Bentuk Kata Kerja Bahasa Inggris dengan Arti dan Contoh Penggunaanya

Bentuk Kata Kerja Bahasa Inggris dengan Arti dan Contoh Penggunaanya

Ilmu bahasa Inggris memiliki banyak hal yang bisa dipelajari. Seperti yang sudah diketahui, dalam belajar bahasa Inggris, kamu harus mempelajari tentang tenses, grammar, reading, listening, dan lain sebagainya yang mana itu dapat menunjang kamu dalam penguasaan bahasa Inggris.

Di antara banyak hal yang sudah disebutkan di atas, ternyata bahasa Inggris menyimpan banyak kosakata yang harus kamu ketahui bersama karena dalam penerapannya, kamu akan menggunakan kata-kata tersebut dalam percakapan sehari-hari.

Salah satu jenis kosakata yang harus kamu ketahui adalah kata kerja. Kata kerja adalah kelas kata yang menyatakan suatu tindakan, keberadaan, pengalaman, atau pengertian dinamis lainnya.

Kata Kerja Bahasa Inggris

Bentuk Kata Kerja Bahasa Inggris dengan Arti dan Contoh Penggunaanya

Kata kerja dalam bahasa Inggris tentu merupakan salah satu hal yang cukup esensial untuk dan harus kuasai apabila kamu ingin benar-benar mampu berbahasa Inggris dengan baik dan benar. Bagaimana tidak? Kelak kamu akan dipertemukan dengan kata-kata kerja Bahasa Inggris yang tentunya harus kamu pahami secara benar agar tidak salah kaprah.

Jadi, sudah jelas bukan, betapa pentingnya penguasaan akan kata kerja dalam berbahasa Inggris?

Dalam belajar bahasa Inggris, kosakata kerja bahasa Inggris ini sering disebut dengan verb. Kata kerja dalam bahasa Inggris memiliki banyak jenis dan bentuk. Ini merujuk pada bentuk kalimat yang digunakan dalam percakapan.

Kali ini, mari kita bahas sedikit saja dari macam-macam kata kerja dalam Bahasa Inggris sebagai berikut :

1. Kata Kerja Bahasa Inggris Auxiliary

Arti dan Contoh Penggunaanya” />

Kata kerja Auxiliary (aux) adalah sebuah kata kerja untuk menambahkan fungsi atau memodifikasi makna dari sebuah kata kerja. Auxiliary ini biasanya ada bersamaan dengan kata kerja utama. Contohnya, “I have finished my homework” (Saya sudah menyelesaikan pekerjaan rumah).

Dalam kalimat tersebut, kata kerja utamanya adalah “finish” (menyelesaikan) dan kata kerja auxiliary-nya adalah “have” (sudah). Peranan auxiliary di sini adalah untuk menekankan bahwa “saya” sudah menyelesaikan pekerjaan rumahnya dan “saya” tidak mengerjakan pekerjaan rumahnya lagi saat ini.

Kata kerja bahasa Inggris yang termasuk ke dalam auxiliary adalah be, can, could, dare, do, have, may, might, must, need, ought, shall, should, will, dan would.

Baca Juga: 10 Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris. Simak Ulasannya!

2. Kata Kerja Bahasa Inggris Finite

Bentuk Kata Kerja Bahasa Inggris dengan Arti dan Contoh Penggunaanya

Kata kerja finite merupakan suatu bentuk kata kerja yang memiliki subjek dan dapat berfungsi sebagai inti dari klausa independen (gabungan kata yang berfungsi sebagai kalimat utuh walau tanpa ada kalimat pendukung lainnya).

Contoh dari kalimat yang memilikikata kerja finite adalah “She walks every morning” (dia berjalan setiap pagi). Dalam kalimat ini, kata “walks” berfungsi sebagai kata kerja finite karena ia tidak membutuhkan objek untuk membuat orang lain paham akan apa yang “dia” lakukan setiap pagi.

Belajar Bahasa Inggris Online, di CAKAP Aja

3. Kata Kerja Bahasa Inggris Linking

Bentuk Kata Kerja Bahasa Inggris dengan Arti dan Contoh Penggunaanya

Merupakan jenis kata kerja bahasa Inggris yang sering digunakan untuk menghubungkan antara subjek dengan menghubungkan sebuah predikat dengan kata sifat atau kata benda.

Contoh kalimat dengan kata kerja linking adalah:

The books are blue

The cake tasted sweet

She looks gorgeous

Dalam kalimat di atas, kata are, tasted, dan looks, merupakan kata kerja linking karena fungsinya adalah untuk menghubungkan subjek (books, cake, she) dengan kata benda (blue) atau kata sifat (manis, gorgeous).

4. Kata Kerja Bahasa Inggris Transitive

Bentuk Kata Kerja Bahasa Inggris dengan Arti dan Contoh Penggunaanya

Kata kerja transitive merupakan bentuk kata kerja yang memerlukan satu atau lebih objek untuk menjelaskan kalimat agar menjadi lebih masuk akal (make sense). Contoh dari kalimat dengan bentuk kata kerja transitive adalah:

I eat an orange

They read the book

Rika loves that boy

Dalam kalimat di atas, kata eat, read, dan loves, merupakan bentuk kata kerja transitive. Mengapa demikian? Karena kata-kata tersebut membutuhkan kata objek (an orange, the book, that boy) untuk membuat kalimat menjadi lebih masuk akal.

Bila kamu menanyakan dengan “what” atau “who”, jawabannya ada di dalam kalimat sebagai objek.

What do I eat? An orange

What do they read? The book

Who does Rika loves? That boy

5. Kata Kerja Bahasa Inggris Intransitive

Bentuk Kata Kerja Bahasa Inggris dengan Arti dan Contoh Penggunaanya

Kata kerja intransitive merupakan kebalikan dari kata kerja transitive. Jadi, kata kerja transitive merupakan bentuk kata kerja yang tidak membutuhkan objek untuk membuat kalimat menjadi masuk akal (make sense).

Biasanya, kalimat dengan kata kerja intransitive ini tidak dapat menjawab pertanyaan dengan kata “what” atau “who”. Contoh kalimat yang menggunakan kata kerja intransitive adalah sebagai berikut:

Dodi lives in Jakarta

I go to the cinema

They are laughing

Dalam kalimat di atas, kata kerja lives, go, dan laughing tidak membutuhkan objek untuk membuatnya terasa lebih masuk akal.

Baca Juga: Ayo Belajar 16 Tenses Bahasa Inggris Bersama Cakap!

6. Kata kerja Bahasa Inggris Regular dan Irregular

Bentuk Kata Kerja Bahasa Inggris dengan Arti dan Contoh Penggunaanya

Kata kerja regular merupakan kata kerja yang konjugasinya mengikuti pola kata dasarnya. Sedangkan kata kerja irregular adalah kata kerja yang pola kata dasarnya berubah bila diberikan konjugasi.

Untuk membedakan kata kerja regular dan irregular, biasanya dilihat dari bentuk katanya dalam bentuk kalimat past tense dan past participle. Untuk regular, dalam bentuk past tense atau past participle, biasanya diakhiri dengan akhiran –en, -d, -ed, -t, -ne, dan –n. Sementara untuk irregular verb tidak bisa diketahui atau tidak tentu.

Contoh dari kata kerja regular adalah:

Verb 1Verb 2Verb 3Arti
ProveProvedproven, provedMembuktikan
MoveMovedMovedPindah
JumpJumpedJumpedLompat
WalkWalkedWalkedJalan
LaughLaughedLaughedTertawa

Contoh dari kata kerja irregular adalah:

Verb 1Verb 2Verb 3Arti
Be (is/am/are)Was/wereBeenAda, adalah
BeginBeganBegunMulai
CatchCaughtCaughtMenangkap
DoDidDoneMelakukan
TakeTookTakenMengambil
Bentuk Kata Kerja Bahasa Inggris dengan Arti dan Contoh Penggunaanya

Nah, itulah beberapa bentuk dan contoh dari kata kerja dalam bahasa Inggris. Sekarang, tinggal kamu yang harus rajin berlatih agar semakin fasih. Bentuk-bentuk kata kerja ini sering digunakan dalam percakapan bahasa Inggris. Jadi paling tidak, kuasailah beberapa kata kerja Bahasa Inggris ini agar kalian bisa mengucapkan berbagai macam kalimat bahasa Inggris, ya! Selamat belajar dan menghafal!

AYO..MAU PANDAI BERBAHASA INGGRIS? KURSUS ONLINE AJA DI CAKAP! DAFTAR SEKARANG!

Baca Juga: Alasan Kursus Bahasa Asing di Cakap

Related Post

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google