15 Istilah Akuntansi dalam Bahasa Inggris yang Wajib Dikenal

istilah akuntansi dalam bahasa inggris

Meskipun akuntansi memiliki banyak peminat dalam dunia pendidikan, namun tidak dapat dipungkiri bahwa mempelajari akuntansi membutuhkan banyak keahlian yang tidak hanya menghitung tetapi juga butuh keahlian dalam menghafal walaupun tidak banyak.

Menghafal dalam dunia akuntansi memiliki tantangan tersendiri. Selain harus menghafal rumus-rumus dasar akuntansi, kamu juga perlu menghafal istilah-istilah yang ada pada akuntansi itu sendiri seperti harta, modal, pendapatan dan banyak istilah lainnya.

Apalagi saat kamu melakukan penghitungan akuntansi menggunakan mesin atau aplikasi yang membuatmu harus mengetahui istilah akuntansi dalam bahasa Inggris. Agar fokusmu tidak terbagi banyak antara harus menghitung angka secara detail dan mengetahui istilah-istilah akuntansi dalam bahasa Inggris, kamu perlu memahami dan menghafalkan sebagian besar istilah tersebut.

Istilah Akuntansi Dalam Bahasa Inggris

Mempelajari istilah-istilah dalam akuntansi tidak sekedar menambah pengetahuan untuk kamu yang tertarik dalam bidang akuntansi. Melalui istilah akuntansi dalam bahasa Inggris ini, kamu juga bisa menambah jumlah perbendaharaan kosakata bahasa inggris dalam istilah akuntansi. Berikut beberapa istilah akuntansi dalam bahasa Inggris yang wajib untuk kamu kenali.

14 Hari Belajar Bahasa Inggris Gratis di Cakap, Khusus untuk Pengguna Baru

Financial Accounting

Financial Accounting atau akuntansi keuangan adalah cabang akuntansi yang berkaitan pencatatan, rangkuman dan pelaporan transaksi-transaksi yang dihasilkan dari kegiatan operasi suatu perusahaan selama periode waktu tertentu untuk disampaikan kepada pihak luar, seperti pemegang saham, kreditor, pemasok, serta pemerintah.

Contoh penggunaan istilah financial accounting:

  • There are two types of financial accounting: cash and accrual accounting. (Ada dua jenis akuntansi keuangan: kas dan akuntansi akrual.)

Balance Sheet

Secara umum, balance sheet atau biasa dikenal dengan neraca merupakan laporan posisi keuangan yang berfungsi menaksir kesehatan keuangan perusahaan. Ini termasuk juga meramalkan keadaan arus kas di masa depan dan bahan analisis likuiditas serta fleksibilitas keuangan perusahaan.

Bookkeeping

Dalam akuntansi, pasti kamu sering mendengar yang namanya pembukuan atau bookkeeping. Pembukuan atau bookkeeping ini merupakan proses akuntansi yang mengelola seluruh data akuntansi dan menghasilkan laporan keuangan. Dalam melakukan pembukuan, seorang akuntan mengubah data akuntansi menjadi laporan keuangan.

Cash flow

Cash flow adalah nama lain dari laporan arus kas. Laporan arus kas merupakan laporan keuangan untuk melacak setiap pemasukan dan pengeluaran hingga menghasilkan analisa keuangan apakah mengalami penurunan atau kenaikan.

Elemen utama dari cash flow adalah uang yang masuk dan keluar. Uang yang masuk disebut sebagai cash inflow dan uang yang keluar dinamakan cash outflow.

Contoh penggunaan istilah cash flow:

  • I think you need to check the cash flow to know why the budget isn’t balanced. (Saya pikir Anda perlu memeriksa arus kas keluar untuk mengetahui mengapa anggaran tidak seimbang).

Capital

Istilah akuntansi bahasa Inggris capital ini sering juga dikenal sebagai modal. Istilah akuntansi ini  merupakan sumber kehidupan penciptaan kekayaan. Dikombinasikan dengan tenaga kerja, modal dapat digunakan untuk menghasilkan keuntungan bagi investor bisnis.

Modal termasuk aset yang digunakan perusahaan untuk menghasilkan pendapatan, seperti real estate, komputer, peralatan, dan kendaraan.

Equities

Dalam dunia bisnis dan juga keuangan, ekuitas secara umum adalah istilah yang menggambarkan nilai kepemilikan atas sesuatu. Misalkan sebuah bisnis, saham yang diterbitkan oleh bisnis tersebut, inventaris, dan hal lain yang memiliki nilai. 

Meskipun begitu, equity adalah sejumlah uang yang akan dikembalikan kepada pemegang saham jika aset perusahaan nantinya dicairkan.

Depreciation

Depreciation atau nama lain dari penyusutan. Di dalam dunia akuntansi, depresiasi adalah alokasi biaya aset yang berwujud atau aset fisik selama masa pakai atau tempo aset tersebut bisa dimanfaatkan.

Nilai depresiasi bisa mewakili seberapa banyak nilai aset sebuah perusahaan telah digunakan. Meskipun sering dianggap negatif, namun bagi yang mengerti, depresiasi sebenarnya bisa menguntungkan.

Contoh penggunaan istilah depreciation:

  • So, do you think this period of depreciation will affect our company’s cash flow? (Jadi, apakah menurut Anda periode depresiasi ini akan mempengaruhi arus kas perusahaan kita?)

Kursus Bahasa Inggris di Cakap, Bebas Atur Jadwal Belajar

Expense

Pada dasarnya, cost dan expense adalah dua istilah yang terdapat dalam ilmu akuntansi dan sering sekali disebut sebagai beban dan biaya. Beban atau expense adalah suatu penurunan manfaat ekonomi dalam kurun waktu satu periode akuntansi dalam bentuk pengeluaran ataupun berkurangnya suatu aset atau terjadi kondisi liabilitas yang membuat adanya penurunan pada nilai ekuitas yang tidak berhubungan dengan distribusi pada pihak investor.

Cost

Sedangkan, untuk cost atau biaya merupakan sebuah pengorbanan dari sumber ekonomis yang dihitung dengan satuan uang, yang sudah terjadi, sedang terjadi, atau berpotensi akan terjadi untuk suatu tujuan tertentu.

Sebagai suatu biaya, maka perusahaan juga harus bisa mengeluarkan biaya demi memperoleh keuntungan dan mendapatkan manfaat di masa depan dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

Income/Revenue

Dalam konteks keuangan, istilah akuntansi bahasa Inggris income hampir selalu mengacu pada laba bersih. Biasanya disebut sebagai laba bersih karena jumlahnya dapat mewakili jumlah total uang tunai yang tersisa dari jumlah pendapatan asli setelah memperhitungkan semua biaya dan pendapatan tambahan yang ada.

Gross Profit

Gross profit, atau yang juga sering disebut dengan laba kotor, merupakan laba yang diperoleh perusahaan setelah dikurangi biaya yang terkait dengan pembuatan dan penjualan produknya, atau biaya yang terkait dengan penyediaan layanannya. Laba kotor dapat diperoleh dari laba penjualan atau pendapatan kotor.

Marketable Securities

Dalam istilah akuntansi, Marketable securities biasa juga dikenal sebagai surat-surat berharga. Surat-surat berharga ini merupakan surat-surat kewajiban dan ekuitas yang dapat dijual di pasar dalam jangka kurang dari setahun, seperti saham.

Contoh penggunaan istilah marketable securities:

  • She secures her marketable securities in a bank. (Dia mengamankan surat berharganya di bank).

Tax Expense

Tax expense atau beban pajak atau penghasilan pajak merupakan jumlah agregat pajak kini (current tax) dan pajak tangguhan (deferred tax) yang diperhitungkan dalam penghitungan laba atau rugi pada satu periode akuntansi.

Stock

Dalam istilah akuntansi, kita juga mengenal stock atau saham yang merupakan salah satu instrumen pasar modal yang paling diminati investor karena memberikan tingkat keuntungan yang menarik. Saham dapat didefinisikan sebagai tanda penyertaan modal seorang atau sepihak (badan usaha) dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas.

Dengan menyertakan modal tersebut, maka pihak tersebut memiliki klaim atas pendapatan perusahaan, klaim atas aset perusahaan, dan berhak hadir dalam rapat umum pemegang saham (RUPS).

Financial statement

Istilah akuntansi selanjutnya adalah bahasa Inggris laporan keuangan, yaitu financial statement. Laporan keuangan atau financial statement adalah suatu laporan yang menyediakan informasi terkait posisi keuangan, kinerja, serta perubahan posisi keuangan dalam perusahaan yang memiliki manfaat untuk pengguna dalam pengambilan keputusan.

Setelah mempelajari dan mengetahui mengenai istilah akuntansi dalam bahasa Inggris dengan benar, kamu perlu melatihnya dalam keseharian untuk lebih mengenal dan memahami istilahnya. Untuk mengetahui istilah-istilah lainnya dalam bahasa Inggris, kamu bisa daftar kursus Bahasa Inggris di Cakap.

Di sana, kamu akan belajar bersama guru profesional berpengalaman. Selain itu, dengan metode interaktif, kamu juga bisa melatih kemampuan menulis dan kemampuan berbicaramu dalam bahasa Inggris.

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks