Contoh Cover Letter dalam Bahasa Inggris

Cover letter merupakan salah satu syarat penting yang mesti kamu cantumkan untuk melamar kerja. Isinya pernyataan melamar kerja, pencapaian, bahkan kemampuan. Jika melamar secara langsung, cover letter ditulis lalu disisipkan berbeda dari dokumen lainnya. Sedangkan untuk melamar online, biasanya ditulisnya di body email.

Intinya promosi diri, betul. Hampir sama dengan motivation letter. Bedanya, motivation letter itu untuk mengajukan beasiswa, nah kalau cover letter memang khusus untuk melamar kerja. Buat kamu yang fresh graduate khususnya, pasti masih bingung kan hal apa aja yang mesti ditulis?

Membuat cover letter perlu tips dan trik khusus untuk dapat memaksimalkan peluang kamu keterima kerja. Beberapa tips yang bisa diterapkan diantaranya:

1. Melakukan Riset

Membuat cover letter yang baik tentunya tidak mudah. Kamu perlu melakukan riset serta studi terkait perusahaan yang akan kamu lamar. Kamu perlu mencari tahu visi misi perusahaan, jenis produk atau usaha yang dijalan dan di industri mana perusahaan tersebut melakukan bisnisnya, apakah B2B atau B2C. 

Selain itu, kamu juga perlu mencari beragam referensi cover letter yang menarik sesuai dengan bidang yang kamu ingin lamar. Kalau kamu tertarik menjadi digital marketing, maka kamu perlu cari tahu referensi cover letter untuk digital marketing.

2. Fokus pada masa depan

Tujuan kamu membuat cover letter yang menarik adalah untuk mendapatkan pekerjaan impian kamu. Maka kamu perlu tekankan pada cover letter tersebut keinginan apa saja yang ingin kamu capai di perusahaan yang kamu lamar, agar tim recruitment tahu tujuanmu.

3. Kalimat Pembuka yang Kuat

Rata-rata kalimat pembuka yang ada di cover letter menerangkan tentang ketertarikan kamu tentang perusahaan yang kamu lamar. Kamu juga bisa membuat kalimat pembuka yang lebih kuat dengan menjelaskan tentang pengalaman kamu dan value yang akan kamu bawa pada perusahaan tersebut.

4. Tekankan Personal Value

Personal value bisa dikatakan sebagai kunci utama dalam cover letter. Segudang pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki akan memiliki kesempatan yang lebih baik untuk diterima di perusahaan, dimana kamu memiki value yang tidak dimiliki oleh orang lain.

5. Sampaikan Antusias

Terakhir, karena kamu melamar pekerjaan di perusahaan tersebut, maka tentunya kamu harus antusias terhadap perusahaan yang sedang kamu lamar. Tunjukkan sepenuh hati bahwa kamu benar-benar ingin menjadi bagian dari perusahaan ini dengan value yang kamu miliki.

Setelah mengetahui 5 tips tersebut, kamu bisa mengikuti contoh pembuatan cover letter di sini.

Pertama-tama, ketahui dulu bagiannya;

Pembuka (termasuk header)

Sebutkan nama, kontak, tanggal dibuat surat, nama sekaligus departemen orang yang dituju, dan salam pembuka (Dear…).

Setelah itu, barulah beri pernyataan ingin melamar untuk sebuah posisi. Jangan lupa sebutkan platform atau sumber informasi tentang lowongan tersebut. Bagian ini cukup satu paragraf aja ya.

Isi

Tell your story guys. Mulai dari kenapa ingin melamar di sebuah posisi hingga pencapaianmu. Kalau belum punya pengalaman kerja, ceritain tentang organisasi yang pernah diikuti.

Lebih bagus lagi kamu share kemampuanmu, misalnya problem solving. Pasti cepet jadi pertimbangan deh soalnya termasuk soft skill yang dibutuhkan banget di dunia kerja. Jangan banyak-banyak nulis di sini, cukup dua paragraf aja.

Penutup

Bilang kalau kamu akan tunggu respon selanjutnya. Boleh kok minta dikabari jika lanjut ke tahap interview. Say thank you and it’s done. Baru deh, mention namamu serta tanda tangan.

Penulisan secara digital alias lewat email, nggak perlu kamu cantumin tanda tangan. Cukup nama dan salam penutup aja.

Miya Andina
Pramuka Street 1, Jakarta Pusat – 08120001111 – miyaandina1@gmail.com

Jakarta, July 9th, 2020

John Pamungkas

Human Resources Manager

PT. Education Center Asia
Adijaya Street 45, Jakarta Pusat 12121

Dear Mr. Pamungkas,

By this letter, I am writing to apply for the writer position in your company, as advertised through your official website, educenterasia.co.id two days ago. With my English writing and editing skills, I am certain that I can fill in for the position

I am a fresh graduate from Atlas University, majoring in English Literature. Although I haven’t gotten any direct work experience, I joined the English Club and campus organization. I received five achievements from mostly inter-campus writing competitions. Moreover, I have developed both soft skills such as teamwork and problem-solving oriented.

I believe that my ability to write combined with operating Ms. Office can contribute well to your company, especially for the education and lifestyle blog writer. Thus, I am convinced that the position can be the perfect platform to help me enhance my skills.

Alongside this letter, I have also attached my educational background, achievements, and resume. I am hoping for your consideration and please kindly inform me if there is a further interview session.

Best regards,

 

Miya Andina

So, itulah contoh untuk fresh graduate. Buat kamu yang udah pernah bekerja, sama aja kok strukturnya. Tinggal jelasin aja pengalamanmu bekerja di perusahaan sebelumnya. Semoga cepet-cepet dapet kerjaan yang sesuai keinginanmu ya.

Tingkatkan skill bahasa Inggrismu yuk di aplikasi belajar Cakap. Enak kan kalau jago nulis jenis teks apapun dan siapin diri untuk presentasi bahasa inggris yang bakalan bejibun nantinya. Di Cakap, gak cuma waktu fleksibel, tapi kamu bisa diskusi langsung dengan guru yang seru-seru. Yuk Belajar Bahasa Inggris online bersama Cakap.

 

Baca juga:

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat