Contoh Cover Letter (Surat Lamaran Kerja) Bahasa Inggris & Cara Membuat

contoh cover letter

Cover letter merupakan salah satu syarat melamar kerja penting yang mesti kamu cantumkan. Isinya pernyataan melamar kerja, pencapaian, bahkan kemampuan. Jika melamar secara langsung, cover letter bahasa Inggris ditulis lalu disisipkan berbeda dari dokumen lainnya. Sedangkan untuk melamar online, biasanya ditulisnya di body email.

Intinya, cover letter selalu berbicara tentang promosi diri. Hampir sama dengan motivation letter. Bedanya, motivation letter itu untuk mengajukan beasiswa, nah kalau cover letter memang khusus untuk melamar kerja. Buat kamu yang fresh graduate khususnya, pasti masih bingungkan hal apa aja yang mesti ditulis? Yuk, cari tahu gimana cara membuat cover letter bahasa Inggris yang baik dan benar, beserta contohnya!

Table of Contents

Tips Membuat Cover Letter Bahasa Inggris

Membuat cover letter perlu tips dan trik khusus untuk dapat memaksimalkan peluang kamu keterima kerja. Beberapa tips yang bisa diterapkan di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Melakukan Riset

Membuat cover letter yang baik tentunya tidak mudah. Kamu perlu melakukan riset serta studi terkait perusahaan yang akan kamu lamar. Kamu perlu mencari tahu visi misi perusahaan, jenis produk atau usaha yang dijalan dan di industri mana perusahaan tersebut melakukan bisnisnya, apakah B2B atau B2C. 

Selain itu, kamu juga perlu mencari beragam referensi cover letter yang menarik sesuai dengan bidang yang kamu ingin lamar. Kalau kamu tertarik menjadi digital marketing, maka kamu perlu cari tahu referensi cover letter untuk digital marketing.

2. Fokus pada masa depan

Tujuan kamu membuat cover letter yang menarik adalah untuk mendapatkan pekerjaan impian kamu. Maka kamu perlu tekankan pada cover letter tersebut keinginan apa saja yang ingin kamu capai di perusahaan yang kamu lamar, agar tim recruitment tahu tujuanmu.

3. Kalimat Pembuka yang Kuat

Rata-rata kalimat pembuka yang ada di cover letter menerangkan tentang ketertarikan kamu tentang perusahaan yang kamu lamar. Kamu juga bisa membuat kalimat pembuka yang lebih kuat dengan menjelaskan tentang pengalaman kamu dan value yang akan kamu bawa pada perusahaan tersebut.

4. Tekankan Personal Value

Personal value bisa dikatakan sebagai kunci utama dalam cover letter. Segudang pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki akan memiliki kesempatan yang lebih baik untuk diterima di perusahaan, di mana kamu memiliki value yang tidak dimiliki oleh orang lain.

5. Sampaikan Antusias

Terakhir, karena kamu melamar pekerjaan di perusahaan tersebut, maka tentunya kamu harus antusias terhadap perusahaan yang sedang kamu lamar. Tunjukkan sepenuh hati bahwa kamu benar-benar ingin menjadi bagian dari perusahaan ini dengan value yang kamu miliki.

Struktur Cover Letter Bahasa Inggris

Setelah mengetahui 5 tips membuat cover letter bahasa Inggris, kamu bisa mengikuti contoh pembuatan cover letter dengan memperhatikan bagian-bagian yang harus ada di dalamnya. Let’s check this out!

1. Pembuka (termasuk header)

Pada bagian pembukaan, sebutkan nama, kontak, tanggal dibuatnya surat, nama, sekaligus departemen orang yang dituju, dan salam pembuka (Dear…).

Setelah itu, barulah beri pernyataan ingin melamar untuk sebuah posisi. Jangan lupa sebutkan platform atau sumber informasi tentang lowongan tersebut. Bagian ini cukup satu paragraf aja ya.

2. Isi

Tell your story guys! Mulai dari kenapa ingin melamar di sebuah posisi hingga pencapaianmu. Kalau belum punya pengalaman kerja, ceritain tentang organisasi yang pernah diikuti.

Lebih bagus lagi kamu share kemampuanmu, misalnya problem solving. Pasti cepet jadi pertimbangan deh soalnya termasuk soft skill yang dibutuhkan banget di dunia kerja. Jangan banyak-banyak nulis di sini, cukup dua paragraf aja.

3. Penutup

Bilang kalau kamu akan tunggu respon selanjutnya. Boleh kok minta dikabari jika lanjut ke tahap interview. Say thank you and it’s done. Baru deh, mention namamu serta tanda tangan.

Penulisan secara digital alias lewat email, nggak perlu kamu cantumin tanda tangan. Cukup nama dan salam penutup aja. 

Lihat cara penggunaan salam penutup sincerely yours dalam penulisan surat formal.

Contoh Cover Letter Bahasa Inggris 1

Miya Andina
Pramuka Street 1, Jakarta Pusat – 08120001111 – [email protected]

Jakarta, July 9th, 2020
John Pamungkas
Human Resources Manager
PT. Education Center Asia
(Adijaya Street 45, Jakarta Pusat 12121)

Dear Mr. Pamungkas,

By this letter, I am writing to apply for the writer position in your company, as advertised through your official website, educenterasia.co.id two days ago. With my English writing and editing skills, I am certain that I can fill in for the position

I am a fresh graduate from Atlas University, majoring in English Literature. Although I haven’t gotten any direct work experience, I joined the English Club and campus organization. I received five achievements from mostly inter-campus writing competitions. Moreover, I have developed both soft skills such as teamwork and problem-solving oriented.

I believe that my ability to write combined with operating Ms. Office can contribute well to your company, especially for the education and lifestyle blog writer. Thus, I am convinced that the position can be the perfect platform to help me enhance my skills.

Alongside this letter, I have also attached my educational background, achievements, and resume. I am hoping for your consideration and please kindly inform me if there is a further interview session.

Best regards,

Miya Andina

Contoh Cover Letter Bahasa Inggris 2

contoh-cover-letter-bahasa-inggris

So, itulah contoh cover letter bahasa Inggris untuk fresh graduate. Buat kamu yang udah pernah bekerja, sama aja kok strukturnya. Tinggal jelasin aja pengalamanmu bekerja di perusahaan sebelumnya. Semoga cepet-cepet dapet kerjaan yang sesuai keinginanmu ya. Kamu juga bisa mempelajari bahasa Inggris untuk melamar kerja lainnya dari daftar berikut!

Belajar Bahasa Inggris untuk Melamar Kerja

  1. Surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris

  2. CV bahasa Inggris

  3. Contoh cover letter dalam bahasa Inggris

  4. Contoh body email lamaran kerja bahasa Inggris

  5. Cara menolak tawaran kerja dalam bahasa Inggris

  6. Percakapan bahasa Inggris di kantor

  7. Kumpulan pertanyaan interview Bahasa Inggris

  8. Perkenalan wawancara kerja dalam bahasa Inggris

  9. Daftar kosakata bahasa Inggris untuk wawancara kerja

  10. Motto hidup dalam Bahasa Inggris

  11. Kelebihan dan kekurangan diri dalam bahasa Inggris

  12. Cara membuat motivation letter dalam Bahasa Inggris


Tingkatkan skill bahasa Inggrismu yuk di aplikasi belajar Cakap.
 Di Cakap, gak cuma waktu fleksibel, tapi kamu bisa diskusi langsung dengan guru yang seru-seru. Yuk Belajar Bahasa Inggris online bersama Cakap.

Baca juga:

Cakap
Cakap adalah platform peningkatan keterampilan yang dirancang untuk memberikan pendidikan berkualitas untuk membantumu menguasai keterampilan dan mencapai lebih banyak dalam hidup

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat