisa mulai dengan latihan membaca lewat poster-poster film Korea, belajar menggunakan flash card, atau dengan membaca buku cerita anak. Coba baca hangul 5-10 menit setiap harinya agar semakin fasih.

Belajar bahasa Korea sambil baca komik? Nah, coba unggah Webtoon di handphone kamu. Selain entertaining, kamu juga bisa membaca Webtoon dimanapun disela-sela waktu kamu. Kamu juga bisa memperkaya kosakata kamu dengan mencatat kata-kata baru yang kamu temukan dari komik favorit kamu.

Romanisasi merupakan konversi penulisan dari sistem tulisan yang berbeda dari huruf latin ke huruf latin. Setelah kamu hafal huruf hangul, coba mulai biasakan baca hangul tanpa romanisasi huruf latinnya. Seperti yang biasa dibilang, semua bisa karena biasa. Jadi, yuk mulai biasakan!

Writing

source: giphy.com

Kurang lengkap rasanya kalau belajar bahasa tapi nggak sekalian dengan menulisnya. Meskipun bahasa Korea menggunakan Hangul, ternyata menulisnya nggak sesulit bayanganmu kok. Hmm, gimana ya caranya?

Mulailah dengan kata-kata yang biasa kamu gunakan sehari-hari seperti angka, hari, dan kegiatan-kegiatanmu setiap harinya. Misal kamu selalu pergi ke sekolah setiap hari, coba mulai membangun kosakata dan tata bahasa Korea mengenai kegiatanmu di sekolah. 

Perkaya kosakata dan tata bahasa dengan belajar melalui Youtube. “Korean Unnie” dan “Talk to Me in Korean” merupakan dua kanal Youtube yang bisa membantu kamu belajar dengan penjelasan yang simple. Belajar bahasa Korea lewat Youtube juga dapat membantu memperdalam kemampuan mendengarmu.

Agar kamu lebih mudah mengingat, buatlah kamus kosakata dan tata bahasa Korea versimu sendiri. Kamu bisa membuat doodle, flashcards, ataupun tabel dalam kamus tersebut sesukamu selama itu membantu kamu menghafal bahasa Korea. Kalau kamu punya artis Korea favorit, bisa juga lho ditempel foto mereka biar makin semangat!

Apa itu word dump? Misal ketika kamu sedang menonton drakor lalu kamu menemukan kosakata baru. Agar nggak lupa, kamu tuliskan kosakata itu di selembar Post-It untuk kamu pelajari lebih lanjut. Nah, itu lah word dump. Akan tetapi, word dump hanya menjadi dump kalau nggak kamu cari tahu. Setelah kamu tulis, mulai digunakan juga ya!

Belajar Bahasa Korea Gak Seru Tanpa Kamu! Yuk, Gabung Cakap K-Club

Listening

source: giphy.com

K-Drama and K-Pop to the rescue! Dibanding hanya sekadar nonton, gunakan drakor favorit kamu untuk mengembangkan kemampuan listening bahasa Korea. Platform seperti Netflix, Drama Fever, dan Viki bisa kamu manfaatkan untuk menonton drakor. Nyalakan subtitle-nya agar kamu juga bisa menambah pengetahuan kosakata bahasa Koreamu.

Mulailah perhatikan bahasa yang digunakan oleh para pemain dan catat di kamusmu. Kamu bisa menggunakan tata bahasa dalam drama atau film di kehidupan sehari-hari sebagai bentuk latihan pengucapan bahasa Korea. Write your word dump!

Selain dapat meningkatkan kemampuan listening, mendengarkan musik K-Pop juga dapat memperkaya kosakata bahasa Korea kamu. Coba breakdown lirik suatu lagu satu persatu dan cocokan dengan tata bahasa yang sudah kamu pelajari. Jangan lupa terus ulangi kosakata dan tata bahasanya ya agar kamu cepat paham.

Gimana kalau kamu nggak punya banyak waktu tapi tetap ingin belajar? Dengarkan podcast solusinya! Kalau kamu beginner, kamu bisa mulai dengarkan podcast “Talk to Me in Korean” dan “Let’s Learn Korean” milik KBS World. Kalau kamu sudah cukup mahir berbahasa Korea, coba dengarkan 팟빵 (Patbbang), podcast yang full bahasa Korea.

Biar kosakata bahasa Korea kamu nggak hanya terbatas dalam annyeong dan saranghae, tips and trick di atas bisa banget mulai kamu aplikasikan. Yang terpenting, kalau kamu belajar dari nonton drama, pilih genre yang kamu suka ya. Kalau kamu belajar dengan suatu hal yang kamu suka, belajar apapun bakal lebih mudah!

Baca Juga: 

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google