3 Bentuk Verb dan Penggunaannya, Apa Saja?

verb
Photo by Hermann Traub from Pixabay

Verb atau kata kerja adalah salah satu materi dasar yang dipelajari dalam bahasa Inggris. Kata kerja sendiri adalah jenis kosakata yang berfungsi untuk menyatakan sebuah tindakan. Namun, tidak seperti kata kerja dalam bahasa Indonesia, bahasa Inggris memiliki 3 bentuk verb yang sangat berbeda penggunaannya. 

Di dalam bahasa Inggris, verb 1 atau kata kerja bentuk pertama disebut dengan infinitive verb. Adapun verb 2 atau kata kerja bentuk kedua disebut simple past verb dan verb 3 atau kata kerja bentuk ketiga disebut past participle. Lalu, bagaimana perbedaanya? Simak selengkapnya dalam artikel berikut, yuk!

Verb 1 (Infinitive Verb)

verb 1 infinitive verb
Photo by Vincenzo Malagoli from Pexels

Infinitive verb merupakan bentuk paling dasar dari kata kerja. Biasanya, kata kerja bentuk pertama ini digunakan pada tenses simple present atau berbagai continuous tenses. Kamu bisa menggunakan kata kerja ini untuk menyampaikan fakta, kebiasaan, atau keadaan yang terjadi saat ini atau pada saat lampau.

Pada simple present tense, kamu bisa menggunakan infinitive verb sesuai dengan penulisannya tanpa ada imbuhan. Adapun pada jenis continuous tenses, kamu perlu menambahkan imbuhan -ing di akhir kata kerja yang ingin digunakan. Berikut contoh penggunaanya:

  • Infinitive verb pada simple present tense: I go to my garden to see my colorful flowers every day. (Aku pergi ke kebunku untuk melihat bunga-bunga yang berwarna-warni setiap hari.)
  • Infinitive verb pada present continuous tense: She is standing right in front of me at the moment. (Dia berdiri tepat di depanku saat ini.)
  • Infinitive verb pada past continuous tense: They were watching Korean drama when I came into their house. (Mereka sedang menonton drama Korea ketika saya datang ke rumah mereka.)

Sudah Tahu Level Bahasa Inggrismu? Ikuti Placement Test Cakap untuk Mengetahuinya!

Verb 2 (Simple Past)

verb 2 simple past
Image by Erika Varga from Pixabay

Bentuk kata kerja selanjutnya disebut simple past yang merupakan bentuk kata kerja kedua. Kata kerja dalam bentuk kedua digunakan pada simple past tense untuk menjelaskan kejadian di masa lampau. Biasanya, kata kerja bentuk kedua dengan kata kerja bentuk ketiga berbentuk sama namun ada juga kata kerja yang bentuk kedua dan ketiganya berbeda.

Kata kerja dengan bentuk kedua dan ketiga yang sama disebut dengan regular verbs. Pada regular verbs, kamu hanya perlu menambahkan imbuhan -d atau -ed di akhir kata kerja pertama atau V1. Adapun bentuk kata kerja yang bentuk kedua dan ketiganya berbeda disebut dengan irregular verbs. Berikut contoh penggunaanya:

  • Irregular verb pada simple past tense: Shane bought a bouquet of flowers for her mom’s birthday. (Shane membeli karangan bunga untuk ulang tahun ibunya.)
  • Regular verb pada simple past tense: Yesterday, we walked to the park together. (kemarin kami berjalan ke taman bersama.)

Cepat Fasih Berbahasa Inggris dengan Belajar Bersama Teacher Asing Cakap

Verb 3 (Past Participle)

verb 3 past participle
Photo by Perfecto Capucine from Pexels

Bentuk kata kerja yang terakhir yaitu bentuk kata kerja ketiga atau past participle. Bentuk kata kerja ini berfungsi untuk menunjukan kejadian yang telah selesai dilakukan, namun tidak berpaku pada masa lalu saja. Kamu bisa menggunakan verb ini pada jenis perfect tenses seperti present perfect tense, past perfect tense, dan future perfect tense

Pada present perfect tense, verb 3 digunakan untuk menjelaskan suatu kejadian yang telah selesai dilakukan. Pada past perfect tense, verb 3 digunakan untuk menjelaskan suatu kejadian yang terjadi sebelum waktu tertentu di masa lampau. Adapun pada future perfect tense, verb 3 digunakan untuk menjelaskan suatu hal yang pasti akan selesai di masa depan.

  • Verb 3 pada present perfect tense: I have finished my homework. (Aku telah menyelesaikan pekerjaan rumahku.)
  • Verb 3 pada past perfect tense: I had eaten my breakfast before he picked me up yesterday. (Aku sudah sarapan sebelum dia menjemputku kemarin.)
  • Verb 3 pada future perfect tense: I will have finished my study before I go to Berlin next year. (Saya akan menyelesaikan studi saya sebelum saya pergi ke Berlin tahun depan.)

Setelah mempelajari ketiga bentuk kata kerja dalam bahasa Inggris, sekarang saatnya kamu mulai mengaplikasikannya dalam tulisanmu. Kalau kamu ingin lebih memahami tata bahasa dalam bahasa Inggris kamu juga bisa ikut kursus bahasa Inggris online di Cakap! Yuk, gabung sekarang! #SiapaCakapDiaDapat

Baca juga: 

Hilda
Lulusan Sastra Jepang dengan 4 tahun pengalaman menulis kreatif, terutama di bidang edukasi. Senang mencari tahu dan menjelaskannya kembali lewat tulisan.