Memahami Countable dan Uncountable Nouns Tata Bahasa Inggris

countable and uncountable noun

Noun adalah salah satu tataran kelas kata yang cukup intens penggunaanya dalam kalimat. Noun atau nomina memiliki dua karakteristik yang harus dipahami dengan tepat, yaitu countable and uncountable noun. Penggunaan keduanya memengaruhi kata sandang yang akan mendampinginya. Untuk selengkapnya, simak ulusan berikut ini!

Countable Noun

source: giphy.com

Untuk mengetahui perbedaan countable and uncountable noun, maka perlu diselami satu persatu pembahasannya. Karakter noun yang pertama, yaitu countable noun. Countable noun adalah kata benda yang dapat dihitung satuannya dalam jumlah angka sehingga jumlahnya bisa dilihat secara spesifik. Countable noun Memiliki bentuk yang padat dan berwujud jelas.

Kata benda ini juga memiliki bentuk singular dan plural. Bentuk tunggal biasanya ditandai dengan ciri khusus berupa ‘a’ dan ‘an’. Untuk bentuk plural, biasanya terdapat imbuhan ‘-s’ di akhir nomina tersebut.

Contoh Countable Noun

Kalimat countable noun bisanya tercipta dari sebuah frasa tanya berupa ‘how many’. Nah, agar lebih memahami apa itu countable noun, perhatikan contoh di bawah ini!

Singular

Plural

Orange

Oranges

Book

Books

Friend

Friends

Bag

Bags

Flower

Flowers

Image

Images

Medal

Medals

Setelah mengetahui contoh kata nya, sekarang saatnya mengaplikasikan contoh kata tersebut ke dalam kalimat.

  • Ricky has ten novels. (Ricky memiliki sepuluh novel)
  • How many bags do you have? (Berapa banyak tas yang kamu miliki?)
  • Please give me that necklace. (Tolong berikan kalung itu padaku).

14 Hari Belajar Bahasa Inggris Gratis di Cakap, Khusus untuk Pengguna Baru

Uncountable Noun

Agar pemahaman mengenai countable and uncountable noun semakin sempurna, kamu perlu memahami juga apa itu uncountable nouns. Jika countable noun merupakan kata benda yang bisa dihitung, maka sebaliknya, uncountable noun adalah kata benda yang tidak dapat dihitung satuannya dalam jumlah angka. Sehingga, sulit untuk ditentukan hitungan dan jumlah pastinya.

Uncountable nouns biasanya ditemukan pada benda-benda yang berbentuk cairan, gas, atau bubuk. Dalam penggunaannya, uncountable nouns ini menggunakan kata kerja tunggal. Oleh karena itu kata benda ini tidak dapat digunakan bersama a/an. Melainkan disandingkan dengan ungkapan some, a lot of, much, dan a bit of. Atau untuk lebih spesifik bisa menggunakan kata a cup of, a pinch of, atau 1L of.

Contoh Uncountable Noun

Seperti yang diketahui, baik countable and uncountable nouns keduanya berkaitan dengan kata kerja tungga (singular). Sebelum beranjak pada contoh kalimat, simak contoh kata yang termasuk dalam uncountable noun berikut ini:

Uncountable Noun

  • Love
  • Tea
  • Sugar
  • Water
  • Air
  • Money
  • Beauty
  • Rice
  • Happiness

Setelah mengetahui contoh kata nya, sekarang saatnya mengaplikasikan contoh kata tersebut ke dalam kalimat.

  • Rusty didn’t have much tea and coffee left. (Rusty tidak punya banyak teh dan kopi yang tersisa).
  • He said that he love me so much. (Dia mengatakan bahwa dia sangat mencintaiku).

Cepat Fasih Berbahasa Inggris dengan Belajar Bersama Teacher Asing Cakap

Termasuk Countable atau Uncountable Nouns?

Terdapat beberapa kata benda yang penempatanya rumit, apakah termasuk countable atau uncountable. Dalam bahasa Inggris, kata benda seperti bread, furniture, news, progress, dll aturannya menggunakan uncountable noun, sedangkan dalam bahasa lain benda-benda tersebut terhitung ke dalam kata benda yang bisa dihitung.

  • How much progress for this program? (Berapa banyak progress untuk acara ini?)
  • You have eaten a lot of bread. (Kamu sudah makan banyak roti).

Untuk kata rambut, sebenarnya bisa masuk ke dalam countable and uncountable noun. Hair yang biasanya masuk ke dalam uncountable noun, bisa menjadi countable noun jika merujuk ke helai-helainya.

Itu dia penjelasan lengkap mengenai countable and uncountable noun. Sekarang kamu sudah memahami dan mampu membedakan keduanya, bukan?

Materi-materi bahasa Inggris menarik lainnya bisa kamu dapatkan langsung melalui kursus Bahasa Inggris Cakap. Di Cakap kamu bisa belajar bahasa Inggris dua arah dengan teacher professional, loh. Yuk daftar Cakap sekarang!

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks