Pengertian Word Order, Susunan Kata dalam Bahasa Inggris

word order

Pesan atau informasi yang kamu sampaikan sering tidak diterima dengan baik oleh lawan bicaramu? Bisa jadi bukan salah lawan bicaramu, tetapi kalimat informasimu tidak tersusun dengan baik. Agar tak kembali terulang, kamu perlu mempelajari susunan kata atau word order.

Setiap bahasa pasti memiliki word order, tak terkecuali Bahasa Inggris. Meski word order dalam Bahasa Inggris berbeda dengan bahasa lain, kamu tetap dapat menguasainya dengan mudah. Tapi sebelumnya, pahami dulu yuk pengertian word order!

Pengertian Word Order

Dilansir dari Merriam Webster, word order adalah sebuah urutan atau susunan kata dalam membentuk frasa, klausa, atau kalimat. Word order dalam bahasa Inggris paling umum yaitu SVO atau Subject – Verb – Object.

Word order memiliki fungsi yang krusial, sebab hal ini akan berpengaruh terhadap apa yang ingin kamu sampaikan. Contohnya, kalimat “The chicken crossed the road” dan “The road crossed the chicken” memiliki dua arti yang berbeda karena subjek dan objeknya terbalik.

14 Hari Belajar Bahasa Inggris Gratis di Cakap, Khusus untuk Pengguna Baru

Bagian dari Word Order

Indirect Objects

Indirect objects adalah salah satu fungsi kata benda dalam bahasa Inggris. Dalam sebuah kalimat, indirect object selalu berada di antara kata kerja dan objek sehingga membentuk pola kalimat SVIO. Berikut contoh kalimatnya:

  • My mother gave my sister medicine
  • He sends his cousin a present

Prepositional Phrases

Saat menggunakan prepositional phrases seperti to dan for, indirect objects berubah menjadi bagian dari prepositional phrases dan membentuk pola kalimat SVOP. Berikut contoh kalimatnya:

  • My mother gave medicine to my sister
  • He sent a present to his cousin

Adverbs

Adverbs berfungsi untuk mengubah kata kerja, kata sifat, adverbs lain dengan menambahkan keterangan waktu, manner, degree, dan seringnya berakhiran -ly. Ada beberapa cara untuk menempatkan adverbs, diantara lain:

  • Sebelum subject: At 7 am, the traffic was heavy
    Adverb → At 7 am
    Subject → the traffic
    Verb → was
    Object → heavy
  • Setelah object: The traffic was heavy at 7 am
    Subject → The traffic
    Verb → was
    Object → heavy
    Adverb → at 7 am

Gaji Meningkat 30% dengan Skill Bahasa Inggris, Saatnya Kamu Mulai Belajar

Inverted Word Order

Inverted word order adalah sebuah urutan kata di mana kata kerja muncul sebelum subjek. Ada beberapa klausa yang bisa menggunakan inverted word order, diantara lain:

Conditional Clause

Conditional clauseadalah kalimat pengandaian dalam bahasa Inggris. Biasanya conditional clause menggunakan ‘if’ pada awal kalimat, namun kata ‘if’ tidak digunakan dalam bentuk inverted. Berikut contoh kalimatnya:

  • Had I done my homework, I would have been able to play now
    Normal word order: If I had done my homework. I would have been able to play now

Negative Word

Negative word atau kata negatif adalah jenis kata dalam bahasa Inggris yang digunakan ketika menyatakan sesuatu yang berlawanan. Kata negatif yang populer digunakan yaitu not only, barely, never, not, no. Berikut contoh kalimatnya:

  • Never have I seen a baby tiger.
    Normal word order: I have never seen a baby tiger.

Wh- Question

Wh- question adalah pertanyaan yang menanyakan objek dan diawali dengan what, when, who, where, whose, whom, atau how. Berikut contoh kalimatnya:

  • What can I do for you?

Pada intinya, word order adalah sebuah kaidah dalam berbahasa yang perlu dipatuhi agar pesan yang terkandung di dalamnya dapat tersampaikan dengan baik. Untuk menguasainya, kamu dapat belajar Bahasa Inggris online atau kami bisa Tes Level Bahasa Inggris kamu di Cakap. Yuk, cek paket kursus Bahasa Inggris di Cakap!

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks