Noun (Kata Benda): Pengertian, Fungsi, Jenis & Contoh Kalimatnya

noun

Noun adalah salah satu jenis dari part of speech. Biasanya dalam suatu kalimat terdapat noun atau kata benda. Namun, apakah kamu tau sebenarnya apa itu noun? Memahami noun sangat penting lho karena materi ini adalah materi dasar ketika belajar bahasa Inggris. So, pahami yuk!

Apa itu Noun?

Dalam bahasa Indonesia, noun biasa disebut dengan nomina. Noun atau nomina ini adalah kelas kata yang ditujukan untuk menyatakan suatu hal, seperti makhluk hidup, benda, atau tempat.

Setelah mengetahui definisi noun atau kata benda, sekarang giliranmu untuk mengetahui fungsi-fungsi yang dimilikinya. Berikut ini fungsi dari noun.

Fungsi Noun

Noun memiliki beberapa fungsi, diantaranya yaitu berfungsi sebagai direct dan indirect object, subject of verb, dan masih banyak lagi. Untuk memahami maksudnya, yuk kita bedah satu per satu!

Fungsi Noun

1. Direct & Indirect Object Noun

Direct object biasanya bertujuan untuk menjawab pertanyaan what dan whom setelah action verb dalam suatu kalimat transitif. Sedangkan indirect object bertujuan untuk menjawab pertanyaan to whom atau for what. 

Noun sebagai object dapat menjadi direct object dan indirect object. Ketika noun menjadi object, biasanya akan didampingi oleh pronouns (kata ganti), determiners (a, an, the), dan sebagainya.

Berikut contoh noun sebagai direct dan indirect object:

Direct Object

Rudi plays guitar in his room

What does Rudi play?

The guitar

Lizzie married a British man

Whom did Lizzie marry?

A British man

Indirect Object

Fitra bought his dad a car

For whom did Fitra buy a car?

His dad 

Barbara cooks a chicken for Dylan

For whom does Barbara cook a chicken?

Dylan

Tambah Skill Baru di Aplikasi Cakap, Gratis Setiap Hari!

2. Subject of Verb

Kebanyakan orang berpikir bahwa noun hanya berfungsi sebagai object. Padahal tidak, noun juga bisa berfungsi sebagai subject. Dalam suatu kalimat, noun sebagai subject berada di depan verb.

Noun sebagai subject bisa didampingi dengan determiners (an, an, the), namun bisa juga tidak. Tergantung subject yang digunakan. Daripada bingung, berikut contoh dari subject of verb:

  • Rudi is sleeping
  • A bike has stolen yesterday
  • His cafe serves coffee

3. Subject & Object Complement

Subject Complement

Subject complement adalah complement yang merujuk pada subject dalam suatu kalimat. Biasanya complement berbentuk noun atau kata benda yang diletakan setelah linking verb.

Contoh subject complement:

  • Brian became a writer after his wife passed.
  • Her father was a famous football player
  • I am the chairman of this company

Object Complement

Object complement hampir mirip dengan subject complement. Kalau subject complement menerangkan subject, sedangkan object complement berfungsi menerangkan direct object. Biasanya direct object berbentuk noun atau kata benda.

Contoh object complement:

  • Rudi brought Lizzie a flower
  • Barbara cooks a chicken for Dylan
  • Fitra gives his son a bike

4. Object of Preposition

Salah satu fungsi utama dari noun atau kata benda yaitu menyatakan tempat. Nah, biasanya kita membutuhkan preposisi untuk menerangkan tempat. Preposisi adalah kata depan seperti in, on, at.

Daripada bingung, berikut ini adalah contoh dari object of preposition:

  • My cat loves to play in a large box.
  • I learned English at Cakap.
  • The toilet is on the first floor

Belajar Bareng Teman di Cakap Semi Private, Hemat Hingga 700 Ribu!

Jenis-Jenis Noun

Selain memiliki fungsi yang beragam, noun juga memiliki jenis yang beragam juga. Kamu harus mempelajari seluruh jenis-jenis noun agar fasih Bahasa Inggris dan lulus TOEFL. Berikut penjelasan mengenai jenis-jenis noun:

1. Common dan Proper Noun

Common noun adalah kata benda secara umum sehingga penulisannya tidak dengan huruf kapital. Sedangkan propoer noun adalah kata benda secara spesifik sehingga memerlukan kapital dalam penulisannya.

Berikut ini adalah contoh dari common noun vs proper noun:

People

Places

Things

Common

Proper

Common

Proper

Common

Proper

Writer

Raditya Dika

Mall

Grand Indonesia

Phone

iPhone 11 Pro Max

Actor

Brad Pitt

Park

Yoyogi Park

Movies

Salt

Presenter

Raffi Ahmad

City

Bandung

Book

Harry Potter

Youtuber

Gita Savitri

Street

Sepulveda Boulevard

Series

Reply 1988

President

Joko Widodo

School

Cakap Institute

Shoes

Air Jordan 1 x Dior

2. Countable dan Uncountable Noun

Countable Noun

Countable noun adalah kata benda yang dapat dihitung. Kata benda dalam jenis ini dapat diukur atau dijumlahkan. Countable noun memiliki bentuk singular dan plural. Perbedaannya kalau singular diawali dengan articles (a, an, the), sedangkan plural diakhiri dengan s/es.

