Kenali Cara Mengungkapkan Harapan dalam Bahasa Korea

ungkapan harapan bahasa korea

Harapan adalah suatu hal yang diinginkan agar menjadi kenyataan. Ungkapan harapan tidak selamanya harus tentang sesuatu yang besar, hal-hal kecil dan sederhana juga bisa termasuk di dalamnya, seperti “saya harap pagi ini bisa menghirup aroma kopi arabika lagi”.

Setelah sebelumnya membahas mengenai expressing hope atau ungkapan harapan dalam bahasa Inggris, kini saatnya belajar menyatakan harapan dalam bahasa Korea.

Ada dua cara menyatakan harapan dalam bahasa Korea, keduanya tergantung pada konteks kelas kata yang digunakan, yaitu kata benda (harapan) atau kata kerja (berharap/mengharapkan). Agar lebih jelas dan mudah, yuk pahami penjelasannya satu-persatu.

희망 (huimang) – Hope

source: giphy.com

Huimang memiliki arti “harapan”. Kata tersebut termasuk ke dalam jenis kata benda. Jadi, jika kamu ingin menggunakan kata “harapan” dalam konteks kata benda, kamu bisa menggunakan kata “huimang”.  

Meskipun cenderung digunakan untuk menyatakan “harapan” dalam konteks kata benda, huimang juga bisa digunakan untuk menyatakan “harapan” dalam bentuk kata kerja apabila ditambahkan 하다 (hada) di belakang kata 희망 (huimang).

Belajar Bahasa Korea di Aplikasi Cakap, Bebas Atur Jadwal Kelas

바라다 (barada) – To Hope

source: giphy.com

Setelah mengetahui ungkapan harapan bahasa Korea dalam bentuk noun (kata benda), kini saatnya mengenal ungkapan “harapan” dalam bentuk verb (kata kerja). Jika kamu ingin menggunakan kata “harapan” sebagai kata kerja, kamu bisa menggunakan kata 바라다 (barada).

Kata barada memiliki variasi lain berupa 바래요 (baraeyo), 바래 (barae), dan 바랍니다 (baramnida). Ketiganya digunakan tergantung pada situasi atau tingkat keformalitasannya, jika kamu ingin menggunakan ungkapan harapan bahasa Korea dalam bentuk verb yang paling sopan, maka gunakanlah kata 바랍니다 (baramnida).

Pada beberapa kasus atau konteks, mungkin saja jika ungkapan “harapan” yang berupa kata kerja mengikuti kata kerja lain. Jika hal tersebut terjadi maka kata kerja yang mendahului 바라다 (barada) harus ditambahkan sufiks 기 (gi) yang mampu mengubahnya menjadi kata benda.

Raih Mimpi Kuliah di Korea dengan Kursus Bahasa Korea di Cakap

Contoh kalimat Harapan dalam Bahasa Korea

source: giphy.com

Agar pemahamanmu tentang ungkapan harapan dalam bahasa Korea semakin dalam, kamu bisa menyimak dan mempelajari beberapa contoh kalimat harapan berikut ini: 

  • 다음주에 서울으로 여행 가서 그때 비가 안 내리기 바래요 (da-eumjue seoul-eulo yeohaeng gaseo geuttae biga an naeligi balaeyo)
    Saya harap tidak hujan ketika saya bepergian ke Seoul minggu depan.

  • 난 당신을 기다리는 데 지쳤어. 이제 마음에서 희망을 지워 없앴어요 (nan dangsin-eul gidalineun de jichyeoss-eo. ije ma-eum-eseo huimang-eul jiwo eobs-aess-eoyo)
    Aku lelah menunggumu. Sekarang aku sudah menghapus harapan dari hatiku.

  • 나는 오늘 그가 오기를 바랍니다. (naneun oneul geuga ogileul balabnida.)
    Saya harap hari ini dia datang.

  • 그의 마음에는 작은 희망이 있다 (geuui ma-eum-eneun jag-eun huimang-i issda)
    Ada sedikit harapan di hatinya.

Sekarang sudah tahukan bedanya ungkapan harapan bentuk noun dengan harapan bentuk verb dalam bahasa Korea?

Materi menarik lainnya seputar bahasa Korea bisa kamu pelajari dan dalami lewat kursus online bahasa Korea di Cakap. Bersama tutor profesional dan berpengalaman, belajar bahasa Korea jadi lebih mudah dan menyenangkan. Dan menariknya, kamu juga bisa mendapatkan e-book bahasa Korea gratis! Dijamin belajar jadi lebih mudah dan ngobrol pakai bahasa Korea jadi makin pede. Yuk download sekarang!

Baca Juga:

 

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks