5 Panggilan Sayang dalam Bahasa Korea Paling Romantis

bahasa korea sayang

Pas kamu nonton drama Korea, pasti kamu pernah dengar si pemeran drama memanggil pasangannya dengan sebutan “yeobo”. Yeobo artinya adalah “sayang” dan  merupakan salah satu dari sekian banyak panggilan sayang dalam bahasa Korea.

Kamu udah tahu belum bahasa Korea “sayang” selain yeobo? Nah, kalau kamu belum tahu, di bawah ini ada beberapa panggilan sayang dalam bahasa Korea. Bisa jadi pilihan buat manggil pasanganmu juga nih!

Bahasa Korea Sayang

Yeobo (여보)

kosakata bahasa korea

Yeobo (여보) adalah pronoun atau kata ganti dalam bahasa Korea untuk memanggil suami atau istri. Umumnya bahasa Korea “sayang” ini hanya digunakan oleh pasangan suami istri. Namun, bukan berarti tidak boleh memanggil yeobo pada pacar atau tunangan.

Hanya saja ketika kamu memanggil yeobo pada pacar atau tunanganmu, orang lain akan meringis ketika mendengarnya. Sama halnya seperti orang Indonesia yang memanggil pacarnya ‘Ayah’ dan ‘Bunda’. Cringe, kan?

Jagi (자기)

kosakata bahasa korea

Jagi (자기) merupakan panggilan sayang dalam bahasa Korea yang cukup terkenal. Kalau yeobo hanya digunakan oleh pasangan suami istri, jagi jauh lebih universal. Setiap pasangan bisa menggunakan panggilan ini kepada pasangannya.

Sedangkan jagi-ya (자기야) adalah betuk panggilan dari jagi (자기). Tambahan –ya (-야) umumnya digunakan untuk memanggil seseorang. Jadi, jagiya artinya hai, sayang. 

Dangshin (당신)

kosakata bahasa korea

Bahasa Korea dari kata “sayang” yang selanjutnya adalah dangshin (당신). Arti harfiah dari dangshin (당신) adalah “kamu”. Namun, orang Korea jarang menggunakan “kamu” ketika memanggil seseorang. Oleh karena itu, dangshin (당신) hanya digunakan pada orang terdekat saja seperti pasangan suami istri.

Jika digunakan oleh pasangan suami istri, dangshin (당신) menjadi panggilan yang memiliki arti “sayang” atau “cinta” dalam bahasa Korea. Nah, sekarang kamu bisa pilih, mau manggil dengan sebutan yeobo atau dangshin?

Oppa (오빠)

kosakata bahasa korea

Secara harfiah oppa (오빠) memiliki arti laki-laki yang lebih tua. Meskipun tidak memiliki arti “pacar”, oppa (오빠) juga bisa kamu gunakan untuk memanggil pacarmu. Selain pacar, kamu juga bisa gunakan ini untuk memanggil suamimu, terutama jika ia lebih tua darimu.

Perlu diingat, oppa (오빠) tidak bisa dipanggil pada sembarang laki-laki. Ada tata krama yang berlaku ketika menggunakan panggilan ini. Cari tau penjelasannya di K-Club, daftar sekarang mumpung GRATIS!

Nampyeon (남편)

kosakata bahasa korea

Nampyeon (남편) berbeda dengan panggilan sayang bahasa Korea yang ada di atas. Sebab, bahasa Korea yang ada di atas adalah kata ganti benda atau pronoun, sedangkan nampyeon (남편) adalah kata benda.

Nampyeon memiliki arti suami sehingga panggilan ini hanya dapat digunakan oleh pasangan suami istri. Jadi, nampyeon berbeda dengan yeobo karena yeobo dapat digunakan baik istri maupun suami.

Nah, sekarang kamu sudah banyak pilihan panggilan sayang untuk memanggil pasanganmu. Menggunakan panggilan sayang dapat menjaga keharmonisan hubunganmu dengan pasangan. Jadi, buat panggilan yang berkesan ya, guys!

Sekarang kursus bahasa Korea online sudah bisa di Cakap lho! Kamu bisa belajar bahasa Korea bareng tutor profesional secara langsung. Menariknya, kamu juga bisa mendapatkan e-book bahasa Korea gratis! Dijamin belajar jadi lebih mudah dan ngobrol pakai bahasa Korea jadi makin pede!

Belajar Bahasa Korea Lebih Mudah di K-Club. Yuk Daftar Sekarang, Gratis!

Hilda
Lulusan Sastra Jepang dengan 4 tahun pengalaman menulis kreatif, terutama di bidang edukasi. Senang mencari tahu dan menjelaskannya kembali lewat tulisan.