Kata Kerja Bahasa Inggris (Verb): Pengertian & Jenisnya

kata kerja bahasa inggris

Table of Contents

Verb atau kata kerja adalah materi dasar dalam bahasa Inggris yang perlu kamu pelajari. Dengan menguasai kata kerja bahasa Inggris, kamu dapat membentuk kalimat bahasa Inggris dengan baik.

Untuk menguasai verb, tentunya kamu harus mengetahui apa itu kata kerja bahasa Inggris, jenis-jenisnya, serta penggunaannya di dalam kalimat. Nah, kamu bisa pelajari semuanya di bawah ini. Yuk, simak selengkapnya!

Pengertian Kata Kerja Bahasa Inggris

Kata kerja atau verb adalah kelas kata yang menyatakan suatu tindakan, keberadaan, pengalaman, atau pengertian dinamis lainnya. Kata kerja dalam bahasa Inggris memiliki banyak jenis dan bentuk. Perbedaan jenis dan bentuk verb merujuk pada bentuk kalimat yang digunakan. 

Fungsi Kata Kerja Bahasa Inggris

Kata kerja bahasa Inggris memiliki beberapa fungsi, diantaranya:

  • Menunjukkan tindakan atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang
  • Menunjukkan sikap (setuju/tidak setuju)
  • Memberi tahu kejadian, baik yang terjadi maupun yang akan terjadi
  • Menyatakan keadaan

Jenis-jenis Kata Kerja Bahasa Inggris

Salah satu materi yang paling dilupakan mengenai kata kerja bahasa Inggris adalah jenis-jenisnya. Ada 6 jenis kata kerja bahasa Inggris yang perlu kamu ketahui. Yuk, bahas satu per satu!

1. Kata Kerja Bahasa Inggris Auxiliary

Kata kerja auxiliary atau auxiliary verb adalah kata kerja yang berfungsi untuk menambahkan penekanan atau memodifikasi makna dari sebuah kata kerja. Auxiliary verb ini biasanya ada bersamaan dengan kata kerja utama. Contohnya, “I have finished my homework” (Saya sudah menyelesaikan pekerjaan rumah).

Dalam kalimat tersebut, kata kerja utamanya adalah “finish” (menyelesaikan) dan kata kerja auxiliary-nya adalah “have” (sudah). Peranan auxiliary di sini adalah untuk menekankan bahwa “saya” sudah menyelesaikan pekerjaan rumahnya dan “saya” tidak mengerjakan pekerjaan rumahnya lagi saat ini.

Kata kerja bahasa Inggris yang termasuk ke dalam auxiliary adalah be, can, could, shall, should, dare, do, have, may, might, must, ought, need, will, dan would.

Kursus Inggris di Cakap, Bebas Atur Jadwal Kelas!

jenis jenis kata kerja bahasa inggris
Photo by Blaz Photo on Unsplash

2. Kata Kerja Bahasa Inggris Finite

Finite verb merupakan bentuk kata kerja yang dapat berfungsi sebagai inti dari klausa independen. Klausa independen sendiri adalah gabungan kata yang berfungsi sebagai kalimat utuh walau tanpa ada kalimat pendukung lainnya. 

Contoh dari kalimatnya adalah “She walks every morning” (dia berjalan setiap pagi). Dalam kalimat ini, kata “walks” berfungsi sebagai kata kerja finite karena ia tidak membutuhkan objek untuk membuat orang lain paham akan apa yang “dia” lakukan setiap pagi.

3. Kata Kerja Bahasa Inggris Linking

Linking verb merupakan jenis kata kerja yang digunakan untuk menghubungkan antara subjek dengan menghubungkan sebuah predikat dengan kata sifat atau kata benda. Contohnya “the books are blue,” “the cake tasted sweet,” dan “she looks gorgeous.”

Dalam kalimat di atas, kata are, tasted, dan looks, merupakan linking. Seperti yang dapat dilihat, fungsi dari linking verbs di atas adalah untuk menghubungkan subjek (books, cake, she) dengan kata benda (blue) atau kata sifat (sweet, gorgeous).

4. Kata Kerja Bahasa Inggris Transitive

Transitive verb merupakan bentuk kata kerja yang memerlukan satu atau lebih objek untuk menjelaskan kalimat agar menjadi lebih masuk akal. Contohnya, “I eat an orange,” “They read the book,” dan “Rika loves that boy.”

Dalam kalimat di atas, kata eat, read, dan loves merupakan bentuk transitive verb. Seperti yang dapat dilihat pada contoh, kata-kata tersebut membutuhkan kata objek (an orange, the book, that boy) untuk membuat kalimat menjadi utuh dan lebih masuk akal.

Transitive verb juga dapat menjawab pertanyaan dengan kata “what” atau “who”. Selain itu, kalimat dengan transitive verb dapat berbentuk kalimat aktif maupun diubah menjadi bentuk pasif. 

5. Kata Kerja Bahasa Inggris Intransitive

Intransitive verb merupakan kebalikan dari transitive verb. Intransitive verb merupakan bentuk kata kerja yang tidak membutuhkan objek untuk membuat kalimat menjadi masuk akal. Contohnya, “They arrived later than usual,” “I go to the cinema,” dan “They are laughing.

Dalam kalimat di atas, kata kerja arrived, go, dan laughing tidak membutuhkan objek untuk membuatnya terasa lebih masuk akal. Adapun cara membedakan intransitive verb dan transitive verb adalah transitive verb tidak dapat menjawab pertanyaan dengan kata “what” atau “who”. Kalimat dengan transitive verb juga tidak memiliki bentuk negatif.

Ini Rahasia Fasih Bahasa Inggris dari Rumah!

6. Kata Kerja Bahasa Inggris Regular dan Irregular 

Regular verbs adalah kata kerja yang perubahan katanya mengikuti pola kata dasarnya. Sedangkan irregular verbs adalah kata kerja yang perubahan katanya tidak beraturan dan tidak sesuai dengan pola kata dasarnya.

Untuk membedakan kata kerja regular dan irregular, biasanya dilihat dari bentuk katanya dalam bentuk kalimat past tense dan past participle. Untuk regular verbs, dalam bentuk past tense atau past participle, biasanya diakhiri dengan akhiran –en, -d, -ed, -t, -ne, dan –n. Sementara untuk irregular verbs tidak bisa diketahui atau tidak tentu. 

Contoh regular verbs:

Verb 1

Verb 2

Verb 3

Arti

watch

watched

watched

menonton

stay

stayed

stayed

tinggal

prove

proved

proved

membuktikan

move

moved

moved

pindah

jump

jumped

jumped

lompat

walk

walked

walked

berjalan

laugh

laughed

laughed

tertawa

accept

accepted

accepted

menerima

believe

believed

believed

percaya

enjoy

enjoyed

anjoyed

menikmati

ignore

ignored

ignored

mengabaikan

work

worked

worked

bekerja

kick

kicked

kicked

menendang

decide

decided

decided

memutuskan

listen

listened

listened

mendengarkan

Contoh irregular verbs:

Verb 1

Verb 2

Verb 3

Arti

run

ran

ran

berlari

buy

bought

bought

membeli

eat

ate

eaten

makan

bring

brought

brought

membawa

come

came

come

datang

go

went

gone

pergi

take

took

taken

mengambil

drink

drank

drunk

minum

draw

drew

drew

menggambar

feel

felt

felt

merasa

lay

laid

laid

berbaring

leave

left

left

meninggalkan

meet

met

met

bertemu

make

made

made

membuat

write

wrote

written

menulis

Nah, itulah beberapa bentuk dan contoh dari kata kerja dalam bahasa Inggris. Sekarang saatnya coba tes pengetahuanmu tentang kata kerja lewat quiz kata kerja berikut! Selain itu, kalau kamu ingin belajar materi bahasa Inggris lebih banyak, kamu juga bisa daftar kelas Bahasa Inggris di Cakap. Di sana, kamu akan diajar sama tutor profesional secara langsung, sehingga materi lebih mudah diserap. Yuk, daftar sekarang! #SiapaCakapDiaDapat

Kuis Kata Kerja Bahasa Inggris

Verb atau kata kerja adalah salah satu materi dasar dalam mempelajari bahasa Inggris. Verb memiliki 3 bentuk dengan penggunaan yang berbeda. Dalam perubahan bentuknya, verb juga dikenal terbagi dalam dua kategori, yaitu regular verbs dan irregular verbs. Sudah sejauh mana pemahamanmu tentang verb? Cari tahu lewat quiz ini!


Name
Email
Phone
Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.