Uncountable Noun

Uncountable noun adalah lawan dari countable noun. Kata benda jenis ini tidak dapat dihitung dan hanya memiliki satu bentuk yaitu singular. 

Contoh Countable dan Uncountable Noun

Countable Noun

Uncountable Noun

Burger

Sugar

Smartphone

Water

Eggs

Gas

Fries

Milk

Table

Love

Kursus Bahasa Inggris di Cakap, Belajar Bisa dari Rumah!

3. Concrete dan Abstract Noun

Concrete noun adalah kata benda yang dapat dilihat, disentuh, dikecap atau dengan kata lain dapat dikenal oleh panca indra. Sedangkan abstract noun adalah kebalikannya, jadi tidak dapat dikenal oleh panca indra.

Berikut contoh concrete dan abstract noun:

Concrete Noun

Abstract Noun

The police found my bike yesterday

Some people can’t find happiness

I get a new phone

I get chills when you leave this room

You have an apple

You have an odd imagination

You can take my medicine

You can take an English lesson from Cakap

4. Compound Noun dan Noun Phrase

Noun tidak hanya terdiri dari satu kata saja, melainkan dapat dikombinasikan dengan kata lain sehingga dapat menjadi kata benda. Berikut penjelasannya lebih lanjut:

Compound Noun

Compound noun adalah kata benda yang terdiri dari 2 noun atau lebih. Saat masing-masing noun tersebut digabungkan menjadi satu kata dan terbentuk sebuah makna yang lebih jauh berbeda dibandingkan dengan berdiri sendiri. Beberapa contoh katanya adalah girlfriend, firefighter, milkman, dan lain-lain.

Compound noun terdiri dari 3 tipe noun, yaitu:

  • Closed compound noun: Jenis noun ini dibentuk dengan menggabungkan dua kata dari ucapan yang berbeda menjadi satu kata tanpa spasi.
  • Hyphenated compound noun: Jenis noun ini menggunakan tanda hubung untuk membentuk kata majemuk dimana kata-kata ini sangat umum digunakan atau jarang digunakan.
  • Opened compound noun: Jenis noun ini dibentuk dengan menggunakan dua kata terpisah yang bertindak bersama-sama, baik itu secara tata bahasa dan sebagai satu kesatuan.

Closed Compound Noun

 Hyphenated Compound Noun

Opened Compound Noun

Newspaper

Self-confidence

Middle class

Airport

Mother-in-law

Train station

Breakfast

Know-it-all

Easy money

Jailbreak

Show-off

Double Agent

Haircut

Court-martial

Washing machine

Runtime

City-state

Full moon

Smartphone

Merry-go-round

Bus stop

Underworld

Dry-cleaning

Hot dog

Bahasa Inggris di Cakap Lebih Mudah Karena Belajar Bisa dari Rumah!

5. Singular dan Plural serta Collective Noun

Jenis Noun

Noun berdasarkan jumlah dan kuantitas dapat dikategorikan menjadi singular, plural serta collective noun.

  • Singular noun: Kata benda yang jumlahnya satu atau bisa juga disebut kata benda tunggal yang biasa diawali dengan kata “a, an, the”. Contohnya seperti a man, a cat, an eagle.
  • Plural noun: Kata benda yang jumlahnya lebih dari satu, namun dapat dihitung. Plural noun biasanya ditambahkan s dan es seperti cats, houses, taxes, lunches, buses.
  • Collective noun: Kata Benda gabungan atau kolektif yang menunjukkan kumpulan atau gabungan orang, tempat, maupun benda. Contoh collective noun diantaranya committe, congress, crowd, family, army.
 

6. Possesive Noun

Possessive Noun

Possesive noun adalah kata benda yang biasa digunakan untuk menyatakan kepemilikan berupa orang, benda, suatu tempat, dan lain-lain. Jika suatu noun tidak berakhiran S, maka bisa ditambahkan ‘s, contohnya Marni’s house, this is budi’s pen.

Itu dia pengertian, fungsi dari kursus bahasa inggris, dan jenis noun atau kata benda dalam bahasa Inggris. Untuk memahami teori noun, kamu bisa belajar untuk membuat kalimat sendiri. Ajak teman kamu untuk buat conversation kecil.

Kamu juga bisa ajak dua teman kamu les bahasa Inggris di Cakap Semi Privat. Belajar bahasa Inggris bareng temen bakal lebih seru dan menyenangkan. Plus jadi lebih hemat juga, guys. Makanya, yuk daftar Cakap Semi Privat!

Baca Juga:

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat