Expressing Hope: Pengertian dan Contoh Ungkapan Harapan

expressing hope

Keinginan dan harapan merupakan suatu hal yang pastinya dimiliki oleh seseorang. Tak terkecuali kamu! Pastinya kamu memiliki keinginan atau harapan yang kamu harapkan terjadi di masa depan bukan? Bagaimana cara mengungkapkannya dalam Bahasa Inggris? 

Yuk simak penjelasan lebih lanjut tentang expressing hope dibawah ini!

Apa itu Expressing Hope?

Verb atau kerja ‘Hope’ digunakan untuk mengungkapkan bahwa suatu kondisi atau situasi memiliki kemungkinan untuk terjadi di masa depan.

Dilansir dari Oxford Learner’s Dictionary, kata kerja Hope berarti “to want something to happen and thing that it is possible” (menginginkan sesuatu untuk terjadi dan berpikir bahwa itu mungkin).

Maka, expressing hope adalah mengungkapkan harapan yang diinginkan untuk terjadi di masa depan. Kamu dapat menggunakan expression of hope di segala bentuk kalimat, baik formal maupun informal. Expression of hope dalam kalimat formal biasanya ditemukan dalam surat-surat resmi seperti surat lamaran kerja, surat permohonan, surat pengantar, dan surat resmi lainnya yang berhubungan dengan dunia profesional. Sedangkan expression of hope dalam kalimat informal dapat ditemukan dalam pembicaraan sehari-hari.

14 Hari Belajar Bahasa Inggris Gratis di Cakap, Khusus untuk Pengguna Baru

Ciri dan Penggunaan Expression of Hope

Setelah memahami pengertian dari expressing hope, sekarang saatnya kamu memahami lebih lanjut ciri-ciri dan cara menggunakan expression of hope. Ada rumus yang perlu kamu ketahui dalam mengungkapkan harapan loh! Apa saja itu?

Hope + Object / No Object

Kata kerja Hope dapat bersifat transitive (diikuti direct object) maupun intransitive (tidak diikut direct object). Sebagai transitive verb, hope dapat diikuti infinitive (to+verb) atau that-clause (noun clause) sebagai direct object-nya. Biasanya, penggunaan kata kerja hope bersama dengan infinitive bertujuan untuk menyatakan harapan dan niat untuk melakukan sesuatu di masa depan jika memungkinkan dapat dilakukan, sedangkan that-clause dapat digunakan bersama kata kerja hope ketika ada subject baru yang ingin disebutkan. Yuk kita simak contohnya!

Contoh kalimat (hope + object) 

  • I hope to be a famous singer in the future. (Aku berharap menjadi penyanyi terkenal di masa depan.)
  • She hopes to meet you again sometime. (Dia berharap bertemu denganmu lagi suatu saat nanti.)
  • Josh hopes (that) he can win the national math competition. (Josh berharap dia bisa memenangkan kompetisi matematika nasional.)
  • I hope (that) you will consider my application. (Saya berharap Anda dapat mempertimbangkan surat lamaran saya.)
  • Dina hopes her father will accept her apology. (Dina berharap ayahnya akan menerima permintaan maafnya.)
  • He hopes Laura will come again soon. (Dia berharap Laura akan segera datang lagi.)

Seperti terlihat pada contoh 5 dan 6, subordinator “that” pada that-clause juga dapat dihilangkan, sehingga hanya menyisakan subject dan predikatnya.

Sedangkan penggunaan kata kerja hope+no object dapat dilihat pada contoh kalimat berikut ini:

  • We hope for the best. (Kami berharap yang terbaik.)
  • I hope so. (Saya harap demikian.)
  • I hope not. (Saya harap tidak.

Kursus Bahasa Inggris di Cakap, Bebas Atur Jadwal Belajar

Contoh Kalimat Expressing Hope

Gimana, Sobat Cakap? Expressing hope dalam bahasa Inggris mudah kan? Atau kamu masih ingin melihat contoh lain expressing hope dalam kalimat bahasa Inggris? Mari simak contoh dibawah ini!

  • I hope you enjoy the movie. (Aku harap kamu menikmati filmnya.)
  • My mother hopes we can go to Japan next year. (Ibuku berharap kami bisa pergi ke Jepang tahun depan.)
  • I hope the train will arrive on time. (Aku harap keretanya datang tepat waktu.)
  • Lena hopes that her best friend marries a man she deserves. (Lena berharap sahabatnya menikah dengan laki-laki yang pantas dia dapatkan.)
  • I hope I can watch their concert next time. (Aku harap aku bisa menonton konser mereka lain kali.)

Expressing hope bukan hanya bisa dilakukan dalam bentuk tulisan lho, tapi kamu juga bisa mengungkapkan harapan-harapanmu secara lisan dalam pembicaraan sehari-hari. Tidak susah kan mengungkapkan harapan dalam bahasa Inggris?

Kalau kamu penasaran dengan materi-materi bahasa Inggris lainnya, Cakap adalah solusi tepat yang dapat menjawab semua keingintahuanmu. Dengan metode belajar yang fun dan interaktif, pastinya belajar bahasa Inggris jadi lebih menyenangkan! Yuk gabung kursus online bahasa inggris di Cakap sekarang!

Baca Juga;

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

      #SiapaCakapDiaDapat