Countable dan Uncountable Nouns Bahasa Inggris & Contohnya

countable and uncountable noun

Noun adalah salah satu tataran kelas kata yang cukup intens penggunaanya dalam kalimat. Noun atau nomina memiliki dua karakteristik yang harus dipahami dengan tepat, yaitu countable dan uncountable noun. Penggunaan keduanya memengaruhi kata sandang yang akan mendampinginya. 

Sederhananya, countable noun dapat diartikan sebagai kata benda yang dapat dihitung sementara uncountable noun merupakan kata benda yang tidak dapat dihitung. Nah, agar dalam artikel berikut ini akan dijelaskan lebih lengkap mengenai pengertian keduanya beserta contoh dan penggunaanya. Yuk, simak!

Table of Contents

Countable Noun

Untuk mengetahui perbedaan countable and uncountable noun, maka perlu diselami satu persatu pembahasannya. Countable noun adalah kata benda yang dapat dihitung satuannya dalam jumlah angka sehingga jumlahnya bisa dilihat secara spesifik. Countable noun memiliki bentuk yang padat dan berwujud jelas. 

Kata benda ini juga memiliki bentuk singular atau tunggal dan plural atau jamak. Bentuk tunggal biasanya ditandai dengan ciri khusus berupa articles ‘a’ dan ‘an’. Untuk bentuk jamak, biasanya terdapat akhiran ‘-s’ di akhir nomina tersebut. 

Meski demikian, ada juga beberapa nomina yang kata tunggal dan jamaknya adalah sama, misalnya, fish (ikan). Meski demikian, bentuk tersebut dapat berubah menjadi fishes jika merujuk pada beberapa spesies ikan dalam satu kelompok. 

Contoh Countable Noun

Kalimat countable noun bisanya tercipta dari sebuah frasa tanya ‘how many’. Nah, agar lebih memahami apa itu countable noun, perhatikan contoh di bawah ini, yuk! 

Tunggal

Jamak

Orange

Oranges

Book

Books

Friend

Friends

Bag

Bags

Flower

Flowers

Image

Images

Medal

Medals

Setelah mengetahui beberapa kata tunggal dan jamak, sekarang saatnya mengaplikasikan contoh kata-kata tersebut ke dalam kalimat.

  • Ricky has ten novels. (Ricky memiliki sepuluh novel.)
  • How many bags do you have? (Berapa banyak tas yang kamu miliki?)
  • Please give me that necklace. (Tolong berikan kalung itu padaku.)

Sudah Tahu Level Bahasa Inggrismu? Ikuti Placement Test Cakap untuk Mengetahuinya!

Uncountable Noun

Selanjutnya dalam memahami countable and uncountable noun adalah menguasai apa itu uncountable nouns dan penggunaannya. Jika countable noun merupakan kata benda yang bisa dihitung, maka sebaliknya, uncountable noun adalah kata benda yang tidak dapat dihitung. Dengan kata lain, satuan angka tidak dapat menggambarkan jumlahnya secara pasti. 

Uncountable nouns biasanya ditemukan pada benda-benda yang berbentuk cairan, gas, atau bubuk. Dalam penggunaannya, kata-kata ini tidak bisa secara langsung menggunakan partikel a atau an, melainkan disertai keterangan jumlah dalam bentuk lainnya. 

Beberapa keterangan jumlah yang digunakan untuk menggambarkan uncountable noun adalah some, a lot of, much, dan a bit of. Kamu juga bisa menggunakan ukuran yang lebih spesifik seperti a cup of, a pinch of, atau 1L of.

Contoh Uncountable Noun

Seperti yang diketahui, baik countable and uncountable nouns keduanya berkaitan dengan kata kerja tunggal (singular). Sebelum beranjak pada contoh kalimat, simak contoh kata yang termasuk dalam uncountable noun berikut ini:

Uncountable Noun

  • Love
  • Tea
  • Sugar
  • Water
  • Air
  • Money
  • Beauty
  • Rice
  • Happiness

Setelah mengetahui contoh kata untuk uncountable noun, sekarang saatnya mengaplikasikan contoh kata tersebut ke dalam kalimat.

  • Rusty didn’t have much tea and coffee left. (Rusty tidak punya banyak teh dan kopi yang tersisa.)
  • He said that he loves me so much. (Dia mengatakan bahwa dia sangat mencintaiku.)
  • I don’t care how much money you have. (Aku tidak peduli berapa banyak uang yang kamu punya.)

Cepat Fasih Berbahasa Inggris dengan Belajar Bersama Teacher Asing Cakap

Termasuk Countable atau Uncountable Nouns?

Terdapat beberapa kata benda yang penempatanya rumit, apakah termasuk countable atau uncountable. Dalam bahasa Inggris, kata benda seperti bread, furniture, news, progress, dll aturannya menggunakan uncountable noun, sedangkan dalam bahasa lain benda-benda tersebut terhitung ke dalam kata benda yang bisa dihitung.

  • How much progress for this program? (Berapa banyak progress untuk acara ini?)
  • You have eaten a lot of bread. (Kamu sudah makan banyak roti).

Untuk kata rambut, sebenarnya bisa masuk ke dalam countable and uncountable noun. Hair yang biasanya masuk ke dalam uncountable noun, bisa menjadi countable noun jika merujuk ke helai-helainya.

Itu dia penjelasan lengkap mengenai countable and uncountable noun. Sekarang kamu sudah memahami dan mampu membedakan keduanya, bukan?

Materi-materi bahasa Inggris menarik lainnya bisa kamu dapatkan langsung melalui kursus Bahasa Inggris Cakap. Di Cakap kamu bisa belajar bahasa Inggris dua arah dengan teacher professional, loh. Yuk daftar Cakap sekarang!

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat