Apa itu Interjection dan Fungsinya dalam Sebuah Kalimat?

interjection adalah

Interjection adalah bagian dari part of speech. Dalam percakapan sehari-hari, pasti seseorang pernah bertemu atau mengucapkan interjection. Namun begitu, banyak yang tidak mengetahui apa itu interjection sebenarnya serta fungsinya dalam kalimat. Maka dari itu, berikut penjelasannya.

Apa itu Interjection?

Dilansir dari Merriam-Webster, kata seru atau interjection adalah kata atau frasa yang secara grammar terpisah dari kata-kata sekitarnya dan biasanya digunakan untuk mengungkapkan perasaan atau ekspresi. Berikut contoh interjection:

  • Oh, what a beautiful house!
  • Well, it’s time to say good night.
  • Actually, um, it’s not my dog.

Interjection lebih sering digunakan dalam percakapan langsung atau percakapan elektronik dibandingkan percakapan tertulis lainnya, terutama yang sifatnya semi-formal atau formal. Contohnya seperti body email lamaran kerja, cover letter, dan bentuk tulisan lainnya.

Baca Juga: Prepositional Phrase: Arti dan Penggunaanya dalam Kalimat

Kursus Bahasa Inggris di Cakap, Bebas Atur Jadwal Belajar

Kelas-Kelas Interjection

Interjection kini telah dibagi menjadi dua kelas yakni primary interjection dan secondary interjection.

1. Primary Interjection

Kata-kata yang masuk ke dalam primary interjection antara lain seperti ah, brr, eww, hmm, ooh, dan yowza. Kata-kata tersebut tidak diturunkan dari kelas kata lain dan hanya digunakan sebagai kata seru. 

Menurut ahli bahasa Martina Drescher, dalam artikelnya “The Expressive Function of Language: Towards a Cognitive Semantic Approach,” primary interjection umumnya berfungsi untuk “melumasi” percakapan.

2. Secondary Interjection

Kata-kata yang termasuk secondary interjection juga termasuk dalam kelas kata lain. Contohnya seperti bless you, congratulations, good grief, hei, hai, oh my, oh my God, oh well, rats, dan shoot. Kata-kata tersebut seringkali bersifat seruan dan cenderung bercampur dengan sumpah, kata-kata makian, dan rumusan salam. 

Fungsi Interjection

Berdasarkan definisinya, interjection berfungsi untuk mengekspresikan perasaan. Namun, ekspresi apa saja yang biasanya menggunakan interjection? Simak penjelasannya di bawah ini, yuk!

Menyatakan Permohonan Maaf

Interjection berfungsi untuk menyatakan permohonan maaf. Kata-kata yang bisa kamu gunakan ialah oops atau whoops. Berikut contoh kalimatnya:

  • Whoops, I’m sorry. I didn’t see you.
  • Oops, I didn’t mean it. My bad.

Mengekspresikan Keterkejutan

Interjection juga sering digunakan untuk mengekspresikan keterkejutan. Kata-kata yang bisa kamu gunakan ialah what, whoa, wow, really. Berikut contoh kalimatnya:

  • Wow, that’s great!
  • Whoa, I can’t believe what I just saw
  • Really? Congratulations, then!

Baca Juga: Verb Phrase: Kenali Komponen, Bentuk, Rumus, dan Contohnya

14 Hari Belajar Bahasa Inggris Gratis di Cakap, Khusus untuk Pengguna Baru

Menyatakan Persetujuan

Fungsi interjection ini tergolong fungsi yang mainstream. Kata-kata yang bisa kamu gunakan ialah okay, yeah, right, alright, sure, uh-uh. Berikut contoh kalimatnya:

  • Rudy: May I borrow your pen?
    Lizzie: Sure.

Menyatakan Ketidaksetujuan

Fungsi ini adalah kebalikan dari fungsi sebelumnya. Kata-kata yang bisa kamu gunakan dalam menyatakan ketidaksetujuan ialah no way, oh no, no, atau boo. Berikut contoh kalimatnya:

  • No way! This is just for big kids.
  • No. I won’t leave you alone.

Mengekspresikan Perasaan Gembira

Fungsi interjection yang berikutnya adalah mengekspresikan perasaan gembira. Kata-kata yang bisa kamu gunakan ialah bingo, hooray, yippie. Berikut contoh kalimatnya:

  • Bingo! The program is working
  • Hooray, you make it to the last!

Mengekspresikan Kekesalan

Ketika kamu kesal atau marah, kata seru atau interjection yang bisa kamu gunakan ialah argh, urgh, atau pff. Berikut contoh kalimatnya:

  • Argh, can you shut up? I’m trying to sleep.
  • Pff, why you always argue with me? Can you just listen and do it?

Nah, sudah memahami apa itu interjection dan fungsinya dalam kalimat, ‘kan? Untuk menguasai part of speech dan grammar Bahasa Inggris, kamu bisa belajar lewat kursus bahasa Inggris bersama guru profesional Cakap.

Dengan durasi yang relatif singkat, kemampuanmu akan meningkat tanpa mengganggu rutinitas harian. Yuk, belajar bahasa Inggris online di Cakap!

Baca Juga

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat