Begini Cara Bilang “Sama-sama” dalam Bahasa Korea!

bahasa korea sama-sama
Begini Cara Bilang “Sama-sama” dalam Bahasa Korea!

Ketika seseorang mengucapkan “terima kasih”, kamu perlu untuk menghargai ucapan tersebut dengan membalas “sama-sama” atau “terima kasih kembali”. Hal ini juga berlaku ketika kamu bercakap dengan menggunakan bahasa Korea, lho. Ada beberapa jawaban khusus yang bisa kamu gunakan, baik dalam situasi formal, standar, maupun kasual. 

Cari tahu beberapa ucapan yang biasa digunakan untuk mengucapkan “sama-sama” dalam bahasa Korea, yuk! Check it out!

1. 천만에요 (cheonmaneyo)

bahasa korea sama-sama
Photo by tirachardz from freepik

Ketika kamu belajar bahasa Korea secara otodidak, cheonmaneyo adalah respon yang paling sering kamu temukan sebagai jawaban terima kasih. Sebenarnya, kata cheonman sendiri berarti “sepuluh juta”, namun juga sering diterjemahkan sebagai “sama-sama”. 

Meski sering digunakan oleh buku-buku belajar bahasa Korea, ternyata cheonmaneyo tidak umum digunakan dalam percakapan sehari-hari di Korea, lho!

Belajar Bahasa Korea di Aplikasi Cakap, Bebas Atur Jadwal Kelas

2. 별말씀을요 (byeolmalsseumeullyo)

 

Photo by tirachardz from freepik

Seperti diketahui, bahasa Korea memiliki beberapa bentuk berdasarkan formalitas situasi atau relasi pembicara dan pendengar. Dalam situasi formal, byeolmalsseumeullyo bisa kamu gunakan untuk mengatakan “sama-sama” dalam bahasa Korea. 

Namun karena ungkapan ini terbilang formal, jadi juga tidak sangat sering digunakan dalam percakapan kasual sehari-hari. 

3. 아닙니다 (animnida) / 아니에요 (anieyo) / 아니야 (aniya)

 

Photo by benzoix from freepik

Animnida (아닙니다) merupakan bentuk formal dari bentuk standar anieyo (아니에요) dan bentuk kasual aniya (아니야). Kata ini berarti “tidak”, namun juga bermakna “tidak apa-apa” atau “tidak masalah” sehingga bisa digunakan untuk merespon ucapan terima kasih. 

Baik animnida, anieyo, dan aniya termasuk respon yang umum digunakan dalam percakapan sehari-hari untuk merespon ucapan terima kasih.

4. 괜찮습니다 (gwaenchanseubnida) / 괜찮아요 (gwaenchanayo) / 괜찮아 (gwaenchana)

gwaenchana

 

Photo by wayhomestudio from freepik

Sama dengan animnida dan perubahan bentuknya, gwaenchanseubnida juga termasuk respon yang umum digunakan sehari-hari. Kamu tinggal menyesuaikan bentuk yang harus digunakan, apakah formal (gwaenchanseubnida), standar (gwaenchanayo), atau kasual (gwaenchana). 

Ucapan ini kadang dikombinasikan dengan  animnida/anieyo/aniya, sehingga menjadi “animnida, gwaenchanaseubnida”, atau “aniyo, gwaenchanayo”, maupun “aniya, gwaenchana”.

Raih Mimpi Kuliah di Korea dengan Kursus Bahasa Korea di Cakap

5. 예 (ye) / 네 (ne)

sama-sama dalam bahasa korea
Photo by rawpixel.com from freepik

Secara harfiah, baik ye maupun ne memiliki arti “ya” dalam bentuk standar dan kasual bahasa Korea. Kamu juga dapat menggunakan kedua kosakata bahasa Korea ini untuk menyatakan “sama-sama” dalam bahasa Korea pada percakapan sehari-hari. 

Baik ye dan ne terbilang respon yang singkat, namun umum digunakan karena mengimplikasikan bahwa ucapan terima kasih sudah diterima. 

source: giphy.com

Berdasarkan penjelasan di atas, nggak heran jika respon selain cheonmaneyo dan byeolmalsseumeullyo lebih sering muncul di K-Drama, bukan? 

Dalam belajar bahasa Korea, kamu perlu untuk mengetahui konteks penggunaan suatu ucapan secara menyeluruh untuk dapat bercakap-cakap dengan smooth. Nah, untuk itu, kamu bisa mengambil kelas Bahasa Korea di Cakap, lho. Selain belajar pola dan kosakata, kamu juga akan diajarkan bagaimana menggunakannya sesuai konteks. Yuk, daftar sekarang! 

Baca juga: