Apa itu Auxiliary Verb? Ini Arti, Jenis, dan Contoh Kalimatnya

apa itu auxiliary verb

Auxiliary verb atau kerja bantu digunakan beberapa tenses bahasa Inggris. Tanpa kamu sadari, selama ini kamu telah menggunakan auxiliary verb ketika membentuk sebuah kalimat dalam bahasa Inggris. 

Salah contoh auxiliary verb adalah doPasti kamu familiar dengan kata itu, kan? Nah, masih ada jenis-jenis auxiliary verb lainnya yang bisa kamu pelajari untuk digunakan saat melakukan percakapan dalam bahasa Inggris. Tapi sebelum itu, pahami dulu yuk apa itu auxiliary verb!

Table of Contents

Apa itu Auxiliary Verb?

Auxiliary verb adalah kata kerja pembantu yang berfungsi untuk melengkapi dan/atau memperjelas kata kerja utama dalam sebuah kalimat. Sehingga, auxiliary verb tidak dapat berdiri sendiri tanpa kata kerja utama.

Dalam sebuah kalimat, kata kerja utama biasanya berada setelah auxiliary verb atau kata kerja bantu. Auxiliary verb memiliki empat jenis yaitu do, be, have, dan modals. Simak penjelasannya di bawah ini, guys!

Macam-macam Auxiliary Verb

1. Do

Do merupakan auxiliary verb yang berfungsi untuk menekankan kata kerja utama. Auxiliary verb ini meliputi do, does, did, dan done yang digunakan dengan menyesuaikan tenses Bahasa Inggris.

Do/does digunakan untuk present tense, did digunakan untuk past tense, lalu done digunakan untuk past perfect tense. Auxiliary verb ini lebih sering terlihat dalam bentuk kalimat negatif, namun begitu tak jarang pula muncul dalam bentuk kalimat positif. Berikut contoh kalimat auxiliary verb do:

  • I have done with this, I wouldn’t come back shortly
  • He doesn’t understand what I want
  • We did mention you before, maybe you got lost

Psst, Ini Cara Mudah Fasih Bahasa Inggris dari Rumah!

2. Be

Be meliputi am, is, are, was, were, been, being, dan to be yang digunakan dengan menyesuaikan tenses yang dipakai. Be biasanya digunakan untuk menerangkan kata kerja (verb), kata benda (noun), dan present participle

Berikut contoh kalimat auxiliary verb be:

  • I am watching movie with my family right now
  • He was sleeping when I arrived 
  • I want you to be a person who I can rely on
  • They are working today
  • She is being nice to Mr. White because she needs his help
  • After we finished our homework, Rudy and I were eating a banana 

3. Have

Have merupakan auxiliary verb yang meliputi have, has, dan had yang digunakan dengan menyesuaikan tenses yang dipakai. Have digunakan dalam present dan future perfect tense, has untuk present perfect, had untuk past perfect.

Auxiliary verb have biasanya diikuti dengan verb bentuk past participle atau verb-3. Namun, jika auxiliary verb have diikuti dengan ‘been’, maka verbnya dapat berbentuk present atau past participle.

Berikut contoh kalimat auxiliary verb have:

  • I have been waiting for you for all this time
  • Grandpa had retired from his job
  • We have tried to help you find out who she is
  • She has given everything to you

4. Modals

Modals merupakan auxiliary verb atau kata kerja bantu. Modals terdiri dari beberapa jenis dan tiap jenis memiliki fungsinya masing-masing. Untuk mengetahui jenis dan contoh kalimat modals, kamu bisa cek di sini.

Itu dia penjelasan soal auxiliary verb yang perlu kamu kuasai agar dapat membentuk kalimat Bahasa Inggris dengan baik. Untuk melatihnya, kamu bisa gabung kursus Bahasa Inggris di Cakap.

Di sana, kamu akan belajar bersama tutor profesional secara LIVE. Dengan adanya interaksi antara murid dan tutor, kepercayaan dirimu dalam berbahasa Inggris akan meningkat. Tunggu apalagi? Yuk, daftar sekarang juga!

Baca Juga:

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat