Prepositional Phrase: Arti dan Penggunaanya dalam Kalimat

prepositional phrase

Setiap bahasa pasti memiliki urutan hierarki linguistiknya. Mulai dari satuan yang terkecil sampai satuan yang terbesar. Frasa merupakan urutan hierarki satuan linguistik yang posisinya di atas ‘kata’. Dalam phrase sendiri ada beberapa anggota yang menarik untuk ditelusuri lebih dalam penjelasannya, salah satunya adalah prepositional phrase.

Setelah sebelumnya membahas mengenai jenis-jenis phrase dalam bahasa Inggris, kali ini giliran prepositional phrase yang akan menjadi bahan bahasan. Artikel ini akan memberikanmu jawaban tentang apa itu prepositional phrase. So, stay tuned ya!

Apa Itu Prepositional Phrase?

Definisi mengenai prepositional phrase dapat dilihat dari makna kedua kata tersebut. Tepatnya, prepositional phrase merupakan gabungan dua kata atau lebih yang kehadirannya memberikan keterangan waktu, tempat, atau kondisi. Dalam bahasa Indonesia sendiri, preposisi umumnya ditempati oleh kata di, ke, dan dari.

Prepositional phrase biasanya terletak di depan noun, pronoun, gerund, atau clause. Keempatnya berposisi sebagai objek dari prepositional itu sendiri.

Bentuk Prepositional Phrase

Prepositional phrase ini memiliki dua bentuk, yaitu bentuk tunggal (prepositional single) dan bentuk jamak (prepositional complex). Sesuai dengan nama bentuknya masing-masing, prepositional single berarti preposisi yang hanya memiliki satu kata. Sedangkan prepositional complex terdiri dari minimal dua kata.

Anggota-anggota dari prepositional single dan prepositional complex adalah sebagai berikut: 

Prepositional Single

Arti

To

Ke

In

Di

By

Oleh

For

Untuk

With

Dengan

Since

Sejak

After

Setelah

Without

Tanpa

Between

Di antara

Through

Melalui

Prepositional Complex

Arti

As for

Adapun

Far From

Jauh dari

Because of

Karena

As well as

Sebagaimana

Due to

Karena

In front of

Di depan

Along with

Bersama dengan

In case of

Dalam konteks

Next to

Sebelah

Baca Juga: Memahami Apa itu Preposition dan Jenisnya dengan Mudah

Penggunaan dan Contoh Prepositional Phrase

Sebagai bentuk yang digunakan untuk memberikan keterangan tambahan, prepositional phrase bisa disisipkan dengan beberapa kelas kata lainnya. Lalu, bagaimana prepositional phrase dapat digunakan? Let’s check Penggunaan dan contoh prepositional phrase di bawah ini! 

Contoh Prepositional Phrase sebagai Adverb

Prepositional phrase di sini akan berperan sebagai adverb yang digunakan untuk menerangkan verb. Lebih jelasnya, perhatikan contoh di bawah ini!

  • Rina will be goingto the theater room of our school. (Rina akan pergi ke ruangan teater di sekolah kami).
  • I will meet and have lunch with Aira at the restaurant. (Saya akan bertemu dan makan siang bersama Aira di restaurant).

Contoh Prepositional Phrase sebagai Kata Sifat

Selain bisa digunakan sebagai adverb, prepositional phrase juga bisa digunakan sebagai adjective atau kata sifat yang berfungsi untuk menerangkan noun. Lebih jelasnya, simak contoh di bawah ini!

  • I just met a handsome guys with sweets smile. (Aku baru saja melihat laki-laki tampan dengan senyum yang manis).
  • You will find the yellow tulip besides the red roses. (Kamu akan menemukan tulip kuning di samping bunga mawar merah).

Contoh Prepositional Phrase sebagai Double Object

Maksud dari double object di sini ialah, kalimat yang memiliki dua objek. Jadi, kehadiran prepositional phrase di sini digunakan untuk memisahkan dua objek. Lebih jelasnya, simak contoh di bawah ini! 

  • Alfi will bring some cookies to his girlfriend. (Alfi akan membawa beberapa kue untuk pacarnya).
  • Hilal singing a song for me. (Hilal menyanyikan lagu untukku)

Contoh Prepositional Phrase untuk Menerangkan Pelaku Tindakan

Prepositional Phrase juga bisa digunakan untuk menerangkan pelaku tindakan atau subjek. Prepositional phrase akan menerangkan bagaimana atau apa saja kegiatan yang dilakukan oleh subjek. Lebih jelasnya, simak contoh di bawah ini!

  • This amazing photo was taken by me. (Foto yang menkajubkan ini diambil oleh saya). 
  • That beautiful Calligraphy is written by Sanskar. (Kaligrafi yang indah itu ditulis oleh Sasnkar).

Baca Juga: Apa itu Interjection dan Fungsinya dalam Sebuah Kalimat?

Contoh Prepositional Phrase Modifiers dalam Kalimat

Hal lain yang tidak boleh terlewat saat mempelajari prepositional phrase adalah beberapa modifier yang ada di dalamnya. Perhatikan baik baik prepositional phrase modifiers di bawah ini:

Preposition of Time

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, salah satu kegunaan prepositional phrase adalah untuk menerangkan waktu. Kata keterangan yang biasa digunakan di sini adalah at, in, on, while, dll. Simak contoh preposition of time berikut ini:

  • Mama and papa will having celebration anniversary on next Saturday. (Mama dan papa akan merayakan anniversary pada Sabtu depan).
  • Riana has several show schedule in the second week of this month. (Riana memiliki beberapa jadwal pertunjukan pada minggu kedua bulan ini).

Preposition of Place

Jika preposition of time memberi keterangan yang jelas mengenai waktu, maka preposition of place digunakan untuk memberi keterangan tempat. Kata keterangan yang biasanya di gunakan untuk menunjuk preposition of place adalah in, out, at, behind, in front of, dll. Simak contoh preposition of place berikut ini:

  • I am buying the laptop I dream of in a central electronic market. (Saya membeli laptop impian saya di tempat pusat elektronik).
  • You don’t realize that I stand behind you. (Kamu tidak menyadari bahwa aku berdiri di belakangmu).

Preposition of Direction

Preposition ini digunakan untuk memberikan arah atau petunjuk tentang kondisi atau mungkin situasi yang terjadi. Preposition of direction ini di antaranya adalah to, toward, far, near, dll. Simak contoh preposition of direction berikut ini:

  • I feel tired and hungry after landing on the plan. (Aku merasa lelah dan lapar setelah mendarat dari pesawat).
  • Lisa looked at the flower garden through the window. (Lisa melihat kebun bunga melalui jendela).

Prepositional Phrase tidak serumit itu kan untuk dipelajari dan dipahami? So, sekarang kamu sudah bisa membedakan prepositional phrase apa yang kamu gunakan.

Gali potensi bahasa Inggrismu bersama Cakap. Belajar di Kursus Bahasa Inggris Cakap sangat pas buat kamu yang suka metode pembelajaran yang fleksibel dan nggak bikin bosen. Yuk semakin gilang-gemilang dan cemerlang berbahasa Inggris dengan Cakap!

Baca Juga: 

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks